Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KHOLIFATUNIKMAH, 7101406624 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KHOLIFATUNIKMAH, 7101406624 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti."— Transcript presentasi:

1 KHOLIFATUNIKMAH, Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : KHOLIFATUNIKMAH - NIM : PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Akuntansi) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi - nikmah pada domain emka.web.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Subowo, M.Si. - PEMBIMBING 2 : Agung Yulianto, S.Pd., M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen

4 Abstrak Berdasarkan hasil observasi awal di SMK Bhakti Nusantara Mranggen, diperoleh data bahwa nilai ulangan harian kelas X tahun ajaran 2008/2009 dengan nilai KKM yaitu 65 dan nilai ulangan harian kelas X tahun ajaran 2009/2010 dengan nilai KKM yaitu 70 rata-rata siswa belum tuntas dalam belajarnya. Hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar adalah media pembelajaran. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi peserta didik melalui proses pembelajaran berbantuan macromedia flash dengan menggunakan metode konvensional? (2) Apakah penggunaan media pembelajaran berbantuan Macromedia Flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi di SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen Design pada siswa kelas X Akuntansi SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Siswa kelas X akuntansi 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan siswa kelas Xakuntansi 2 sebagai kelompok kontrol. Prosedur penelitian ini meliputi persiapan, penyusunan instrumen, uji coba instrumen, dan pelaksanaan penelitian. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan Program SPSS 16. Berdasarkan hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai t pada equal variances not assumed untuk hasil belajar siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran berturut-turut adalah -2,397 dan 2,203 dengan sig. 2 tailed 0,021 dan 0,033. Karena nilai sig. 2 tailed<0,05 maka ada perbedaan hasil belajar akuntansi. Sedangkan hasil uji paired sample t-test nilai hasil belajar akuntansi dilihat dari nilai sig.2 tailed sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran berturut-turut adalah 0,032 dan 0,041. Karena nilai sig.2 tailed < 0,05 maka ada kesamaan efektivitas proses pembelajaran berbantuan macromedia flash dan metode konvensional.Rata-rata tanggapan siswa terhadap pemanfaatan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada materi akuntansi perusahaan dagang diperoleh dari angket yang telah diberikan kepada siswa sebesar 76,24%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar dan efektivitas pembelajaran berbantuan Macromedia Flash dan metode konvensional siswa kelas X SMK Bhakti Nusantara Mranggen. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah guru akuntansi dapat menggunakan media pembelajaran berbantuan macromedia flash sebagai alternatif dalam memilih strategi pembelajaran akuntansi.

5 Kata Kunci Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash dan Hasil Belajar.

6 Referensi Anni, Chatarina Tri Psikologi Belajar. Semarang : UPT. UNNES Press. Arikunto, Suharsimi Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, azhar Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Candra Jam Belajar Interaktif Flash Profesional 8 untuk Orang Awam. Palembang: Maxicom. Hamalik, Oemar Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Khaqim, Nurul Perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media visual berbasis macromedia flash MX dalam pembelajaran mata diklat kearsipan pada kelas XI jurusan Administrasi perkantoran SMK N 1 Boyolali. Semarang. FE UNNES. Lestari, Indah Pengaruh pemanfaatan software macromedia flash mx sebagai mediachemo-edutainment (CET) pada pembelajaran dengan pendekatan chemo-entrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar kimia siswa sma pokok materi sistem koloid. Semarang. FMIPA UNNES. Nurlaili, Lili Metode metode pembelajaran. metode pembelajaran. (23 Agustus 2010) Pardianto, Bambang Program Bantu Pembelajaran Instalasi Jaringan Komputer. Semarang: PTE UNNES. Pidarta, Made Landasan Pendidikan:Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. Purwanto Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Ratnawati “Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Media Pembelajaran Microsoft Powerpoint (Penelitian Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah I Surakarta, Tahun Ajaran 2009/2010)”. Surakarta: FKIPUMS. Rosari, Renanti Winong Mahir 7 Hari Macromedia Flash Profesional 8. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Rudianto Pengantar Akuntansi. Jakarta: Erlangga. PT. Gelora Aksara Pratama. Salim, Sambas Konsep efektivitas pembelajaran. html. (29 Agustus 2010) Santoso, Singgih Panduan Lengkap Menguasai Statistik dengan SPSS 17. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Slameto Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Somantri, Hendi Memahami Akuntansi SMK Seri A. Bandung: Armico. Sudjana, Nana dan Achmad Rivai Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Suparno, Supaenah Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. Syahbana, Rabian Tugas Akhir Eksperimental Evaluasi Program. (11 oktober 2010). Warsita, Bambang Teknologi Pembelajaran, Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Widada Mudah Membuat Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif Untuk Guru Dan Profesional. Yogyakarta: Widyatama.

7 Terima Kasih


Download ppt "KHOLIFATUNIKMAH, 7101406624 Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi di SMK Bhakti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google