Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL. Bank Dunia (World Bank)  Didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah-masalah internasional terutama yang berkaitan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL. Bank Dunia (World Bank)  Didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah-masalah internasional terutama yang berkaitan."— Transcript presentasi:

1 LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL

2 Bank Dunia (World Bank)  Didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah-masalah internasional terutama yang berkaitan dengan masalah moneter dan keuangan lainnya.  Asal bank dunia adalah dari Internasional Bank for Reconstruction and Development (IBRD).

3 Keanggotan Bank Dunia International Finance Corporation (IFC). – Kegiatan lembaga ini dalam rangka memberikan bantuan kepada sektor-sektor swasta di negara- negara berkembang. International Development Association (IDA) – Lebih ditujukan kepada negara-negara miskin dan dengan persyaratan pinjaman yang lebih mudah.

4 International Monetary Fund (IMF) Tujuan pendirian IMF tercantum dalam articles of agreement:  Menjadi tempat secara permanen bagi pertemuan- pertemuan dan perundingan untuk mencapai kerjasama internasional dalam bidang keuangan.  Membantu memperluas perdagangan internasional yang seimbang diantara para anggotanya dan membantu perekonomian para anggotanya.  Berusaha meniadakan competitive depresiations dan mengusahakan tercapainya stable exchange rate.

5 International Monetary Fund (IMF) Tujuan pendirian IMF tercantum dalam articles of agreement:  Menghilangkan exchange restrictions.  Membantu para anggota yang mengalami kesukaran dalam pinjaman luar negeri agar jangan mengambil tindakan-tindakan yang dapat merugikan negara yang bersangkutan dan negara lainnya. Tujuannya adalah untuk memberikan kepercayaan kepada para anggotanya.  Mengurangi waktu dan besarnya disekuilibrium dalam neraca pembayaran negara anggota IMF.

6 Bank Pembangunan Asia Didirikan dalam rangka memberikan bantuan keuangan kepada negara-negara di Asia. Tujuan pendirian Bank Asia lebih didasarkan dalam rangka kerjasama ekonomi dan pembangunan akibat sulitnya memperoleh bantuan dari negara- negara maju. Tugas Bank Pembangunan Asia adalah berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara- negara di benua Asia dan meningkatkan kerjasama yang lebih erat di berbagai bidang dengan sesama anggotanya.

7 1. Memberikan bantuan pinjaman untuk berbagai proyek, baik mata uang lokal maupun mata uang asing. 2. Memberikan bantuan teknik seperti: a) Penyediaan jasa konsultasi b) Penyediaan jasa tenaga ahli Kegiatan Bank Pembangunan Asia

8 Bank Pembangunan Islam Dimulai dari proposal yang diajukan oleh Mesir pada sidang Menteri Luar Negeri Negara-negara Islam (OKI) di Karachi, Pakistan bulan Desember Hal-hal yang terkandung dalam usulan tersebut: 1) Mengatur transaksi komersial antarnegara- negara Islam 2) Mengatur institusi pembangunan dan investasi.

9 3) Merumuskan masalah transfer, kliring serta settlement antara Bank Islam sebagai langkah awal menuju terbentuknya sistem ekonomi Islam yang terpadu. 4) Membantu mendirikan institusi sejenis Bank Sentral Syari’ah di negara-negara Islam. 5) Mendukung upaya-upaya bank sentral di negara Islam dalam hal pelaksanaan kebijakan-kebijakan yang sejalan dengan kerangka kerja Islam. 6) Mengatur administrasi dan mendayagunakan zakat. 7) Mengatur kelebihan likuiditas bank-bank sentral negara Islam. Bank Pembangunan Islam

10 Badan Investasi dan Pembangunan Negara-negara Islam Fungsi Badan ini: 1) Mengatur investasi modal Islam. 2) Menyeimbangkan antara investasi dan pembangunan di negara Islam. 3) Memilih lahan/sektor yang cocok untuk investasi dan mengatur penelitiannya. 4) Memberi saran dan bantuan teknis bagi proyek- proyek yang dirancang untuk investasi regional di negara-negara Islam.


Download ppt "LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL. Bank Dunia (World Bank)  Didirikan dengan tujuan untuk memecahkan masalah-masalah internasional terutama yang berkaitan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google