Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Erwin Surya 062.11.011. A.Apa itu Ethernet? Ethernet adalah penjembatan jaringan, baik antar komputer, antar jaringan maupun antara komputer dengan jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Erwin Surya 062.11.011. A.Apa itu Ethernet? Ethernet adalah penjembatan jaringan, baik antar komputer, antar jaringan maupun antara komputer dengan jaringan."— Transcript presentasi:

1 Erwin Surya

2 A.Apa itu Ethernet? Ethernet adalah penjembatan jaringan, baik antar komputer, antar jaringan maupun antara komputer dengan jaringan internet. Fungsi Ethernet Card adalah membantu pertukaran file dan data melalui jaringan komputer. Komputer- komputer ini berkomunikasi melalui jaringan komputer dengan bantuan dari akses fisik ke media jaringan

3 B.Sejarah Ethernet Versi awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 yang di desain untuk menyambungkan 100 komputer pada kecepatan 2,94 megabit per detik melalui kabel sepanjang satu kilometer. Desain tersebut menjadi sedemikian sukses di masa itu sehingga Xerox, Intel dan Digital Equipment Corporation (DEC) mengeluarkan standar Ethernet 10Mbps yang banyak digunakan pada jaringan komputer saat ini. Selain itu, terdapat standar Ethernet dengan kecepatan 100Mbps yang dikenal sebagai Fast Ethernet. Asal Ethernet bermula dari sebuah pengembangan WAN di University of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan nama "ALOHA". Universitas tersebut memiliki daerah geografis kampus yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer- komputer yang tersebar di kampus tersebut menjadi sebuah jaringan komputer kampus. Proses standardisasi teknologi Ethernet akhirnya disetujui pada tahun 1985 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dengan sebuah standar yang dikenal dengan Project 802. Standar IEEE selanjutnya diadopsi oleh International Organization for Standardization (ISO), sehingga menjadikannya sebuah standar internasional dan mendunia yang ditujukan untuk membentuk jaringan komputer. Karena kesederhanaan dan keandalannya, Ethernet pun dapat bertahan hingga saat ini, dan bahkan menjadi arsitektur jaringan yang paling banyak digunakan.

4 C.Jenis-Jenis Ethernet menurut Kecepatannya:  10 Mbit/detik, diistilahkan Ethernet saja (standar yang digunakan adalah: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF ), spesifikasi IEEE  100 Mbit/detik, atau disebut dengan Fast Ethernet (standar yang digunakan adalah:100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX ), spesifikasi IEEE 802.3u  1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, disebut dengan Gigabit Ethernet (standar yang digunakan adalah: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX,1000BaseT ), spesifikasi IEEE 802.3z  Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diaplikasikan secara umum

5  Ethernet bekerjadalam 2 layer, yaitu : 1.Data Link Layer Device : NIC (Network Interface Card) 2.Physical Layer Device : Network Cable (Coaxial, UTP, FO, dll)

6 D.Perangakat Inti Ethernet Perangakat Inti dari Ethernet adalah: 1.NIC (Network Interface Card) 2.Cable ( Coaxial, UTP, FO, fll ) Selain itu terdapat Perangkat pendukung lain dalam Ethernet,yaitu: 1.Switch 2.Hub 3.Repeater 4.Bridge 5.Router

7 Perangkat Inti NIC ( Network Interface Card )Sebuah kartu antar muka jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer kejaringan Ethernet. Kartu ini biasanya juga berisi firmware kontrolprotokol dan Ethernet Controller yang diperlukanuntukmendukung Medium Access Control (MAC) protokol data link yang digunakan oleh Ethernet.

8 Kabel Coaxial Kabel coaxial terdiri dari :  sebuah konduktor tembaga  lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”.  sebuah lapisan paling luar.

9 Perangkat Inti Penggunaan Kabel Coaxial Kabel coaxial terkadang digunakan untuk topologi bus, tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial. Protokol Ethernet LAN yang dikembangkan menggunakan kabel coaxial: 10Base5 / Kabel “Thicknet” : adalah sebuah kabel coaxial RG/U-8. merupakan kabel “original” Ethernet. tidak digunakan lagi untuk LAN modern. 10Base2 / Kabel “Thinnet”: adalah sebuah kabel coaxial RG/U-58. mempunyai diameter yang lebih kecil dari “Thicknet”. tidak direkomendasikan lagi, tetapi masih digunakan pada jaringan LAN yang sangat kecil.

10 Perangkat Inti Unshielded Twisted Pair Kabel “Unshielded twisted pair” (UTP) digunakan untuk LAN dan sistem telepon. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45.

11 Perangkat Inti

12 Shielded Twisted Pair “Shielded twisted pair” adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel (”twisted pair”).Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi. Kelemahan kabel STP Kabel STP mempunyai beberapa kelemahan : Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi. Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulnya “crosstalk” dan sinyal “noise”. Harganya cukup mahal.

13 Perangkat Inti Kabel Fiber Optik Kabel Fiber Optik adalah teknologi kabel terbaru. Terbuat dari glas optik. Di tengah-tengah kabel terdapat filamen glas, yang disebut “core”, dan di kelilingi lapisan “cladding”, “buffer coating”, material penguat, dan pelindung luar.Informasi ditransmisikan menggunakan gelombang cahaya dengan cara mengkonversi sinyal listrik menjadi gelombang cahaya. Transmitter yang banyak digunakan adalah LED atau Laser. Kelebihan menggunakan kabel Fiber Optik Kabel Fiber Optik mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya : Kapasitas bandwidth yang besar (gigabit per detik). Jarak transmisi yang lebih jauh ( 2 sampai lebih dari 60 kilometer). Kebal terhadap interferensi elektromagnetik. Kabel Fiber Optik banyak digunakan pada jaringan WAN untuk komunikasi suara dan data. Kendala utama penggunaan kabel fiber optik di LAN adalah perangkat elektroniknya yang masih mahal. Sedangkan harga kabel Fiber Optiknya sendiri sebanding dengan kabel LAN UTP.

14 Perangkat Pendukung Ethernet Switch Switch merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 2, Data Link Layer. dia bekerja sebagai penyambung / concentrator dalam Jaringan. Switch mengenal MAC Adressing sehingga bisa memilah paket data mana yang akan di teruskan ke mana. Fungsi Switch Dan switch ini digunakan sebagai repeater/penguat. Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP ( Kategori 5/5e ) komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dalam switch biasanya terdapat routing, routing sendiri berfungsi untuk batu loncat untuk melakukan koneksi dengan komputer lain dalam LAN.

15 Perangkat Pendukung Ethernet HUB Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. HUB tdk Mengenal MAC Addressing / Physical Addressing shingga tdk bisa memilah data yg harus ditransmisikan shingga collision tdk bisa dihindari dari penggunaan HUB ini Fungsi HUB 1.Memfasilitasikan penambahan penghilangan atau penambahan workstation 2.Menambah jarak network ( fungsi sebagai repeater ) 3.Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda ( Ethernet, Toket ring, FDDI ) 4.Menawarkan featur yang fault tolerance ( Isolasi Kerusakan ) 5.Memberikan menegement yang tersentralisasi ( koleksi informasi, diagnostic)

16 Perangkat Pendukung Ethernet Repeater Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint) Fungsi Repeater 1.Untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari Server (pemancar) 2.Untuk memperjauh sinyal dari Server (pemancar) 3.Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari Server

17 Perangkat Pendukung Ethernet Bridge Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Fungsi Bridge BRIDGE berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. BRIDGE mengatur informasi diantara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan teratur.

18 Perangkat Pendukung Ethernet Router Router merupakan perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Network Layer. Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, dan router ini berperan penting sebagai penghubung/penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih. Fungsi Router Router berfungsi utama sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Perbedaannya dengan Switch adalah kalau switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

19 E.Daftar Pustaka AAbUTcw AAbUTcw pengertian-ethernet.html pengertian-ethernet.html macam-kabel-jaringan-lan/ macam-kabel-jaringan-lan/ gertian-dan-fungsi-nic-repeater-hub.html gertian-dan-fungsi-nic-repeater-hub.html

20 Sekian Terima Kasih


Download ppt "Erwin Surya 062.11.011. A.Apa itu Ethernet? Ethernet adalah penjembatan jaringan, baik antar komputer, antar jaringan maupun antara komputer dengan jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google