Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN PEND.JAS & OLAHRAGA KELAS XI OLEH: Drs. M. SINGGIH S. ARIS PRIYATNO, M.Or SUDIRO, M.Or SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA JL. HOS COKROAMINOTO NO.10 YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN PEND.JAS & OLAHRAGA KELAS XI OLEH: Drs. M. SINGGIH S. ARIS PRIYATNO, M.Or SUDIRO, M.Or SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA JL. HOS COKROAMINOTO NO.10 YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN PEND.JAS & OLAHRAGA KELAS XI OLEH: Drs. M. SINGGIH S. ARIS PRIYATNO, M.Or SUDIRO, M.Or SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA JL. HOS COKROAMINOTO NO.10 YOGYAKARTA 55253

2 B. BOLAVOLI 1. Variasi Permainan Variasi rangkaian latihan mengandung lima unsur dasar antara lain: passing bawah, passing atas, servis, smash, dan blocking. Latihan dimulai dengan gerakan- gerakan yang sederhana. Kemudian dilanjutkan dengan bentuk-bentuk yang lebih rumit dan berakhir pada penerapan teknik-teknik yang dipelajari dalam jenis permainan dari rangkaian permainan yang sesuai. 2. Bermain pada Lapangan Resmi Kini semua peraturan resmi internasional yang penting bagi pelaksanaan permainan dan menentukan bagi sikap teknik dan taktik pemain mulai digunakan secara bertahap.

3 Lanjutan: 3. Peraturan Permainan Bolavoli a. Posisi/keadaan bola dalam permainan 1)Bola di dalam permainan Suatu reli dimulai dengan bunyi peluit dari wasit. Namun demikian, bola ada dalam permainan sejak pukulan service. 2)Bola di luar permainan Suatu reli diakhiri dengan bunyi peluit dari wasit. Oleh karena itu, jika dibunyikan untuk suatu kesalahan yang terjadi dalam permainan, maka bola berada di luar permainan saat permainan itu terjadi.

4 Lanjutan: 3)Bola masuk Bola dinyatakan masuk apabila bola itu menyentuh lantai lapangan permainan termasuk garis-garis batasnya. 4)Bola keluar Bola dinyatakan keluar apabila: Jatuh seluruhnya di sisi garis-garis batas. Menyentuh suatu benda di luar lapangan. Menyentuh antena, tali, tiang atau net di luar batas antena atau pita samping. Seluruhnya melewati latar vertikal dari net atau sebagian bola melawati batas permainan

5 Kesalahan dalam bermain 1. Definisi Setiap kegiatan yang berlawanan dengan peraturan permainan merupakan suatu kesalahan bermanin. Wasit akan meniup peluit atas kesalahan dan menenukan hukuman sesuai dengan peraturan. 2. Konsekuensi dari kesalahan a) Akibat dari suatu kesalahan adalah kehilangan reli, regu yang memenangkan reli memperoleh satu angka. b)Apabila regu lawan mendapat giliran untuk melakukan servis, mendapat angka dan berhak melakukan servis. c)Jika dua atau lebih kesalahan yang terjadi secara berturut-turut, maka hanya satu kesalahan yang kali pertama yang diukur. d)Jika dua atau lebih kesalahan yang terjadi oleh dua regu berlawanan secara bersamaan, kesalahan semacam ini dihitung sebagai kesalahan berganda (double fault) dan permainan harus diimbangi

6 c. Memainkan bola 1.Pukulan regu  Satu regu berhak memukul bola tiga kali (di samping bendungan/blok  Pukulan bola tidak hanya pukulan yang disengaja oleh orang lain tetapi termasuk sentuhan pada bola yang tidak disengaja.  Seorang pemain tidak boleh memukul bola dua kali secara berturut-turut. 2.Sentuhan yang serentak (lihat modul/buku) 3. Kesalahan dalam memainkan bola (lihat modul/buku)

7


Download ppt "PELAJARAN PEND.JAS & OLAHRAGA KELAS XI OLEH: Drs. M. SINGGIH S. ARIS PRIYATNO, M.Or SUDIRO, M.Or SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA JL. HOS COKROAMINOTO NO.10 YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google