Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PURNAMI TRI WAHYUNI, 4301405020 Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PURNAMI TRI WAHYUNI, 4301405020 Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan."— Transcript presentasi:

1 PURNAMI TRI WAHYUNI, Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PURNAMI TRI WAHYUNI - NIM : PRODI : Pendidikan Kimia - JURUSAN : Kimia - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - purnami_ipunk pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Warlan Sugiyo, M.Si. - PEMBIMBING 2 : Drs. Ersanghono Kusuma, M.S. - TGL UJIAN :

3 Judul Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

4 Abstrak Metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan metode ini diharapkan dapat membuat pembelajaran kimia menjadi menyenangkan dan membuat siswa menjadi aktif. Permasalahan yang diteliti adalah apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry efektif untuk meningkatkan hasil belajar kimia pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tahun ajaran 2008/2009, yang terdiri atas 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Variabel yang diteliti adalah hasil belajar siswa, dengan desain eksperimen control- group pretest-posttest. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Analisis awal menunjukkan kedua kelompok berdistribusi normal, variansinya sama, dan rata-rata nilai pretestnya tidak berbeda. Analisis akhir memberikan hasil belajar kedua kelompok berbeda secara signifikan. Uji t, menunjukkan thitung kelompok eksperimen 29,448 sedangkan kelompok kontrol 22,078, berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry lebih baik. Hasil uji ketuntasan belajar kelompok eksperimen thitung (7,5072) > ttabel (2,0301) yang berarti pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan kelompok kontrol thitung (-0,3241) < ttabel (2,0301) yang berarti pembelajaran pada kelompok kontrol belum mencapai ketuntasan belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Student Centered Learning yang berbasis Fun Chemistry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini juga mampu memberikan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,89%.

5 Kata Kunci Efektivitas, Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry, Hasil Belajar

6 Referensi Afiatin, Tina Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning. Available at [accessed 15/04/2008]. Anni, Chatarina Tri. dkk Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES. Arikunto, Suharsimi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. _________________ Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Djamarah, Syaiful Bachri Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Dryden, Gordon dan Jeannette Vos Revolusi Cara belajar (The Learning Revolution): Belajar akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan ”Fun”. Bandung: Kaifa. Hamalik, Oemar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Junaedi, Mahfud dan Khaeruddin Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pilar Media. Mulyasa, E Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Prayitno, Elida Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud. Purba, Michael Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga. Salirawati, Das. dkk Belajar Kimia secara Menarik. Jakarta:Grasindo. Slameto Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugandi, Achmad dan Haryanto Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. Sugiyono Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

7 Terima Kasih


Download ppt "PURNAMI TRI WAHYUNI, 4301405020 Efektivitas Metode Student Centered Learning yang Berbasis Fun Chemistry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pokok Bahasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google