Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEPEMIMPINAN KEKUASAAN DAN WEWENANG DALAM KEPEMIMPINAN KEKUASAAN :  Meliputi kemampuan untuk menggerakkan sumber, mendapatkan dan menggunakan sumber.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEPEMIMPINAN KEKUASAAN DAN WEWENANG DALAM KEPEMIMPINAN KEKUASAAN :  Meliputi kemampuan untuk menggerakkan sumber, mendapatkan dan menggunakan sumber."— Transcript presentasi:

1

2 KEPEMIMPINAN

3 KEKUASAAN DAN WEWENANG DALAM KEPEMIMPINAN KEKUASAAN :  Meliputi kemampuan untuk menggerakkan sumber, mendapatkan dan menggunakan sumber apa saja yang diperlukan orang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. WEWENANG :  Meliputi penggunaan kekuasaan terutama yang berhubungan dengan posisi.

4 BENTUK-BENTUK KEKUASAAN  COERCIVE POWER “kekuasaan yang didasarkan atas rasa takut”  REWARD POWER “kekuasaan yang didasarkan atas harapan, menerima pujian, penghargaan, atau pendapatan bagi terpenuhi- nya permintaan seorang pemimpin”  LEGITIMATE POWER “kekuasaan yang diperoleh dari posisi seseorang dalam kelompok atau hirarki keorganisasian”

5 BENTUK-BENTUK KEKUASAAN  EXPERT POWER “kekuasaan yang diperoleh seorang pemimpin karena memiliki keterampilan, keahlian, atau pengetahuan tertentu yang tidak dimiliki pengikutnya”  REFERENT POWER “kekuasaan yang dimiliki seseorang pemimpin karena memiliki daya tarik tertentu atau kharisma”

6 KEPEMIMPINAN? KEPEMIMPINAN ADALAH : “PROSES KEGIATAN SESEORANG DLM MEMIMPIN, MEMBIMBING, MEMPENGARUHI ATAU MENGONTROL PIKIRAN, PERASAAN / TINGKAH LAKU ORANG LAIN” KEPEMIMPINAN ADALAH : “SENI MENGKOORDINASI DAN MEMBERI ARAH KPD INDIVIDU ATAU KELOMPOK UTK MENCAPAI TUJUAN YG DIINGINKAN”.

7 2 PANDANGAN TTG KEPEMIMPINAN PANDANGAN TENTANG ASAL-USUL KEPMIMPINAN : 1. PEMIMPIN DILAHIRKAN (LEADERS ARE BORN) 2. PEMIMPIN DIBENTUK & DITEMPA (LEADERS ARE MADE KESIMPULAN YG DPT DITARIK : 1. SESEORANG SECARA GENETIKA MEMILIKI BAKAT KEPEMIMPINAN 2. BAKAT TSB DIPUPUK DAN DIKEMBANGKAN MELALUI KESEMPATAN 3. DITOPANG OLEH PENGETAHUAN TEORI YG DIPEROLEH DARI PENDIDIKAN & LATIHAN.

8 Sepuluh peran pemimpin : 1.Monitor : mencari dan menerima informasi, mengamati dan melaporkan, mempertahankan kontak personal. 2.Desiminator : menyebarkan informs krpada anggota organiss, mengirim memo dan laporan dan membuat kontak telp. 3.Spokesperson : memberikan informs kpd pihak luar melalui pidato, lap berkala dan memo. 4.Figurhead : melakukan tgs seremonial & tugas simbolik, spti menandatangani dokumen dan menerima tamu. 5.Pemimpin : mengarahkan dan memotivasi bawahan, melatih, memberikan bimbingan dan komunikasi.

9 6.Liason manager : mempertahankan hub. informs baik ke luar maupun ke dlm organisasi menggunakan surat, telp & pertemuan. 7.Entrepreneur : mengembangkan proyek baru, ide baru dan mengembangkan organisasi 8.Pengendali masalah : mengambil tindakan korektif dan pemecahan masalah dlm keadaan krisis 9. Pembagi sumberdaya : membagikan sd berupa keuntungan orgnss kpd yg berhak, menetapkan pendanaan, jadwal, dan menetapkan prioritas. 10.Negosiator : mewakili orgnss dlm negosiasi, spti kontrak- kontrak, kerjasama, pembelian brg dan penetapan keuangan.

10 CIRI PEMIMPIN YG EFEKTIF Memiliki inteligensi atau kecerdasan Memiliki kepribadian memiliki ciri fisik tertentu memiliki kemampuan supervisi “ Menentukan efektifitas pemimpin dari segi ciri (teori ciri) tidak semuanya tepat (masih diperdebatkan !), para ahli lebih percaya bahwa pemimpin yang efektif tergantung pada situasi yang cocok”.

11 KISI MANAJERIAL ; perilaku pemimpin BA CD X Perhatian Terhadap Orang Perhatian thd Produksi A : Perhatian thd orang tinggi-thd produksi rendah B : Perhatian thd orang dan produksi tinggi C : Perhatian thd orang dan produksi rendah D : Perhatian thd orang rendah-thd produksi tinggi X :Perhatian sedang thd orang & produksi

12 TUGAS KELOMPOK !  TUGAS : BUAT RANGKUMAN MENGENAI BEBERAPA TEORI KEPEMIMPINAN.  SATU KELOMPOK : 3 – 5 ORANG  DIKETIK RAPI, TIDAK USAH DIJILID  WAKTU : 2 MINGGU


Download ppt "KEPEMIMPINAN KEKUASAAN DAN WEWENANG DALAM KEPEMIMPINAN KEKUASAAN :  Meliputi kemampuan untuk menggerakkan sumber, mendapatkan dan menggunakan sumber."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google