Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NILAI DAN VEKTOR EIGEN. DEFINISI Jika A adalah sebuah matriks n x n, maka sebuah vektor yang tak nol x di dalam R n dinamakan sebuah vektor eigen (eigen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NILAI DAN VEKTOR EIGEN. DEFINISI Jika A adalah sebuah matriks n x n, maka sebuah vektor yang tak nol x di dalam R n dinamakan sebuah vektor eigen (eigen."— Transcript presentasi:

1 NILAI DAN VEKTOR EIGEN

2 DEFINISI Jika A adalah sebuah matriks n x n, maka sebuah vektor yang tak nol x di dalam R n dinamakan sebuah vektor eigen (eigen vector) dari A jika Ax adalah kelipatan skalar dari x; yakni Ax = λ x Untuk suatu skalar λ. Skalar λ dinamakan nilai eigen (eigen value) dari A dan x dikatakan sebuah vektor eigen yang bersesuaian dengan λ. Persamaan karakteristik dari A : det (λI – A) = 0

3 MENENTUKAN BASIS UNTUK RUANG EIGEN Vektor-vektor eigen matriks A yang terkait dgn sebuah nilai eigen λ adalah vektor-cektor tak nol x yang memenuhi persamaan Ax = λ x. Dengan kata lain, vektor-vektor eigen yang terkait dengan adalah vektor-vektor tak nol di dalam ruang solusi ( λ I – A)x = 0. Kita menyebut ruang solusi ini sebagai ruang eigen (eigenspace) dari matriks A yang terkait dengan λ.


Download ppt "NILAI DAN VEKTOR EIGEN. DEFINISI Jika A adalah sebuah matriks n x n, maka sebuah vektor yang tak nol x di dalam R n dinamakan sebuah vektor eigen (eigen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google