Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Scanners. Pengerttian Scanners adalah metode bagaimana caranya mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari IP/Network korban.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Scanners. Pengerttian Scanners adalah metode bagaimana caranya mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari IP/Network korban."— Transcript presentasi:

1 Scanners

2 Pengerttian Scanners adalah metode bagaimana caranya mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari IP/Network korban

3 Cara kerja scanner Untuk mendapatkan akses ke host, cracker harus mengetahui titik-titik kelemahan yang ada. Sebagai contoh, apabila cracker sudah mengetahui bahwa host menjalankan proses ftp server, ia dapat menggunakan kelemahan- kelemahan yang ada pada ftp server untuk mendapatkan akses.

4 Cara kerja scanner ( Bagian 2) Biasanya "scanning" dijalankan secara otomatis mengingat "scanning" pada "multiple-host" sangat menyita waktu. "Hackers" biasanya mengumpulkan informasi dari hasil "scanning" ini. Dengan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan maka "hackers" dapat menyiapkan serangan yang akan dilancarkannya.

5 Cara Kerja Scanner (Bagian 3) Scanner biasanya bekerja dengan men-scan port TCP /IP dan servis servisnya dan mencatat respon dari komputer target. Dari scanner ini dapat diperoleh informasi mengenai port-port mana saja yang terbuka. Kemudian yang dilakukan adalah mencari tahu kelemahan-kelemahan yang mungkin bisa dimanfaatkan berdasar port yang terbuka dan aplikasi serta versi aplikasi yang digunakan.

6 Software scanner Nmap merupakan sebuah network scanner yang banyak digunakan oleh para professional di bidang network security, walaupun ada tool yang khusus dibuat untuk tujuan hacking, tapi belum dapat mengalahkan kepopuleran nmap. Nessus juga merupakan network scanner tapi juga akan melaporkan apabila terdapat celah keamanan pada target yang diperiksanya. Hacker biasanya menggunakan Nessus untuk pengumpulan informasi sebelum benar-benar meluncurkan serangan.

7 Cara kerja software Para hackers biasanya menggunakan sebuah program yang secara otomatis akan mendeteksi kelemahan sistem keamanan sebuah jaringan komputer, misal port – port yang sedang aktif yang dapat dijadikan sebagai pintu masuk bagi hacker untuk melakukan aksinya. Kegiatan Scanning ini lebih bersifat aktif terhadap sistem- sistem sasaran. Di sini diibaratkan hacker sudah mulai mengetuk-ngetuk dinding sistem sasaran untuk mencari apakah ada kelemahannya.


Download ppt "Scanners. Pengerttian Scanners adalah metode bagaimana caranya mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari IP/Network korban."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google