Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Manajemen Mutu Dlm Proyek Konstruksi. What is QUALITY? Quality is conformance to established requirements (not degree of goodness) (CII, 1991) Established.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Manajemen Mutu Dlm Proyek Konstruksi. What is QUALITY? Quality is conformance to established requirements (not degree of goodness) (CII, 1991) Established."— Transcript presentasi:

1 Manajemen Mutu Dlm Proyek Konstruksi

2

3 What is QUALITY? Quality is conformance to established requirements (not degree of goodness) (CII, 1991) Established requirements = standards

4 Quality Management Quality management is the way to make sure the normal work is performed in accordance with the requirements. As such, it includes prevention and appraisal activities (CII,1991)

5 Rencana Mutu atau Prosedur Mutu adalah dokumen yang berisi tata cara, dan kebutuhan sumber daya yang harus diterapkan oleh siapa saja yang bertanggungjawab dan kapan diterapkan pada suatu proyek, produk, proses, atau kontrak tertentu. Manual Mutu atau Pedoman Mutu adalah dokumen terinci tentang sistem manajemen mutu (SMM) suatu organisasi. Penilaian Mutu (Quality Audit) adalah penilaian yang dilakukan secara sistematis, terstruktur dan independen untuk mengetahui apakah semua aktivitas yang dilaksanakan oleh suatu bagian organisasi untuk mencapai mutu dan hasil akhir telah sesuai dengan rencana mutu ISTILAH-ISTILAH TERKAIT DENGAN MUTU: ISO

6 Penjaminan Mutu (Quality Assurance) adalah semua aktivitas yang terencana dan sistematis yang dimaksudkan untuk meyakinkan/ memastikan bahwa suatu proses atau produk akan memenuhi syarat mutu yang ditetapkan dalam program Quality Assurance dan Quality Control. Pengendalian Mutu (Quality Control) adalah semua aktivitas seperti pengukuran dan pengujian satu atau lebih atribut dari suatu produk atau layanan dan membandingkannya dengan persyaratan yang terkait untuk menentukan pemenuhan (conformance)

7 Sistem Mutu (Quality System) adalah prosedur, proses dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi untuk mencapai mutu yang diinginkan. Sistem mutu seharusnya didasarkan pada aktifitas: (i) perencanaan; (ii) pelaksanaan; (iii) pengawasan/ pengujian dan (iv) penindakan (corrective actions). Penilai Mutu (auditor) adalah seseorang yang memenuhi syarat dan bertanggungjawab untuk melaksanakan sautu penilaian mutu.

8 SISTEM PELAKSANAAN MUTU KONSTRUKSI Kriteria Perencanaan Rekayasadan Perencanaan Mutu Perencanaan Manajemen O&P Inspeksi Kesesuaian dengan Dokumen Perencanaan Kesesuaian dengan Manual/Studi Kelayakan MutuBangunan (Konstruksi) Mutu Pemanfaatan Kebutuhan/Kehendak Masyarakat Persyaratan/Kebijakan/NSPM Kepuasan Masyarakat SumberDaya Metode Konstruksi Supervisi Pengendalian Inspeksi Gambar: Sistem Pelaksanaan Mutu Konstruksi Sumber: Bapekin (2003)

9 KONSEP LOGIC MODEL DALAM PENGENDALIAN MUTU inputoutput Q controlling Planning & designing safetyhealth physical environment non-physical environment T process C SISTEM MANAJEMEN

10 STRUKTUR INSTRUMEN PENGENDALIAN MUTU KONSTRUKSI INPUT NSPM-SNI SUMBER DAYA KONSTRUKSI NSPM-SNI MATERIAL/ KOMPONEN KONSTRUKSI NSPM-SNI INPUT- INPUT LAIN NSPM KKSK TUKANG KONSTRUKSI NSPM-SNI ALAT BERAT/ PERALATAN PROSES NSPM-SNI PROSES KONSTRUKSI NSPM-SNI METODA PENGECORAN BETON NSPM-SNI METODA PEMASANGAN RANGKA BAJA NSPM-SNI METODA KONSTRUKSI LAINNYA OUTPUT NSPM-SNI PRODUK KONSTRUKSI NSPM-SNI JEMBATAN RANGKA BAJA NSPM-SNI PRODUK BETON JADI NSPM-SNI LAPISAN ASPAL JALAN NSPM-SNI HASIL KONSTRUKSI LAINNYA GAMBAR/ SPEC


Download ppt "Manajemen Mutu Dlm Proyek Konstruksi. What is QUALITY? Quality is conformance to established requirements (not degree of goodness) (CII, 1991) Established."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google