Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIAGRAM GRAF By: Asriadi Pertemuan 11. Pendahuluan Graf adalah suatu struktur diskrit yang terdiri dari vertex dan sisi, dimana sisi menghubungkan vertex-vertex.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIAGRAM GRAF By: Asriadi Pertemuan 11. Pendahuluan Graf adalah suatu struktur diskrit yang terdiri dari vertex dan sisi, dimana sisi menghubungkan vertex-vertex."— Transcript presentasi:

1 DIAGRAM GRAF By: Asriadi Pertemuan 11

2 Pendahuluan Graf adalah suatu struktur diskrit yang terdiri dari vertex dan sisi, dimana sisi menghubungkan vertex-vertex yang ada. Berdasarkan tingkat kompleksitasnya, graf dibagi menjadi dua bagian, yaitu simple graf dan multigraf. Simpel graf tidak mengandung sisi paralel (lebih dari satu sisi yang menghubungkan dua vertex yang sama).

3 Berdasarkan arahnya graf dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu graf berarah dan graf tidak berarah. Graf berarah memperhatikan arah sisi yang menghubungkan dua vertex, sedangkan graf tidak berarah tidak memperhatikan arah sisi yang menghubungkan dua vertex.

4 Komponen Graf Alokasi Sumber Daya Graf alokasi sumber daya mempunyai komponen- komponen layaknya graf biasa. Hanya saja dalam graf alokasi sumber daya ini, vertex dibagi menjadi 2 jenis yaitu: 1.Proses P= {P0, P1, P2, P3,..., Pi,..., Pm}. Terdiri dari semua proses yang ada di sistem. Untuk proses, vertexnya digambarkan sebagai lingkaran dengan nama prosesnya. 2.Sumber daya R= {R0, R1, R2, R3,..., Rj,..., Rn}. Terdiri dari semua sumber daya yang ada di sistem. Untuk sumber daya, vertexnya digambarkan sebagai segi empat dengan instans yang dapat dialokasikan serta nama sumber dayanya.

5 Sisi, E={Pi-> Rj,, Rj-> Pi, } terdiri dari dua jenis, yaitu: 1.Sisi permintaan: Pi -> Rj Sisi permintaan menggambarkan adanya suatu proses Pi yang meminta sumber daya Rj. 2.Sisi alokasi: Rj -> Pi. Sisi alokasi menggambarkan adanya suatu sumber daya Rj yang mengalokasikan salah satu instansnya pada proses Pi.

6 Proses Pi Meminta sumber daya Rj

7 Sumber daya Rj yang mengalokasikan salah satu

8 Pendeteksian Deadlock Untuk mengetahui ada atau tidaknya deadlock dalam suatu graf dapat dilihat dari perputaran dan resource yang dimilikinya, yaitu: 1.Jika tidak ada perputaran berarti tidak deadlock. 2.Jika ada perputaran, ada potensi terjadi deadlock. 3.Resource dengan instan tunggal dan perputaran mengakibatkan deadlock.

9 Pencegahan Deadlock Algoritma ini dapat dipakai untuk mencegah deadlock jika sumber daya hanya memiliki satu instans. Pada algoritma ini ada komponen tambahan pada sisi yaitu claimed edge. Sama halnya dengan sisi yang lain, claimed edge menghubungkan antara sumber daya dan vertex.

10 Graf alokasi sumber daya dalam status aman


Download ppt "DIAGRAM GRAF By: Asriadi Pertemuan 11. Pendahuluan Graf adalah suatu struktur diskrit yang terdiri dari vertex dan sisi, dimana sisi menghubungkan vertex-vertex."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google