Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

). MU’TAZILAH Kaum yang berpaham bahwa :  Tuhan tidak memiliki sifat dan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga.  Manusia berusaha dan menentukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "). MU’TAZILAH Kaum yang berpaham bahwa :  Tuhan tidak memiliki sifat dan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga.  Manusia berusaha dan menentukan."— Transcript presentasi:

1 )

2 MU’TAZILAH Kaum yang berpaham bahwa :  Tuhan tidak memiliki sifat dan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga.  Manusia berusaha dan menentukan nasib sendiri tanpa campur tangan Tuhan.  Orang yang melakukan dosa besar diletakkan diantara dua tempat ( mu’min- kafir ).

3 Alasan Penamaan Mu’tazilah  Etimologis = i’tazala (mengasingkan diri).  Washil bin Atha tidak setuju dengan guru besarnya, Hasan bin bashr, tentang posisi umat muslim yang melakukan dosa besar. karena pendapatnya, Hasan bin Bashr menyebut Washil telah keluar dari majlis dan memisahkan diri dari gurunya.

4 5 Prinsip ajaran  Tauhid  Al-Adl  Al Wa’du wal Wa’it (janji dan ancaman)  Manzilah bainal Manzilatain (tempat diantara dua tempat)  Amar ma’ruf nahi munkar

5 SYI’AH  Sec.bahasa = pengikut, pembantu  Sec.istilah ada 2 pendapat : 1. Satu aliran yang mencintai keturunan nabi Muhammad saw dan mentaati pemimpin yang diangkat dari keturunannya. 2. Kaum yang berlebihan memuja Ali bin Abi Thalib dan tidak mengakui khalifah-khalifah sebelumnya.  Syiah terdiri dari 22 golongan.

6 Sejarah Lahirnya  Ada beberapa pendapat:  Bersamaan dengan lahirnya nash Nabi Muhammad ketika diangkatnya Ali menjadi khalifah  Akhir masa pemerintahan khalifah Utsman bin Affan  Pada akhir perang Jamal  Pada hari timbulnya Khawarij  Pada masa pemerintahan Hasan bin Ali bin Abi Thalib  Pada masa pemerintahanan Abbashiyah

7 Tokoh Pendiri  Abdullah bin Saba’  Mukhtar bin Abi Ubaid

8 MACAM SYI’AH LURUS MENYELEWENG  Fiqh bersumber Al-Quran dan Hadits, pintu ijtihad tidak tertutup  Syekh Mahmud Syaltut menfatwakan boleh. Karena kefanatikan mereka terhadap Ali hanya ajaran furu’, tidak bertentangan usul islam.  Ex: isna’asyar, imaiyah.  Pelopor : Abdullah bin Saba’  Ajaran : a. Al-Washiyah (wasiat) b. Ar-Raj’ah (kembali) c. Ketuhanan Ali  Ex : Sabaiyah, Kaisaniyah, Zaidiyah, Qaramithah,dll

9 Ahli Sunnah wal Jama’ah  Secara makna : Golongan yang berusaha untuk berpegang dan mengikuti jejak Rasul & para sahabat, dan terus menerus berpegang kepada Al- Quran dan Sunnah. وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة، قيل : من هي يا رسول الله؟ قال : من كان على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وفي بعض الروايات “..umat ini (Islam) akan terpecah menjadi 73 golongan. Semuanya di neraka kecuali 1 (satu) golongan (yang selamat). Nabi ditanya, "Siapa dia ya Rasulullah?" Nabi menjawab, "Yaitu golongan yang seperti aku dan para Sahabatku.. “ (HR.Abu Dawud)

10 Paham Ahli Sunnah wal Jama’ah  Iman : percaya dalam hati, diucapkan dengan lisan dan mengamalkan apa yang diyakini dan diucapkan.  Orang islam yang berbuat dosa besar dan hingga matinya belum bertaubat, hukumnya adalah mukmin yang melakukan maksiat. Ia akan dihisab di neraka dan punya harapan masuk surga.  Semua perbuatan, Allah swt mengadakan atau meniadakan, hanya Allah swt yang tahu.

11 Referensi 1. Zainal.syahmaini,kuliah aqidah islam,Al-ikhlas,Surabaya 2. Yasir.ali,Aqidah islam,1988,Yayasan perguruan islam republik indonesia 3. Asmuni.yusran,ilmu tauhid,1993,citra niaga rajawali 4. Zainuddin,ilmu tauhid lengkap,1992,jakarta,Rineka cita


Download ppt "). MU’TAZILAH Kaum yang berpaham bahwa :  Tuhan tidak memiliki sifat dan tidak bisa dilihat dengan mata dalam surga.  Manusia berusaha dan menentukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google