Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP HOTSPOT  Penggunaan aplikasi hotspot dalam dunia jaringan internet sangat berguna untuk melakukan otentikasi terhadap user yang akan menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP HOTSPOT  Penggunaan aplikasi hotspot dalam dunia jaringan internet sangat berguna untuk melakukan otentikasi terhadap user yang akan menggunakan."— Transcript presentasi:

1 KONSEP HOTSPOT  Penggunaan aplikasi hotspot dalam dunia jaringan internet sangat berguna untuk melakukan otentikasi terhadap user yang akan menggunakan sumber daya jaringan dan internet  Dengan menggunakan hotspot maka dapat dilakukan filter terhadap user yang benar- benar terdaftar dan mempunyai hak dalam menggunakan jaringan internet.

2 ADMINISTRATOR HOTSPOT  Melakukan registrasi login dan password pengguna hotspot  Melakukan penggantian login atau password jika dibutuhkan  Memahami traffic reporting yang akan menjadi acuan akan peningkatan kapasitas bandwidth sesuai dengan growth kebutuhan mahasiswa  Melakukan trouble shooting terhadap kondisi jaringan local pada jurusan masing-masing.  Melakukan pelaporan terhadap gangguan yang terjadi kepada isp.

3 MASALAH YANG SERING TERJADI  Laptop tidak bisa konek ke wifi access point  Laptop konek, tapi tidak bisa browsing  Laptop konek, bisa browsing tapi lambat  Login ditolak oleh hotspot

4 PENANGANAN MASALAH  Jika laptop tidak bisa konek ke wifi access point, maka periksalah apakah wifi access point belum pernah direstart. Jika sudah lama tidak direstart, lakukanlah restart. Hal ini dilakukan untuk mencegah kejenuhan access pada wifi access point.  Demikian pula jika laptop konek tapi tidak bisa browsing, penanganannya adalah dengan melakukan restart wifi access point.

5  Jika laptop konek dan berhasil login ke hotspot, namun koneksi terasa lambat maka yang harus diperiksa adalah kondisi beban penggunaan pada saat itu. Jika kondisi berada pada beban puncak artinya kondisi bandwidth sedang terpakai maksimum oleh user-user lainnya.  Jika login ditolak oleh router hotspot, maka lakukanlah pengecekan terhadap data user dan passwordnya pada management hotspot (akan dibahas selanjutnya).

6 HOTSPOT USER MANAGER  Untuk memulai mengatur aplikasi hotspot, maka admin harus memahami aplikasi user manager yang akan diakses untuk mengatur segala sesuatu tentang hotspot.  Aplikasi User Manager sudah terinstall pada router jaringan masing-masing jurusan, dan dapat diakses melalui browser.

7 USER MANAGER JURUSAN KEPERAWATAN  Jalankan browser  http://spot.keperawatan masukkan login admin dan password perawat kemudian klik Login http://spot.keperawatan  Tampilan akan tampak seperti gambar di bawah

8 Setelah berhasil login ke dalam hotspot, selanjutnya adalah mengakses aplikasi user manager dengan cara http://192.168.217.17/userman Untuk Login ketik admin Password PoltekkeS Kemudian klik Login Selanjutnya tampilan Akan tampak seperti pada Gambar slide selanjutnya.

9 Untuk keluar dari user manager klik Logout Untuk Menambah atau mengedit user Klik Users

10 MEMBUAT PROFIL USER MANAGER  Login ke user manager  Klik Profiles Klik Profiles

11 Selanjutnya tampilan halaman profil 1. Klik membuat profil baru 2. Isi nama profile yang akan dibuat 3. Klik Tombol Create 4. Klik Save profile Khusus untuk profile dibuat untuk memuat pembatasan-pembatasan yang akan diterapan kepada user pengguna. Sehingga user yang berada pada sebuah profil akan terbatasi oleh pembatasan pada profil tersebut.

12 MEMBUAT USER 1. Klik menu Users 2. Klik menu Add kemudian Klik One

13 1. Isi nama user 2. Isi password 4. Klik Add 3. Tentukan profile utk user ini

14 PASSWORD ADMIN USER MANAGER  Untuk mengganti password admin user manager, ikuti langkah pada gambar 1. Klik Customers 1. Klik Admin

15 Isi password yang baru

16 URL LINK USER MANAGER TIAP JURUSAN  Jurusan keperawatan  http://spot.keperawatan untuk halaman hotspot http://spot.keperawatan  http://192.168.217.17/userman untuk aplikasi user manager http://192.168.217.17/userman  Jurusan Kesling  http://spot.kesling untuk halaman hotspot http://spot.kesling  http://192.168.217.9/userman untuk aplikasi user manager http://192.168.217.9/userman

17 URL LINK USER MANAGER TIAP JURUSAN  Jurusan gizi  http://spot.gizi untuk halaman hotspot http://spot.gizi  http://192.168.217.1/userman untuk aplikasi user manager http://192.168.217.1/userman  Jurusan Kebidanan  http://spot.kebidanan untuk halaman hotspot  http://192.168.217.40/userman untuk aplikasi user manager http://192.168.217.40/userman

18 SKEMA TOPOLOGY NETWORK

19 GRAFIK PENGGUNAAN (MRTG) Untuk melihat grafik penggunaan bandwidth untuk rektorat maupun jurusan-jurusan dapat dilakukan dengan cara Rektorat : http://172.20.18.34/graphs/iface/ether1 Jurusan Gizi : http://192.168.217.1/graphs/iface/ether1 Jurusan Kesling : http://192.168.217.9/graphs/iface/ether1 Jurusan Keperawatan http://192.168.217.17/graphs/iface/ether1 Traffic Total Keseluruhan Penggunaan : http://172.20.18.33/graphs/iface/ether1

20


Download ppt "KONSEP HOTSPOT  Penggunaan aplikasi hotspot dalam dunia jaringan internet sangat berguna untuk melakukan otentikasi terhadap user yang akan menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google