Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SIGIT PRIAMBODO, 5301401021 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN PURBALINGGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SIGIT PRIAMBODO, 5301401021 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN PURBALINGGA."— Transcript presentasi:

1 SIGIT PRIAMBODO, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN PURBALINGGA

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SIGIT PRIAMBODO - NIM : PRODI : Pendidikan Teknik Elektro - JURUSAN : Teknik Elektro - FAKULTAS : Teknik - seagate_pry pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Tatyantoro Andrasto, S.T., M.T. - PEMBIMBING 2 : Dhidik Prastiyanto, S.T, M.T - TGL UJIAN :

3 Judul SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN PURBALINGGA

4 Abstrak Pengelolaan sistem informasi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari studi manajemen, sebagaimana pengelolaan kepegawaian, keuangan, organisasi, dan lain sebagainya. Bisa diasumsikan, bahwa pengelolaan informasi merupakan faktor kunci bagi keterlaksanaan dan keberhasilan manajemen. Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses perancangan dan implementasi serta cara menggunakan program sistem informasi kepegawaian. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun suatu program aplikasi perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memudahkan manajemen dan pelayanan (sirkulasi) kepegawaian. Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah program yang dibuat diharapkan dapat mempermudah proses pendataan maupun pencarian data pegawai pada BKD Purbalingga. Pembuatan program ini memusatkan pada pembuatan basis data pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Purbalingga. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, literatur dan dokumentasi. Setelah data-data yang diperlukan dalam pembuatan program cukup, maka proses pembuatan program dilanjutkan dengan mempersiapkan peralatan dan bahan, perancangan form dan database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program yang dirancang terdiri dari proses entry data, search data, dan laporan (report). Untuk menjamin keamanan data, pembedaan hak akses pada masing-masing user dibedakan. Selain itu dalam program aplikasi dilengkapi dengan program backup database yang akan menggandakan file database utama ke dalam directory yang lain. Untuk mempermudah pendistribusian laporan, maka program aplikasi dilengkapi dengan report yang dirancang dengan Crystal Report 8.5, sehingga pemakai tinggal menekan icon printer untuk melakukan pencetakan ke dalam dokumen. Tampilan program cukup sederhana akan tetapi dalam hal cara penggunaan program perlu perhatian khusus. Oleh karena itu pemakai perlu membaca cara penggunaan program yang dapat dipelajari pada file Help yang ada pada CD Instalasi. Setelah dilakukan pengujian, program hasil perancangan dapat digunakan untuk diterapkan pada objek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas maka dapat disarankan bahwa untuk kedepannya program yang peneliti buat sebaiknya perlu dikembangkan lagi dengan menambahkan proses compact data (pemadatan data pada database) dalam program aplikasi.

5 Kata Kunci Sistem Informasi manajemen, BKD, Crystal Report 8.5

6 Referensi Alam, M. Agus J Pemrograman Database dengan Visual Basic. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. AW, Imam Pemrograman Visual Basic: Cara Membuat Laporan dengan Crystal Report. Yogyakarta: GRAHA ILMU. Darmawikarta, Djoni Cara Praktis Merancang Database. Sumber: E-Media Solusindo Menggunakan Microsoft Access XP & Yogyakarta : PD. Anindya. Fathansyah Basis Data. Bandung : Informatika Bandung. Hadi, Rahadian Membuat Laporan dengan Crystal Reports 8.5 dan Visual Basic 6.0. Jakarata: PT. Elex Media Komputindo. Hamalik, Oemar Pengelolaan Sistem Informasi. Bandung : PT. Trigenda Karya. Haryanto, Agus Membuat Aplikasi Sederhana dengan Microsoft Access. Sumber: Iskandar Pohan, Husni & Saiful Bahri, Kusnassriyanto Pengantar Perancangan Sistem. Jakarta : Erlangga. Jogiyanto HM Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Ofset. Jogiyanto HM Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta : ANDI. Kadir, Abdul Konsep Tuntunan Praktis Basis Data. Yogyakarta : ANDI. Kadir, Abdul & Ch. Triwahyuni, Terra Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta : ANDI. Kristanto, Hariyanto Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta : ANDI. Madcoms Aplikasi Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0 dan Crystal Report. Yogyakarta : ANDI. Octovhiana, Krisna D Cepat Mahir Visual Basic 6. Sumber: Pandia, Henry Visual Basic 6.0 Tingkat Lanjut. Yogyakarta: ANDI. Ramadhan, Arief Seri Penuntun Microsoft Visual Basic 6.0. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Sanjaya, Ridwan Pemrograman database Visual Basic 6.0 dan Access 2000/XP/2003 Tingkat Lanjut. Jakarta : PT. Elexmedia Komputindo. Sentonius, Jemy Menguasai Pembuatan Laporan dengan Crystal Report dalam 24 Jam. Yogyakarta : ANDI. Subagyo, Joko Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Utami, Ema & Sukrisno Konsep Dasar Pengolahan dan Pemrograman Database dengan SQL Server, Ms. Access, dan Ms. Visual Basic. Yogyakarta: ANDI.

7 Terima Kasih


Download ppt "SIGIT PRIAMBODO, 5301401021 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) KABUPATEN PURBALINGGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google