Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

QOS. Tujuan Mahasiswa memahami konsep QoS. Mahasiswa memahami beberapa kualitas pada jaringan LAN, WAN, MAN nirkabel. Mahasiswa dapat melakukan seting.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "QOS. Tujuan Mahasiswa memahami konsep QoS. Mahasiswa memahami beberapa kualitas pada jaringan LAN, WAN, MAN nirkabel. Mahasiswa dapat melakukan seting."— Transcript presentasi:

1 QOS

2 Tujuan Mahasiswa memahami konsep QoS. Mahasiswa memahami beberapa kualitas pada jaringan LAN, WAN, MAN nirkabel. Mahasiswa dapat melakukan seting terhadap beberapa perangkat wireless.

3 Pendahuluan Definisi Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik dengan menyediakan bandwith, mengatasi jitter dan delay. Parameter QoS adalah latency, throughput dan reliability. Seiring berkembangnya sistem komunikasi yang ada, maka beberapa parameter yang patut dipertimbangkan adalah security, complexity, flexibility, mobility dan cost.

4 Kualitas Layanan LAN Nirkabel Security Memiliki tingkat keamanan sedang karena memiliki salah satu pengamanan, built in saja atau pengamanan tambahan saja. Teknik keamanan pada WLAN, beberapa teknik yang dikembangkan antara lain enkripsi data, autentikasi, authorisasi (access control) dan monitoring.

5 Kualitas Layanan LAN Nirkabel Complexity Memiliki tingkat kompleksitas sederhana karena untuk interworking dengan jaringan eksisting tidak memerlukan perangkat tambahan / antarmuka khusus dan tidak membutuhkan SDM dengan kecakapan tinggi. Flexibility Memiliki tingkat fleksibilitas sangat fleksibel karena instalasi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah untuk melakukan perubahan topologi dan perluasan jaringan. Instalasi pada WLAN hanya membutuhkan access point.

6 Kualitas Layanan LAN Nirkabel Mobility Memiliki tingkat mobilitas terbatas karena mobilitas bisa dilakukan pada lebih dari satu access point atau base station dan dengan tipe handoff manual. Sistem WLAN IEEE g memungkinkan perangkat untuk berpindah dari satu akses point ke akses point yang lain dengan sistem handoff manual. Cost Memiliki tingkat biaya yang murah karena biaya infrastruktur, perangkat pelanggan dan pengelolaan murah. Harga akses point dan perangkat pelanggan bervariasi.

7 Kualitas Layanan MAN Nirkabel Security Memiliki tingkat sekuritas yang tinggi karena memiliki pengamanan built in dan pengamanan tambahan. Pada teknologi WiMax, keamanan dikembangkan pada MAC layer. Pada MAC layer, terdapat suatu privacy sublayer dimana pada privacy sublayer tersebut terjadi proses autentikasi, key exchange dan enkripsi. Untuk proses autentikasi disediakan untuk server maupun client dan untuk proses key exchange terdapat key management protocol yang menyediakan distribusi secure key.

8 Kualitas Layanan MAN Nirkabel Complexity Memiliki tingkat kompleksitas sederhana karena untuk interworking dengan jaringan eksisting tidak memerlukan perangkat tambahan / antarmuka khusus dan tidak membutuhkan SDM dengan kecakapan tinggi. Teknologi WiMAX pada dasarnya mirip dengan teknologi WiFi namun dengan jangkauan yang lebih luas dan mobilitas yang tinggi (IEEE e). Oleh karena itu untuk mengintegrasikan WiMAX dengan jaringan eksisting akan sangat mudah dan tidak membutuhkan perangkat antar muka.

9 Kualitas Layanan MAN Nirkabel Flexibility Memiliki tingkat fleksibilitas sangat fleksibel karena instalasi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah untuk melakukan perubahan topologi dan perluasan jaringan. WiMax merupakan teknologi yang greater flexibility in managing spectrum resources. Sub- channelization juga membawa pada kemampuan jaringan untuk secara cerdas mengalokasikan sumber pada saat dibutuhkan. Sehingga membawa pada efisiensi spektrum, throughput yang lebih besar dan indoor coverage yang lebih baik

10 Kualitas Layanan MAN Nirkabel Mobility Memiliki tingkat mobilitas terbatas karena mobilitas bisa dilakukan pada lebih dari satu access point atau base station dan dengan tipe handoff manual. System WiMAX saat ini memiliki dua standard yaitu IEEE d dan IEEE e. Untuk standard IEEE d sifatnya nomadic sedangkan IEEE e sudah mobile namun handoff-nya masih terbatas karena tidak dapat bekerja dengan baik untuk pergerakan dengan kecepatan tinggi di dalam kendaraan.

11 Kualitas Layanan MAN Nirkabel Cost Memiliki tingkat biaya murah karena biaya infrastruktur, perangkat pelanggan dan pengelolaan murah. Harga BTS untuk system WiMAX berkisar Rp 500 juta per unit, sedangkan untuk perangkat pelanggan harganya berkisar Rp 1 juta.

12 Jenis QoS pada WiMAX Berdasarkan jenisnya, QoS pada MAC ini dapat dikelompokan menjadi empat jenis yaitu ▫unsolicited grant service (UGS), ▫real time polling (rtPS), ▫no-real-time poling (nrtPS), dan ▫best effort (BE).

13 ClassAplikasi BandwidthLatencyJitter TypeSizeTypeSizeTypeSize 1 Interactive Gaming Low Bandwidth 50 Kbps Low Latency <25 ms N/A 2 VoIP, Video Conference Low Bandwidth Kbps Low Latency 160 ms Low Jitter<50ms 3 Streaming Media Low to High Bandwidth 5Kbps - 2Mbps N/ALow Jitter<100ms 4 Web Browsing Moderate Bandwidth 10 Kbps – 2Mbps N/A 5 Dowload Data High Bandwidth >1-2 Mbps N/A

14 Penggunaan LAN, PAN dan MAN nirkabel pada perangkat pribadi

15


Download ppt "QOS. Tujuan Mahasiswa memahami konsep QoS. Mahasiswa memahami beberapa kualitas pada jaringan LAN, WAN, MAN nirkabel. Mahasiswa dapat melakukan seting."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google