Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penggunaan Reaktor Nuklir di Indonesia Kelompok 13: 1. dicky a 2. Putri Elita R 3. Septiani F 4. Sri devi s xii ipa 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penggunaan Reaktor Nuklir di Indonesia Kelompok 13: 1. dicky a 2. Putri Elita R 3. Septiani F 4. Sri devi s xii ipa 3."— Transcript presentasi:

1 Penggunaan Reaktor Nuklir di Indonesia Kelompok 13: 1. dicky a 2. Putri Elita R 3. Septiani F 4. Sri devi s xii ipa 3

2 Pengertian. Reaktor nuklir adalah tempat terjadinya reaksi inti berantai terkendali, baik pembelahan inti (fisi) ataupun penggabungan inti (fusi). Reaksi yang terjadi pada reaktor nuklir baik untuk reaktor penelitian maupun reaktor daya konvensional, masih didasarkan pada terjadinya reaksi pembelahan inti fissil (inti yang dapat di belah) oleh tembakan partikel neutron. Inti fissil yang ada di alam adalah Uranium dan Thorium.

3 Komponen utama reaktor nuklir a. Tangki reaktor Tangki ini bisa berupa tabung (silinder) atau bola yang dibuat dari logam campuran dengan ketebalan sekitar 25 cm. fungsi dari tangki adalah sebagai wadah untuk menempatkan komponen-komponen reaktor lainnya dan sebagai tempat berlangsungnya reaksi nuklir. Tangki yang berdinding tebal ini juga berfungsi sebagai penahan radiasi agar tidak keluar dari sistem reaktor.

4 b. Teras reaktor Komponen reaktor yang berfungsi sebagai tempat untuk bahan bakar. Teras reaktor dibuat berlubang (kolom) untuk menempatkan bahan bakar reaktor yang berbentuk batang. Teras reaktor dibuat dari logam yang tahan panas dan tahan korosi.

5 c. Bahan bakar nuklir Bahan bakar adalah komponen utama yang memegang peranan penting untuk berlangsungnya reaksi nuklir. Bahan bakar dibuat dari isotop alam seperti Uranium, Thorium yang mempunyai sifat dapat membelah apabila bereaksi dengan neutron.

6 d. Bahan pendingin Untuk mencegah agar tidak terjadi akumulasi panas yang berlebihan pada teras reaktor, maka dapat dipergunakan bahan pendingin untuk pertukaran panasnya. Bahan pendingin ini bisa digunakan air atau gas.

7 e. Elemen kendali Reaksi nuklir bisa tidak terkendali apabila partikel-partikel neutron yang dihasilkan dari reaksi sebelumnya sebagian tidak ditangkap atau diserap. Untuk mengendalikan reaksi ini, reaktor dilengkapi dengan elemen kendali yang dibuat dari bahan yang dapat menangkap atau menyerap neutron. Elemen kendali juga berfungsi untuk menghentikan operasi reaktor (shut down) sewaktu-waktu apabila terjadi kecelakaan. f. Moderator Fungsi dari moderator adalah untuk memperlambat laju neutron cepat (moderasi) yang dihasilkan dari reaksi inti hingga mencapai kecepatan neutron thermal untuk memperbesar kemungkinan terjadinya reaksi nuklir selanjutnya (reaksi berantai). Bahan yang digunakan untuk moderator adalah air atau grafit.

8 Keunggulan dan Kelemahan Reaktor Nuklir Energi Nuklir, sebagi salah satu sumber Energi, Energi Nuklir adalah Energi yang paling ditakutkan. Yang di takutkan dari Energi Nuklir adalah bahayanya bagi keselamatan dan kesehatan hidup manusia. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dan kelebihan Energi Nuklir sebagai sumber Energi Kelebihan : 1. Bahan bakarnya tidak mahal 2. Mudah untuk dipindahkan (dengan sistem keamanan yang ketat), 3. Energinya sangat tinggi, dan Tidak mempunyai efek rumah kaca dan hujan asam Kelemahan: 1. Butuh biaya yang besar untuk sistem penyimpanannya disebabkan dari bahaya radiasi energi nuklir itu sendiri 2. Masalah kepemilikan energi nuklir disebabkan karena bahayanya massal dan Produk buangannya yang sangat radioaktif 3. Nuklir sebagai senjata pemusnah

9 Reaktor nuklir memproduksi dan mengendalikan pelepasan energi dari pemecahan atom beberapa unsur seperti uranium dan thorium. Dalam reaktor Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), energi dilepaskan dari reaksi fisi (pemecahan) berantai atom bahan bakar dan panas yang dihasilkan dipakai untuk memproduksi uap. Uap inilah yang digunakan untuk menggerakkan turbin untuk memproduksi listrik. Jenis pembangkit lainnya juga menggunakan uap, namun PLTN tidak melakukan pembakaran bahan bakar fosil yang bi­sa melepaskan emisi gas rumah kaca.

10 REAKTOR NUKLIR DI INDONESIA Saat ini Indonesia memiliki 3 buah reaktor nuklir : 1. Pusat Penelitian Tenaga Nuklir(PPTN) Bandung PPTN Bandung diresmikan pada tahun 1965, dengan berdirinya reaktor ini membuat indonesia menjadi negara pertama di asean yang memiliki dan mengembangkan tenaga nuklir.pada awal nya reaktor berjenis Triga Mark II ini memiliki daya 250kW,namun pada tahun 2000 kapasitas nya ditingkatkan menjadi 2MW.

11 2.Reaktor Penelitian Nuklir Kartini Yogyakarta reaktor penelitian nuklir kartini diremikan pada tahun 1979,reaktor ini terletak di kawasan nuklir yogyakarta.di kawasan ini terdapat kantor BATAN(Badan Atom Nasional) dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir(STTN).letak reaktor ini di jalan babarsari, sleman yogyakarta.bagi anda yang kuliah sekitar kawasan babarsari bisa melihat reaktor ini dari luar.reaktor yang memakai reaktor jenis Triga Mark II ini berkapasitas 250kW.rencananya reaktor ini akan ditingkatkan kapasitasnya menjasi 2MW..

12 3.Reaktor Penelitian Nuklir MPR RSG-GA Siwabessy reaktor ini terletak di kawasan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) Serpong Banten,dan diresmikan pada tahun 1987.reaktor yang menelan dana pembangunan 50Juta USD pada jaman nya ini memiliki kapasitas 30MW.dan reaktor inilah yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang memiliki reaktor pertama di asean dan negara yang memiliki reaktor nuklir terbanyak di asean serta reaktor yang berkapasitas paling besar di asean.

13 Tampilan sistem informasi Reaktor Kartini Reaktor Kartini (TRIGA MARK II 100kW) Gambar di samping merupakan tampilan informasi kondisi reaktor saat beroperasi. Terlihat beberapa parameter seperti daya, reaktivitas, periode ada di sana. Reaktor terlihat sangat sederhana seperti sebuah kolam yang berisi air dan memiliki teras (core) reaktor berbentuk persegi yang dipasang dibagian bawah kolam. Terlihat juga ada 3 batang kendali, yaitu safety, regulating, dan shim. Beroperasi pada daya 90 kw (90% dari daya maksimum). Bagi penulis (yang pernah melihat sendiri para operatornya yang bekerja) reaktor dapat dioperasikan dengan mudah. Reaktor Kartini (TRIGA MARK II 100kW) Gambar di samping merupakan tampilan informasi kondisi reaktor saat beroperasi. Terlihat beberapa parameter seperti daya, reaktivitas, periode ada di sana. Reaktor terlihat sangat sederhana seperti sebuah kolam yang berisi air dan memiliki teras (core) reaktor berbentuk persegi yang dipasang dibagian bawah kolam. Terlihat juga ada 3 batang kendali, yaitu safety, regulating, dan shim. Beroperasi pada daya 90 kw (90% dari daya maksimum). Bagi penulis (yang pernah melihat sendiri para operatornya yang bekerja) reaktor dapat dioperasikan dengan mudah.

14 Radiasi Cerenkov reaktor Kartini Pada gambar di atas terlihat radiasi Cerenkov dari reaktor Kartini yang beroperasi. Warna biru tersebut merupakan karakteristik dari reaktor nuklir. Warna biru tersebut merupakan pancaran gelombang elektromagnetik yang disebabkan interaksi partikel bermuatan (elektron) dipancarkan oleh reaktor dengan insulator (air).

15 Gambar di atas, dek reaktor Kartini (bagian atas dari bejana reaktor), Reaktor ini terlihat sangat mudah untuk dioperasikan tetapi itu semua berkat desain reaktor dengan teknologi tinggi meskipun berasal dari puluhan tahun yang lalu.

16 Untuk penelitian, reaktor riset telah dibuat di Indonesia: 1. Bandung, Jawa Barat. Pusat Penelitian Tenaga Nuklir (PPTN) Bandung (reaktor Triga Mark II - berkapasitas 250 kW diresmikan 1965, kemudian ditingkatkan kapasitasnya menjadi 2 MW pada tahun 2000 ). 2. Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (Reaktor penelitian nuklir Kartini - kapasitas 100 kW operasi sejak 1979). 3.Serpong (Banten). (reaktor penelitian nuklir MPR RSG-GA Siwabessy - kapasitas 30 MW diresmikan tahun 1987). Berbagai lokasi yang dipelajari kelayakannya sebagai calon tapak untuk membangun reaktor untuk memproduksi listrik (PLTN): 1.Muria Jawa Tengah. 2.Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

17 Pembangunan PLTN Muria akan dimulai 2012 dan siap diresmikan 2016 dengan total anggaran Rp 30 triliun. Diharapkan pada 20I PLTN Muria ini sudah bisa beroperasi dengan kapasitas MW Elektic dengan investasi US $ l.800 per KWh. Berdasarkan UU No 10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, PLTN hanya dapat dibangun dan dioperasikan oleh perusahaan swasta, BUMN atau Koperasi. Sedangkan BATAN berkewajiban menyiapkan infrastruktur dasar seperti persiapan SDM, studi kelayakan calon tapak, kajian teknologi sebagai TSO (technical support organization), dan pengolahan limbah.

18 PERBEDAAN REAKTOR NUKLIR INDONESIA DENGAN NEGARA DI ASIA NO NEGARA JUMLAH NUKLIR REAKTOR %PLTN JUMLAHMW 1. jepang 5346,23628% 2. Korea Selatan2017,71635% 3. China118,5872% 4. India173,7793% 5. Pakistan24002% Dari daftar/tabel di atas (dan data (WNA)), dapat disimpulkan fakta-fakta menarik yakni: Jepang merupakan negara pengguna sekaligus pemilik reaktor nuklir terbesar di Asia meskipun struktur geologi negaranya rawan gempa. Jepang memiliki 53 unit reaktor nuklir (WNA) Penggunaan energi nuklir untuk pembangkit masih didominasi negara Eropa + Amerika Utara dan negara-negara yang maju yang relatif maju dalam teknologi nuklir. Pakistan dan India menjadi negara Asia yang relatif "miskin" (negara berkembang) secara ekonomi, namun mampu memiliki reaktor nuklir untuk pembangkit listrik.

19 Perkembangan Energi Nuklir Disaat ini, semua tantangan dan potensi marabahaya reaktor nuklir tentu dapat diprediksi dengan sistem pengamanan berlapis (bukan hanya ganda). Dengan menggunakan teknologi mutakhir (seperti 3G) dan pembangunan dengan super security, maka berbagai kemungkinan bencana nuklir dapat dicegah selama sumber daya manusia dan alat kontrol ler terus dipantau dan dimaintenance. Apalagi dengan menipisnya cadangan minyak bumi di alam, maka penggunaan energi nuklir secara besar-besaran telah dan akan dikembangkan oleh beberapa negara. Berikutdaftar negara-negara yang akan memiliki daya pembangkit listrik yang besar.daftar negara-negara

20 NONEGARAJUMLAH REAKTOR NUKLIR REAKTOR YG SEDANG DI BANGUN TOTAL JUMLAHMWJUMLAHMW 1 Amerika S104101,11911,180102,299 2 Prancis5963,47311,63065,103 3 Jepang5346,23622,28548,521 4 Rusia3121,74385,98027,723 5 Korea Selatan2017,71655,35023,066 6 Jerman1720, China118, ,00019,587 8 Kanada1812,65221,50014,152 9 Ukraina1513, Inggris1911, Swedia109, Spanyol87, India173,77962,9766, Belgia75, Finlandia42,69611,6004,296

21 16Rep. Czech63, Switzerland53, Slovakia41, ,528 19Bulgaria21, Brazil21, Afrika Selatan21, Hungaria41, Argentina ,627 24Meksiko21, Romania21, Lithuania11, Iran Pakistan Slovenia Belanda Armenia Indonesia ????-0-00

22 Keterangan: Jumlah Reaktor Nuklir : merupakan jumlah reaktor nuklir yang sedang dioperasi untuk pembangkit listrik Reaktor yang sedang dibangun : merupakan proyek pembangunan reaktor nuklir yang sedang dikerjakan terhitung 1 April 2009 dan akan selesai dalam kurun waktu antara 1-8 tahun kedepan. Total*** : total daya yang dihasilkan oleh reaktor saat ini + dengan reaktor yang baru (yang sedang dibangun) Kesimpulan daftar/tabel 2: China menjadi negara dengan pertumbuhan reaktor nuklir terbesar didunia yakni mencapai 100% jumlah unit reaktor dengan peningkatan hingga 128% daya PLTN yakni dari 8500 MW menjadi MW. Iran menjadi negara ke-31 pemilik pembangkit listrik tenaga nuklir di dunia. PLTN milik Iran dikecam oleh Amerika dan negara-negara sekutunya. China, India, Argentina, Slovakia, Finlandia, dan Pakistan akan meningkatkan kapasitas PLTN-nya dalam 1 dekade ke depan minimal 50%.

23


Download ppt "Penggunaan Reaktor Nuklir di Indonesia Kelompok 13: 1. dicky a 2. Putri Elita R 3. Septiani F 4. Sri devi s xii ipa 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google