Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN DAN TUJUAN PKN 1.Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan selanjutnya disebut PKN. PKN telah dilakukan dan dikembangkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN DAN TUJUAN PKN 1.Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan selanjutnya disebut PKN. PKN telah dilakukan dan dikembangkan."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN DAN TUJUAN PKN 1.Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan selanjutnya disebut PKN. PKN telah dilakukan dan dikembangkan di seluruh negara di dunia meskipun dengan berbagai istilah (nomenklatur). Istilah yg digunakan ada civic education, atau.ciziten education dan ada negara yg menyebutnya democracy education. Mata kuliah ini sangat penting dilaksanakan setiap negara untuk mempersiapkan wn yg.cerdas, tanggung jawab dan beradab. PKN disepakati bahwa sebagai pendidikan demokrasi yang penting untuk pertumbuhan civic culture Di Indonesia mata kuliah PKN diwajibkan dipelajari mhs berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 ttg Sisdiknas yg dilanjutkan SK Dirjen Dikti No. 43/Dikti/kep/2006. Berdasarkan peraturan tsb maka PKN diajarkan dengan paradigma baru yaitu yang berbasis Pancasila.

2 2. Tujuan PKN a. Tujuan Umum Untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan dasar kepada mhs mengenai hubungan antar wn dengan negara agar menjadi wn yg dapat diandalkan oleh bangsa dan negara. b Tujuan khusus - Agar mhs dapat memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban secara santun, jujur dan demokratis serta ihlas sebagai wn terdidik dan bertanggungjawab - agar mhs menguasai dan memahami berbagai masalah dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara serta dapat mengatasinya dan pemikiran kritis dan bertanggungjawab berlandaskan Pancasila, konsep Wawasan Nusantara dan ketahanan nasional. - agar mhs memiliki sikap dan perilaku yg sesuai dengan nilai-nilai kejuangan,.cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa serta negara.

3 c. Konsepsi yg diharapkan dari mata kuliah PKN antara lain: 1) agar mhs mampu menjadi wn yg memiliki pilihan pandangan dan komitmen terhadap nilai demokrasi dan HAM 2) agar mhs mampu berpartisipasi dalam upaya mencegah dan menghentikan berbagai tindak kekerasan dengan cara cerdas dan damai. 3) agar mhs memiliki kepedulian dan kemampuan berpartisipasi dalam upaya menyelesaikan konflik di masyarakat dengan dilandasi nilai moral, agama dan nilai universal. 4) agar mhs mampu berpikir kritis dan obyektif terhadap persoalan kenegaraan, HAM dan demokrasi. 5) agar mhs mampu memberikan kontribusi dan solusi tehadap persoalan kebijakan publik. 6) agar mhs mampu meletakkan nilai-nilai dasar secara bijak (beradab) 7) Dapat berpikir secara kritis, rasional dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.

4 8) Dapat berpatisipasi secara bermutu dan bertanggungjawab dan bertindak secara Cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 9) dapat berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama bangsa lainnya. 10)Dapat berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung dan tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. 11) Diharapkan mahasiswa menjadi ilmuwan dan profesional yg memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. 12)Menjadi wn yg memiliki daya saing, bersiplin, berpartisipasi aktif dalam kehidupan yang damai berdasarkan nilai Pancasila.


Download ppt "PENGERTIAN DAN TUJUAN PKN 1.Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan selanjutnya disebut PKN. PKN telah dilakukan dan dikembangkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google