Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Instalasi dan Konfigurasi Router Teguh Prasetyo Mulyo.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Instalasi dan Konfigurasi Router Teguh Prasetyo Mulyo."— Transcript presentasi:

1 Instalasi dan Konfigurasi Router Teguh Prasetyo Mulyo

2 Dynamic Routing - RIP Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol dynamic routing yang digunakan dalam jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Oleh karena itu protokol ini diklasifikasikan sebagai Interior Gateway Protocol (IGP). Protokol ini menggunakan algoritma Distance-Vector Routing. Pertama kali didefinisikan dalam RFC 1058 (1988). Protokol ini telah dikembangkan beberapa kali, sehingga terciptalah RIP Versi 2 (RFC 2453), dan standar RIPng (RIP Next Generation), yang diterbitkan dalam RFC 2080 (1997).

3 Dynamic Routing – RIP V.1 Spesifikasi asli RIP, didefinisikan dalam RFC 1058, classful menggunakan routing. Update routing periodik tidak membawa informasi subnet, kurang dukungan untuk Variable Length Subnet Mask (VLSM). Keterbatasan ini tidak memungkinkan untuk memiliki subnet berukuran berbeda dalam kelas jaringan yang sama. Dengan kata lain, semua subnet dalam kelas jaringan harus memiliki ukuran yang sama. Juga tidak ada dukungan untuk router otentikasi, membuat RIP rentan terhadap berbagai serangan.

4 Dynamic Routing – RIP V.2 Karena kekurangan RIP asli spesifikasi, RIP versi 2 (RIPv2) dikembangkan pada tahun 1993 dan standar terakhir pada tahun Ini termasuk kemampuan untuk membawa informasi subnet, sehingga mendukung Classless Inter-Domain Routing (CIDR). Untuk menjaga kompatibilitas, maka batas hop dari 15 tetap. Dalam upaya untuk menghindari beban yang tidak perlu host yang tidak berpartisipasi dalam routing, RIPv2 me-multicast seluruh tabel routing ke semua router yang berdekatan di alamat , sebagai lawan dari RIP yang menggunakan siaran unicast. Alamat ini berada pada alamat IP versi 4 kelas D (range ). Pengalamatan unicast masih diperbolehkan untuk aplikasi khusus. (MD5) otentikasi RIP diperkenalkan pada tahun RIPv2 adalah Standar Internet STD-56.

5 Dynamic Routing - RIP V.2

6

7

8 Dynamic Routing – RIP V.2

9 Tugas + Cari artikel RIPng

10 Terima Kasih

11 Instalasi dan Konfigurasi Router Teguh Prasetyo Mulyo


Download ppt "Instalasi dan Konfigurasi Router Teguh Prasetyo Mulyo."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google