Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN KOMPUTER PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, & GENERASI KOMPUTER Dasar Komputer Derry Alamsyah, S.Si Slide by Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN KOMPUTER PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, & GENERASI KOMPUTER Dasar Komputer Derry Alamsyah, S.Si Slide by Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN KOMPUTER PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, & GENERASI KOMPUTER Dasar Komputer Derry Alamsyah, S.Si Slide by Renni Angreni, S.Kom.

2 Apa Itu Komputer ???

3 Pengertian Komputer 1. Menurut Robert H. Blissmer Komputer adalah alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut : Menerima input, Memproses input tadi sesuai dengan programnya, Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan itu, dan Menyediakan output dalam bentuk informasi.

4 2. Menurut Donald H. Sanders Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang untuk mengorganisasikannya agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan dalam memori (stored program).

5 3. Menurut V.C Hamacher, Z.G Vranesic, Zaky Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output berupa informasi.

6 4. Menurut William M. Fouri Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia dalam mengoperasikannya selama pemrosesan. 5. Menurut Gordon B. Davis Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

7 Sejarah Komputer Th 1617 John Napier dari Skotlandia menemukan Napier’s Bones. Th 1621 William Oughtred dari Inggris menemukan Slide Rules. Th 1642 Pascal dari Perancis menemukan Pascal’s Arithmetic Machine. Th 1674 Gotfriend Leibnitz dari Jerman menemukan Leibnitz Calculation Machine. Th 1812 Charles Babbage dari Perancis menemukan Babbage Calculation Machine.

8 Th 1890 Herman Hollerith dari Amerika menemukan Punched Card. Th 1944 Howard Aiken dari Harvard University menemukan MARK 1. Th 1945 J. Presper dan John W. Mauchly menemukan ENIAC. Th 1949 Eckert Maughly dari Amerika menemukan UNIVAC. Th 1952 J.Presper dan J.W.Mauchly menemukan EDVAC. Th 1952 University of Cambridge di Eropa menemukan EDSAC.

9 Napier’s Bones Circular Slide Rules Pascal’s Arithmetic Machine Leibnitz Calculation Machine

10 Babbage Calculation Machine Punched Card

11 The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau MARK 1

12 ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)

13 UNIVAC ( Universal Automatic Computer)

14 EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

15 EDSAC ( Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

16 Generasi Komputer Generasi Komputer I ( ) Komponen Elektronik berupa Vacum Tube (tabung hampa). Ukuran fisik masih besar. Memerlukan ruangan dan tempat yang luas. Banyak mengeluarkan panas sehingga memerlukan alat pendingin (AC) yg banyak. Proses dan kapasitas masih kecil dan terbatas. Menggunakan bahasa pemograman tingkat rendah (bahasa mesin). Berorientasi untuk aplikasi bisnis. Contoh : ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer) Mesin Von Neumann (Komputer IAS)

17 Generasi Komputer II ( ) Komponen yang digunakan adalah transistor dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun Program menggunakan bahasa tingkat tinggi. Kapasitas memori sudah cukup besar dengan menyimpan puluhan ribu karakter. Menggunakan simpanan luar. Mempunyai kemampuan Real Time dan Time Sharing. Ukuran fisik lebih kecil dibandingkan generasi I. Proses operasi sudah cepat. Memerlukan daya listrik lebih sedikit. Beorientasi untuk aplikasi bisnis dan teknik. Contoh : PDP 1 dibuat pada perusahaan DEC (Digital Equipment Corporation) oleh Stan Olsen dan Harlan Anderson.

18 Generasi Komputer III ( ) Komponen yang digunakan adalah Integrated Circuit (IC) yang berbentuk Hybrid IC dan Monolithic IC. Dibuat pertama kali tahun 1959 oleh Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor. Peningkatan dari softwarenya. Lebih cepat dan tepat. Kapasitas memori lebih besar dengan menyimpan ratusan ribu karakter. Menggunakan simpanan luar bersifat Random Access. Penggunaan listrik lebih hemat. Memungkinkan untuk Multiprocessing dan Multiprogramming. Pengembangan alat input / output. Harga semakin murah. Kemampuan komunikasi antar komputer dengan melalui alat komunikasi telepon.

19 Komputer menjadi lebih kecil. Terdapat pengurangan daya dan pendinginan yang diperlukan. Interkoneksi IC jauh lebih nyata dibandingkan koneksi solder. Contoh : UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (pabrik pembuat Sperry Rand-UNIVAC). Burroughs 5700, 6700, 7700 (pabrik pembuat Burroughs). NCR seri Century (pabrik pembuat National Cash Register). GE 600, 235 (pabrik pembuat General Electric). Keuntungan penggunaan IC : Harga keping tidak berubah banyak selama periode perkembangan pesat dalam hal kerapatannya. Sehingga harga logik komputer dan rangkaian memori mengalami penurunan. Karena elemen logik dan memori diletakkan berdekatan maka panjang lintasan menjadi lebih pendek yang meningkatkan kecepatan operasi.

20 Generasi Komputer IV (sejak tahun 1970) Peningkatannya hanya pada komponen IC yaitu menjadi LSI (Large Scale Integrated Circuit) yaitu pemadatan beribu-ribu IC dalam sebuah chip. Chip ini berbentuk persegi empat. Dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosessor dan semikonduktor berbentuk chip untuk memori komputer. Contoh : Intel 8088, 80286, 80386, dan Pentium Intel 75 Mhz, 200 Mhz, 233 Mhz, 266 Mhz, 300 Mhz. AMD K6 3D tahun 1998 untuk 300 Mhz dan 350 Mhz. IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486.

21 Generasi Komputer V (sekarang) Dikembangkannya komponen VLSI (Very Large Scale Integrated Circuit) yaitu pemadatan ratusan ribu IC dalam satu chip. Dikembangkannya komponen Josephon Junction yaitu komponen yang memungkinkan kemampuan memproses data triliun operasi per detik. Generasi Komputer VI (masa depan) Dikembangkannya robotika dimana komponennya adalah biochip yang terbuat dari bahan protein sintesis.

22 Jenis / Klasifikasi Komputer Komputer dibagi ke dalam beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan : 1. Jenis data yang diolah. 2. Kemampuan komputer. 3. Ukuran fisik. 4. Tujuan penggunaan.

23 1. Berdasarkan jenis data yang diolah, komputer diklasifikasikan sebagai berikut : a. Komputer Analog Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang (data kualitatif). b. Komputer Digital Komputer ini merupakan komputer kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif. c. Komputer Hybrid Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif.

24 2. Berdasarkan kemampuannya, komputer diklasifikasikan sebagai berikut : a. Komputer berskala kecil (Small Scale Computer) merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat. b. Komputer berskala sedang (Medium Scale Computer) merupakan komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal. c. Komputer berskala besar (Large Scale Computer) Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramai-ramai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

25 3. Berdasarkan ukuran fisiknya, komputer diklasifikasikan sebagai berikut : a. Micro Computer Komputer ini khususnya digunakan untuk single user, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis. b. Mini Computer Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Komputer ini lebih cenderung digunakan untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar. c. Super Computer Komputer ini merupakan komputer powerfull yang ada. Aplikasi yang digunakan biasanya lebih cenderung untuk penelitian ilmiah. Komputer ini biasanya memiliki beberapa processor sekaligus untuk menjalankan tugasnya.

26 4. Berdasarkan penggunaannya, komputer diklasifikasikan sebagai berikut : a. Special Purpose Computer Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu / khusus. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contohnya komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket. b. General Purpose Computer Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

27 Dasar Komputer Derry Alamsyah, S.Si Slide by Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "PENGENALAN KOMPUTER PENGERTIAN, SEJARAH, JENIS, & GENERASI KOMPUTER Dasar Komputer Derry Alamsyah, S.Si Slide by Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google