Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEFINISI DAN KONSEP MANAJEMEN, PARADIGMA MANAJEMEN YANG BERUBAH PERTEMUAN 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEFINISI DAN KONSEP MANAJEMEN, PARADIGMA MANAJEMEN YANG BERUBAH PERTEMUAN 1."— Transcript presentasi:

1 4/20/2015muliati@stmik-mdp.net1 DEFINISI DAN KONSEP MANAJEMEN, PARADIGMA MANAJEMEN YANG BERUBAH PERTEMUAN 1

2 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net2 Definisi Manajemen Mary Parker Follett, para manajer mencapai tujuan organisasi dengan cara mengatur orang lain untuk melaksanakan tugas apa saja yang mungkin diperlukan untuk mencapai tujuan –bukan dengan cara melaksanakan sendiri pekerjaan itu. Peter Drucker, pekerjaan manajer adalah untuk memberikan arahan pada organisasi, memimpin dan memutuskan bagaimana harusnya menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen (management), pencapaain tujuan organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya organisasi

3 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net3 Perencanaan Menentkan tujuan dan cara untuk mencapainya Pengorganisasian Memberikan tanggung jawab untuk penyelesaian Kepemimpinan Menggunakan pengaruh untuk meotivasi karyawan Pengendalian Memonitor aktivitas dan melakukan koreksi Sumber Daya: Manusia Keuangan Bahan mentah Teknologi Informasi Kinerja: Mencapai tujuan tugas Produk Pelayanan Efisiensi Efektivitas PROSES/FUNGSI MANAJEMEN

4 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net4 Fungsi Organisasi Sebagai alat untuk mencapai tujuan. Sebagai alat untuk melestarikan pengetahuan. Sebagai sumber karir.

5 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net5 Peran manajer: Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain. Manajer bertindak sebagai saluran komunikasi di dalam organisasi. Manajer bertanggung jawab dan bertanggung gugat. Manajer menyelaraskan tujuan-tujuan yang saling bertentangan dan menentukan prioritas. Manajer harus berpikir secara analitis dan konseptual. Manajer adalah politikus. Manajer adalah diplomat. Manajer merupakan simbol. Manajer mengambil keputusan yang sukar.

6 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net6 Menurut Peter Drucker; Prestasi manajer dapat diukur dalam dua konsep: Efisiensi, melakukan kerja dengan benar Efektivitas, melakukan pekerjaan dengan benar.

7 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net7 Jenis-jenis Manajer: Berdasarkan tingkatan Manajemen. Berdasarkan lingkup kegiatan organisasi yang menjadi tanggung jawabnya.

8 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net8 Berdasarkan Tingkatan Manajemen (Perbedaan Vertikal) Manajer Lini-Pertama. Manajer Menengah/Madya. Manajer Puncak.

9 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net9 Tingkatan-tingkatan Manajemen Manajemen Tingkat Menengah Manajemen Tingkat Puncak Manajemen Tingkat Pertama atau Supervisi Manajemen Non-Supervisi

10 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net10

11 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net11 Berdasarkan lingkup kegiatan organisasi yang menjadi tanggung jawabnya (Perbedaan Horizontal): Manajer Fungsional. Manajer Umum.

12 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net12 Keterampilan dasar yang dibutuhkan manajer (Robert L. Katz): Keterampilan teknis (technical skill). Keterampilan manusiawi (human skill). Keterampilan Konseptual (conceptual skill)

13 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net13 MANAJEMEN LINI PERTAMA Konseptual Manusiawi Teknik MANAJEMEN MENENGAH Konseptual Manusiawi Teknik MANAJEMEN PUNCAK Konseptual Manusiawi Teknik

14 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net14 1.Monitor : mencari dan menerima informasi, mengamati dan melaporkan, mempertahankan kontak personal. 2.Desiminator : menyebarkan informasi kepada anggota organisasi, mengirim memo dan laporan dan membuat kontak telepon. 3.Spokesperson : memberikan informass kepada pihak luar melalui pidato, laporan berkala dan memo. 4.Figurhead : melakukan tugas seremonial & tugas simbolik, menandatangani dokumen dan menerima tamu. 5.Pemimpin : mengarahkan dan memotivasi bawahan, melatih, memberikan bimbingan dan komunikasi. PERAN PEMIMPIN :

15 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net15 6. Liason manager : mempertahankan hubungan informasi baik ke luar maupun ke dalam organisasi menggunakan surat, telp & pertemuan. 7.Entrepreneur : mengembangkan proyek baru, ide baru dan mengembangkan organisasi 8.Pengendali masalah : mengambil tindakan korektif dan pemecahan masalah dalam keadaan krisis 9.Pembagi sumberdaya : membagikan sumber daya berupa keuntungan organisasi kepada yang berhak,menetapkan pendanaan, jadwal, dan menetapkan prioritas. 10.Negosiator : mewakili orgnss dalam negosiasi, seperti kontrak-kontrak, kerjasama, pembelian barang dan penetapan keuangan.

16 4/20/2015ratnaj@stmik-mdp.net16 Manajemen dan Lingkungan Kerja Baru Tempat Kerja lamaLingkungan Kerja Baru Karakteristik Sumber Daya Pekerjaan Pekerja Atom-aktiva fisik Terstruktur, terlokalisasi Pekerja yang bergantung pada yang lain Bit-informasi Fleksibel, maya Pekerja yang telah diberdayakan, agen bebas Kekuatan Pada Organisasi Teknologi Pasar Tenaga Kerja Nilai Peristiwa Mekanis Lokal, Domestik Homogen Stabilitas, Efisiensi Tenang, dapa diprediksi Digital, e-business Global, termasuk internet Beraneka ragam Perubahan, kecepatan Berubah-ubah, lebih sering terjadi krisis Kompetensi Manajemen Kepemimpinan Fokus MelakukanPekerjaan Hubungan Desain Otoriter Laba Secara Individu Konflik, kompetensi Kinerja yang efisien Tersebar, memberdayakan Hubungan dengan pelanggan,karyawan Melalui tim Kolaborasi, kerjasama Uji coba (eksperimen) Organisasi pembelajaran


Download ppt "DEFINISI DAN KONSEP MANAJEMEN, PARADIGMA MANAJEMEN YANG BERUBAH PERTEMUAN 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google