Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Motif & Motivasi Kelompok 1 Irma Riswanti(0901365) Intan Nur Oktania(0906439) Ridha Rinanda(0906718) Galih Septian(0906720) Widya Astuti(0907177) Wina.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Motif & Motivasi Kelompok 1 Irma Riswanti(0901365) Intan Nur Oktania(0906439) Ridha Rinanda(0906718) Galih Septian(0906720) Widya Astuti(0907177) Wina."— Transcript presentasi:

1

2 Motif & Motivasi Kelompok 1 Irma Riswanti( ) Intan Nur Oktania( ) Ridha Rinanda( ) Galih Septian( ) Widya Astuti( ) Wina Martiana( ) …Psikologi Pendidikan…

3 Dalam disiplin ilmu psikologi, motif dan motivasi mengacu pada konsep yang digunakan untuk menerangkan kekuatan-kekuatan yang ada dan bekerja pada diri organisme atau individu yang menjadi penggerak dan pengarah tingkah laku individu tersebut.

4 Pengertian Motif

5 Motif adalah keadaan dalam pribadi orang yang mendorong individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai suatu tujuan. Motif adalah keadaan dalam diri subjek didik yang mendorongnya untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu.

6 Aspek-aspek yang Ada dalam Motif Motif Fisiologis, Motif Pengamanan, Motif Persaudaraan dan Kasih Sayang, Motif Harga Diri, Motif Aktualisasi Diri.

7 Pengertian Motivasi

8 Istilah motivasi (motivation) berasal dari bahasa latin, yakni movere, yang berarti “menggerakan” (to move). Ada tiga point penting dalam pengertian motivasi yaitu hubungan antara kebutuhan, dorongan dan tujuan. Kebutuhan muncul karena adanya sesuatu yang kurang dirasakan oleh seseorang, baik fisologis maupun psikologis.

9 Aspek-aspek yang Ada dalam Motivasi  Aspek fisik,  Aspek psikis,  Aspek sosial,  Aspek moral,  Aspek seksual,  Aspek keluarga,  Aspek diri secara keseluruhan.

10 Beberapa Cara Pengukuran dan Usaha Peningkatan Kekuatan Motivasi Kerja dan Belajar Durasinya kegiatan; Frekuensinya kegiatan; Persistensinya (ketetapan dan kelekatannya); Ketabahan, keuletan, dann kemampuannya dalam menghadapi rintangan dan kesulitan Devosi (pengabdian); Tingkatan aspirasinya; Tingkatan kualifikasi prestasi atau output yang dicapai dari kegiatannya; Arah sikapnya terhadap sasaran kegiatan;

11 Hubungan Motivasi dengan Motif, Desakan, dan Kebutuhan Motif atau motive adalah dorongan yang terarah kepada pemenuhan kebutuhan psikis atau ruhaniah. Kebutuhan atau need merupakan suatu keadaan dimana individu merasakan adanya kekurangan, atau ke-tidakada-an sesuatu yang diperlukannya. Desakan atau drive diartikan sebagai dorongan yang diarahkan kepada pemenuhan kebutuhan-kebutuhan jasmaniah. Meskipun ada variasi makna, ketiga hal tersebut sangat bertalian erat dan sulit dipisahkan, dan semuanya termasuk suatu kondisi yang mendorong individu melakukan kegiatan, kondisi tersebut disebut motivasi.

12 Implikasi Motif dan Motivasi dalam Psikologi Pendidikan Implikasi motif dan motivasi dalam psikologi pendidikan, khususnya dalam belajar adalah guna berperan untuk menetapkan kebutuhan dan motivasi murid-murid berdasarkan tingkah laku mereka yang tampak, masalah bagi guru ialah bagaimana menggunakan motives (motifvasi) dan needs (kebutuhan) murid untuk mendorong mereka belajar mencapai tujuan pendidikan. Dalam usaha mencapai tujuan itu, diharapkan ada perubahan tingkah laku. Karena itu, tugas guru ialah memotivasi murid untuk belajar demi tercapainya tujuan yang diharapkan, serta di dalam proses memperoleh tingkah laku yang diinginkan.

13 Kesimpulan Motif merupakan sebab-sebab yang menjadi dorongan tindakan seseorang. Dari pengertian motif tersebut dapat diturunkan pengertian motivasi sebagai sesuatu yang pokok yang menjadi dorongan seseorang untuk bekerja. Dengan demikian motivasi merupakan suatu kondisi yang terbentuk dari berbagai tenaga pendorong yang berupa desakan (drive), motif dan kebutuhan (need).

14 THANK YOU … ^_^


Download ppt "Motif & Motivasi Kelompok 1 Irma Riswanti(0901365) Intan Nur Oktania(0906439) Ridha Rinanda(0906718) Galih Septian(0906720) Widya Astuti(0907177) Wina."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google