Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PLATO (427-347 SM): Dalam bukunya The Republic, Plato melahirkan pemikiran awal ilmu ekonomi sejalan dengan pemikirannya tentang bentuk suatu masyarakat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PLATO (427-347 SM): Dalam bukunya The Republic, Plato melahirkan pemikiran awal ilmu ekonomi sejalan dengan pemikirannya tentang bentuk suatu masyarakat."— Transcript presentasi:

1 PLATO ( SM): Dalam bukunya The Republic, Plato melahirkan pemikiran awal ilmu ekonomi sejalan dengan pemikirannya tentang bentuk suatu masyarakat sempurna (utopia) dalam ideal state Plato menganalisa keseluruhan struktur politik dan ekonomi dari sebuah Negara. ? ? ?

2 PEMIKIRAN PLATO  Justice dalam ideal state  Kemajuan dalam ideal state tergantung pada division of labor yang timbul secara alamiah dalam masyarakat.  Setiap orang punya sifat tidak sama sehingga bidang pekerjaan yang diminati berbeda.  Naluri manusia untuk memperoleh barang dan jasa sangat besar perlu dikekang karena dianggap sebagai rintangan membentuk masyarakat yang adil dan makmur

3 MANFAAT DIVISION OF LABOR Jika nafsu keserakahan manusia tidak dikendalikan maka sebagian orang (yang cerdik, pintar dan berkuasa) akan hidup mewah (kaum bangsawan/aristocrat) dan sisanya hidup sengsara dan hina (budak/proletar). Jika nafsu keserakahan manusia tidak dikendalikan maka sebagian orang (yang cerdik, pintar dan berkuasa) akan hidup mewah (kaum bangsawan/aristocrat) dan sisanya hidup sengsara dan hina (budak/proletar).

4 SPESIALISASI DAN DIVISION OF LABOR  Spesialisasi dan division of labor menjadi sumber efisiensi dan produktifitas  Spesialisasi menciptakan saling ketergantungan sehingga membangun saling pertukaran dengan distribusi barang lewat pasar dengan uang sebagai alat tukar

5 DIVISION OF LABOR  Pengatur/Penguasa (ahli filsafat)  Tentara  Pekerja/Pedagang  Plato menilai pembagian kerja untuk pembangunan kualitas manusia.  Adam Smith menggunakannya untuk memacu pertumbuhan output.

6 IDEAL STATE  Kaum pekerja boleh mengejar laba dan mengumpulkan harta.  Penguasa dan tentara tidak bekerja demi harta dan tidak diperkenankan memiliki harta benda.

7 FUNGSI UANG  Alat tukar  Alat pengukur nilai  Alat penimbun kekayaan (disimpan di lemari atau beli barang mewah)  uang bersifat mandul tidak layak untuk diperanakkan


Download ppt "PLATO (427-347 SM): Dalam bukunya The Republic, Plato melahirkan pemikiran awal ilmu ekonomi sejalan dengan pemikirannya tentang bentuk suatu masyarakat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google