Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN PROSES Dosen : Ahmad Apandi, STDosen : Ahmad Apandi, ST PART 2PART 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN PROSES Dosen : Ahmad Apandi, STDosen : Ahmad Apandi, ST PART 2PART 2."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN PROSES Dosen : Ahmad Apandi, STDosen : Ahmad Apandi, ST PART 2PART 2

2 Tujuan  Memahami tentang konsep pada proses dan penjadwalan proses  Memahami operasi pembuatan dan penghapusan proses  Memahami kerjasana dan komunikasi antar proses.  Memahami konsep multi thread, model multi thread dan contoh implementasi thread

3 Konsep Proses  Sistem operasi mengeksekusi berbagai jenis program.  Pada sistem batch program tersebut biasanya disebut dengan job,  sedangkan pada sistem time sharing, program disebut dengan program user atau task.  Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Eksekusi proses dilakukan secara berurutan. Dalam suatu proses terdapat program counter, stack dan daerah data.

4 Status Proses Status proses terdiri dari :Status proses terdiri dari : New : proses sedang dibuat. New : proses sedang dibuat. Running : proses sedang dieksekusi. Running : proses sedang dieksekusi. Waiting : proses sedang menunggu beberapa eventyang akan terjadi (seperti menunggu untuk menyelesaikan I/O atau menerima sinyal). Waiting : proses sedang menunggu beberapa eventyang akan terjadi (seperti menunggu untuk menyelesaikan I/O atau menerima sinyal). Ready : proses menunggu jatah waktu dari CPU untuk diproses. Ready : proses menunggu jatah waktu dari CPU untuk diproses. Terminated : proses telah selesai dieksekusi. Terminated : proses telah selesai dieksekusi.

5 Status Proses Gambar : Perubahan Status ProsesGambar : Perubahan Status Proses

6 Process Control Block (PCB) Masing-masing proses direpresentasikan oleh Sistem Operasi dengan menggunakan Process Control Block(PCB), seperti yang terlihat pada Gambar :

7 Process Control Block (PCB) Informasi pada proses meliputi :  Status Proses. New, ready, running, waiting dan terminated.  Program Counter. Menunjukkan alamat berikutnya yang akan dieksekusi oleh proses tersebut.  CPU Registers. Register bervariasi tipe dan jumlahnya tergantung arsitektur komputer yang bersangkutan.

8 Penjadwalan Proses Antrian Penjadwalan Antrian Penjadwalan Penjadwal (Scheduler) Penjadwal (Scheduler) Context Switch Context Switch

9 Antrian Penjadwalan Jenis-jenis antrian penjadwalan :  Job Queue. Semua proses yang masuk pada suatu sistem akan diletakkan ke dalam job queue.  Ready Queue. Sedangkan proses-proses yang ada di memori utama dan menunggu untuk dieksekusi diletakkan pada suatu list yang disebut dengan ready queue.  Device Queue. Deretan proses yang sedang menunggu peralatan I/O tertentu disebut dengan device queue.

10 Representasi Penjadwalan Proses

11 Penjadwal (Scheduler) Terdapat dua bentuk penjadwal, yaitu:  Longterm-Scheduler (job scheduler), menyeleksi proses-proses mana yang harus dibawa ke ready queue.  Short-term Scheduler (CPU scheduler), memilih proses-proses yang siap untuk dieksekusi, dan mengakolakasikan CPU ke salah satu dari proses- proses tersebut.

12 Context Switch Contex switch adalah proses penyimpanan status proses dan mengambil status proses yang baru pada saat terjadi switching. Pada saat terjadi perpindahan proses, sistem tidak bekerja. Waktu context switchtergantung pada perangkat keras yang digunakan.

13 Operasi Pada Proses Terdapat dua operasi pada proses, yaitu  pembuatan proses (process creation)  dan penghentian proses (process deletion).

14 Pembuatan Proses Ada beberapa aktifitas berkenaan dengan pembuatan proses, antara lain :Ada beberapa aktifitas berkenaan dengan pembuatan proses, antara lain :  Memberi identitas (nama) pada proses yang dibuat;  Menyisipkan proses pada list proses atau tabel proses;  Menentukan prioritas awal proses;  Membuat PCB;  Mengalokasikan resource awal bagi proses tersebut.

15 Penghentian Proses Suatu proses berhenti jika telah menyelesaikan pernyataan terakhir, dan meminta pada sistem operasi untuk menghapusnya dengan menggunakan system call exit. Proses mengembalikan semua data (output)ke parent proses melalui system call wait. Kemudian proses dihapus dari list atau tabel sistem, dilanjutkan dengan menghapus PCB.

16 Komunikasi Antar Proses (Interprocess Communication)  Komunikasi antar proses adalah mekanisme proses-proses untuk berkomunikasi dan melakukan sinkronisasi aksinya.  Komunikasi dilakukan dengan sistem pesan, dimana proses berkomunikasi dengan proses lain tanpa menggunakan variabel yang dishare.  Fasilitas interprocess communication (IPC) terdiri dari dua operasi : send(pesan) dan receive(pesan)

17 Komunikasi Langsung Bentuk komunikasi langsung adalah proses melakukan komunikasi langsung ke proses lain. Pada komunikasi langsung, harus disebutkan nama proses secara eksplisit.  send(P,pesan);mengirim pesan ke proses P.  receive(Q,pesan);menerima pesan dari proses Q.

18 Komunikasi tak Langsung  Pada komunikasi tak langsung pengiriman atau penerimaan pesan dilakukan melalui mailbox(port).  Mailbox adalah suatu objek yang mana pesan-pesan ditempatkan oleh proses atau dapat dihapus.  Tiap-tiap mailbox memiliki identitas unik. Dua buah proses dapat saling berkomunikasi hanya jika mereka saling menggunakan mailbox secara bersama-sama.

19 Thread Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Suatu proses yang multithreaded mengandung beberapa perbedaan alur kontrol dengan ruang alamat yang sama. Thread adalah sebuah alur kontrol dari sebuah proses. Suatu proses yang multithreaded mengandung beberapa perbedaan alur kontrol dengan ruang alamat yang sama. Keuntungan dari multithreaded meliputi peningkatan respon dari user, pembagian sumber daya proses, ekonomis, dan kemampuan untuk mengambil keuntungan dari arsitektur multiprosesor. Keuntungan dari multithreaded meliputi peningkatan respon dari user, pembagian sumber daya proses, ekonomis, dan kemampuan untuk mengambil keuntungan dari arsitektur multiprosesor. Thread terdiri dari dua bentuk yaitu user thread dan kernel thread. Thread terdiri dari dua bentuk yaitu user thread dan kernel thread.

20 User Thread User thread adalah thread yang diatur dengan menggunakan pustaka user level thread. User thread adalah thread yang diatur dengan menggunakan pustaka user level thread. User level thread adalah thread yang tampak oleh programmer dan tidak diketahui oleh kernel. User level thread adalah thread yang tampak oleh programmer dan tidak diketahui oleh kernel. User level thread secara tipikal dikelola oleh sebuah library thread di ruang user. User level thread secara tipikal dikelola oleh sebuah library thread di ruang user. Contoh sistem yang menggunakan user threadadalah POSIX Pthreads, Mach C- threadsdan Solaris threads. Contoh sistem yang menggunakan user threadadalah POSIX Pthreads, Mach C- threadsdan Solaris threads.

21 Kernel Thread Kernel thread adalah thread yang didukung oleh kernel sistem oeprasi Secara umum, user level thread lebih cepat dalam pembuatan dan pengelolaan dari pada kernel thread. Contoh sistem yang menggunakan kernel threadadalah Windows 95/98/NT/2000, Solaris, Tru64 UNIX, BeOS dan Linux.

22 Thread Ada tiga perbedaan tipe dari model yang berhubungan dengan user dan kernel thread.  Model many to one: memetakan beberapa user level thread hanya ke satu buah kernel thread.  Model one to one: memetakan setiap user thread ke dalam satu kernel thread.  Model many to many: Pada model Many-to-Many, user level thread dipetakan ke beberapa kernel threads.

23 Latihan 1.Sebutkan dan jelaskan status proses pada sistem operasi ! 2.Jelaskan perbedaan short term scheduler dan long term scheduler ! 3.Sebutkan dan jelaskan macam-macam threads ! 4.Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis antrian penjadwalan ! 5.Jelaskan perbedaan komunikasi langsung dengan komuniakasi tidak langsung pada sistem operasi !


Download ppt "MANAJEMEN PROSES Dosen : Ahmad Apandi, STDosen : Ahmad Apandi, ST PART 2PART 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google