Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KONSEP WARNA & MATERIAL Pertemuan 17 – 18 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KONSEP WARNA & MATERIAL Pertemuan 17 – 18 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008."— Transcript presentasi:

1

2 KONSEP WARNA & MATERIAL Pertemuan 17 – 18 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008

3 Bina Nusantara University 3 KONSEP WARNA & MATERIAL Tiap material memiliki karakter warna dan tekstur tertentu, yang mempengaruhi karakter ruang secara keseluruhan. Material terbagi menjadi dua bagian, yaitu hard material dan soft material (soft furnishing).

4 Bina Nusantara University 4 KONSEP WARNA Pada dasarnya, konsep warna terdiri dari komposisi yang berupa : -Susunan warna perulangan -Susunan warna selaras -Susunan warna kontras Sumber : Warna, Teori dan Kreativitas Penggunaannya, oleh Sulasmi Darmaprawira W.A.

5 Bina Nusantara University 5 SUSUNAN WARNA PERULANGAN Pengulangan warna artinya menggunakan warna yang sama lebih dari sekali yang diatur pada tempat yang berbeda, pada sebuah komposisi. Pengulangan adalah prinsip yang paling sederhana.

6 Bina Nusantara University 6 SUSUNAN WARNA PERULANGAN

7 Bina Nusantara University 7 SUSUNAN WARNA PERULANGAN

8 Bina Nusantara University 8 SUSUNAN WARNA PERULANGAN

9 Bina Nusantara University 9 SUSUNAN WARNA SELARAS Komposisi warna selaras adalah kombinasi warna yang memiliki keharmonisan, memiliki kesamaan unsur penyusun warnanya.

10 Bina Nusantara University 10 SUSUNAN WARNA SELARAS Komposisi warna selaras dapat dicapai dengan menggunakan komposisi warna monotone, monochrome maupun analogus. Komposisi warna selaras juga dapat dihasilkan dari komposisi warna kontras sekalipun, dengan menambahkan unsur yang sama pada warna-warna tersebut. Misalnya menambahkan unsur putih (lightness) sehingga menjadi warna pastel.

11 Bina Nusantara University 11 SUSUNAN WARNA SELARAS : MONOTONE TONE (nada) Yaitu penambahan abu-abu pada sebuah warna dengan intensitas penuh Jadi komposisi warna monotone didapat dari penambahan abu-abu pada beberapa warna yang berbeda, sehingga menghasilkan keselarasan.

12 Bina Nusantara University 12 SUSUNAN WARNA SELARAS : MONOTONE

13 Bina Nusantara University 13 SUSUNAN WARNA SELARAS : MONOCHROME CHROMA (SATURATION) Yaitu atribut yang menunjukkan kemurnian atau intensitas relatif suatu warna, karena penambahan abu-abu. Jadi komposisi warna monochrome didapat dari penambahan abu-abu dengan intensitas berbeda pada sebuah warna.

14 Bina Nusantara University 14 SUSUNAN WARNA SELARAS : MONOCHROME

15 Bina Nusantara University 15 SUSUNAN WARNA SELARAS : ANALOGUS Komposisi warna analogous disebut juga dengan keselarasan polikhromatik. Yaitu campuran warna-warna yang berasal dari campuran warna murni, dicampur dalam salah satu dari deret intensitas (poly berarti banyak).

16 Bina Nusantara University 16 SUSUNAN WARNA SELARAS : ANALOGUS

17 Bina Nusantara University 17 SUSUNAN WARNA KONTRAS Komposisi warna selaras adalah kombinasi warna yang letaknya saling berseberangan dalam colour wheel.

18 Bina Nusantara University 18 SUSUNAN WARNA KONTRAS : KOMPLEMENTER

19 Bina Nusantara University 19 SUSUNAN WARNA KONTRAS : SPLIT KOMPLEMENTER

20 Bina Nusantara University 20 SUSUNAN WARNA KONTRAS : TRIADS

21 Bina Nusantara University 21 SUSUNAN WARNA KONTRAS : TETRAD

22 Bina Nusantara University 22 KONSEP WARNA Konsep warna juga dapat menjelaskan kualitas warna yang lain seperti : -Intensitas warna -Saturasi -Temperatur warna -Ekstensi

23 Bina Nusantara University 23 KONSEP MATERIAL Selain warna, konsep material juga dapat menjelaskan kualitas lain seperti : -Alami/ buatan -Matte/ glossy -Kasar/ halus -Ringan/ berat -Transparan/ pekat -Berurat/ berbintik/ polos -Dll.

24 Bina Nusantara University 24 KONSEP MATERIAL : HARD MATERIAL Contoh material alami : marmer, granit, kayu sungkai, koral sikat, parquette, dll. Contoh material buatan : granito, solid surface, HVL (high value laminate), PVC, dll.

25 Bina Nusantara University 25 KONSEP MATERIAL : SOFT MATERIAL Contoh jenis kain : Batik, Jacquard, Silk, Satin, Damask, Wool, Kulit asli, Kulit sintetis, Lace, Tapestry, Chenille, Taffeta, Linen, Katun, dll.

26 Bina Nusantara University 26 TERIMA KASIH


Download ppt "KONSEP WARNA & MATERIAL Pertemuan 17 – 18 Matakuliah: R0624/ PERANCANGAN RUANG DALAM Tahun: 2008."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google