Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sensor Temperatur Kelompok 3 --Miki tri susanto1102480 --Rakman endro Hutabarat1102507 --Robby cahyadinata1102498 --Bobi candra1106961 --Lilis surya hartono1102445.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sensor Temperatur Kelompok 3 --Miki tri susanto1102480 --Rakman endro Hutabarat1102507 --Robby cahyadinata1102498 --Bobi candra1106961 --Lilis surya hartono1102445."— Transcript presentasi:

1 Sensor Temperatur Kelompok 3 --Miki tri susanto Rakman endro Hutabarat Robby cahyadinata Bobi candra Lilis surya hartono

2 Thermistor—thermal resistor Thermistor atau thermal resistor adalah suatu jenis resistor yang sensitive terhadap perubahan suhu. Prinsipnya adalah memberikan perubahan resistansi yang berbanding terbalik dengan perubahan suhu. Perubahan resistansi yang besar terhadap perubahan suhu yang relatif kecil menjadikan termistor banyak dipakai sebagai sensor suhu yang memiliki ketelitian dan ketepatan yang tinggi.

3 Sambungan….. Fungsi : mengubah stimulasi suhu menjadi resistansi/hambatan listrik yang berbanding terbalik dengan perubahan suhu. Thermistors dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, resistansi meningkat dengan meningkatnya suhu, dan perangkat yang disebut koefisien temperatur positif ( PTC ) thermistor, atau posistor. Jika negatif, resistensi menurun dengan meningkatnya suhu, dan perangkat yang disebut koefisien suhu negatif ( NTC ) termistor.

4 Karakteristik Thermistor Sifat dan karakteristik resistan dalam proses pembagian arus dan tegangan digunakan dalam cara kerja sensor. Semakin tinggi temperatur maka resistansi akan semakin mengecil. Hal inilah yang digunakan sensor untuk membagi arus dan tegangan.

5 Sambungan…

6 Thermistor pada EFI

7 Engine Coolant Temperature (ECT) Sensor

8 Sambungan… ECT merespon perubahan Suhu Cairan Pendingin Engine. Dengan mengukur pendingin mesin suhu, ECM tahu suhu rata-rata mesin. ECT biasanya terletak di bagian pendingin sebelum thermostat. ECT Sensor sangat penting bagi ECM untuk injeksi bahan bakar. ECT Selalu memeriksa mesin berada pada suhu kerja dan ECT secara akurat melaporkan suhu sampai ECM.

9 Intake Air Temperature (IAT) Sensor

10 Sambungan… IAT mendeteksi suhu dari aliran udara yang masuk. Pada kendaraan yang dilengkapi dengan ebuah MAP Sensor, IAT ini terletak di sebuah saluran udara intake. Pada Aliran Massa Air dilengkapi sensor kendaraan, IAT adalah bagian dari sensor MAF. IAT ini digunakan untuk mendeteksi suhu lingkungan pada saat dingin dan suhu udara yang masuk ke mesin.

11 Exhaust Gas Recirculation (EGR) Sensor Suhu

12 Sambungan… Sensor Suhu EGR mengukur suhu dari gas buang katup EGR membuka Ketika peningkatan suhu, Dari peningkatan suhu, ECM tahu katup EGR terbuka dan gas buang yang mengalir.

13 Operation Temperatur Sensor Ketika sensor dingin, perlawanan dari sensor adalah tinggi, dan sinyal tegangan tinggi. Ketika sensor menghangat, tetes resistensi dan penurunan sinyal tegangan. Dari tegangan sinyal, ECM dapat menentukan suhu pendingin, udara masuk, atau gas buang suhu. Kawat ground dari sensor suhu selalu di ECU biasanya terminal E2

14 Sambungan…

15 Sambungan lagi … Temperature Sensor Diagnostics Temperature sensor circuits are tested for: opens. shorts. available voltage. sensor resistance.

16 Masih Sambungan… Daftar data Diagnostik dapat mengungkapkan jenis masalah. Rangkaian terbuka (resistensi tinggi) akan membaca suhu terdingin mungkin. Sebuah sirkuit korsleting (resistansi rendah) akan membaca tertinggi suhu. Tujuan prosedur diagnostik adalah untuk mengisolasi dan mengidentifikasi sensor suhu dari sirkuit dan ECM

17 Sambungan (juga)... Resistensi yang tinggi di sirkuit suhu akan menyebabkan ECM untuk berpikir bahwa suhu lebih dingin daripada yang sebenarnya. Misalnya,Ketika mesin menghangat, resistensi ECT menurun, tetapi resistensi ekstra yang tidak diinginkan dalam rangkaian akan menghasilkan sinyal drop tegangan yang lebih tinggi. Ini akan paling mungkin diperhatikan saat mesin telah mencapai suhu operasi. Perhatikan bahwa di atas akhir skala suhu / perlawanan, resistensi ECT berubah sangat sedikit. Ekstra perlawanan di suhu tinggi dapat menyebabkan ECM untuk berpikir suhu mesin adalah sekitar 20'F = 30'F lebih dingin dari suhu yang sebenarnya. Hal ini akan menyebabkan performa mesin yang buruk, ekonomi bahan bakar, dan mungkin mesin overheating.

18 Jadi….. Temperatur sensor pada Engine yang menggunakan EFI bertujuan untuk mencegah performa mesin yang buruk, pemborosan bahan bakar, dan mencegah mesin overheating.

19 Akhirnya …. Thank you Merci Tarimo kasih Horas-Mauliate Matur suwun


Download ppt "Sensor Temperatur Kelompok 3 --Miki tri susanto1102480 --Rakman endro Hutabarat1102507 --Robby cahyadinata1102498 --Bobi candra1106961 --Lilis surya hartono1102445."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google