Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas Sistem Informasi Manajemen Kelompok 4 Nama kelompok : 1.Nova Musyarofah Yain 2009240027 2.Stella2009240030 3.Theodora Palton2009240050 4.Imelda Septa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas Sistem Informasi Manajemen Kelompok 4 Nama kelompok : 1.Nova Musyarofah Yain 2009240027 2.Stella2009240030 3.Theodora Palton2009240050 4.Imelda Septa."— Transcript presentasi:

1 Tugas Sistem Informasi Manajemen Kelompok 4 Nama kelompok : 1.Nova Musyarofah Yain Stella Theodora Palton Imelda Septa Wiradinanti Firdho Rua Stefanus Dwi Putra

2 Metode Siklus Sistem Penjelasan Sistem Informasi Sistem Informasi adalah suatu sinergi antara data, mesin pengolah data (yang biasanya meliputi komputer, program aplikasi dan jaringan) dan manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak.

3 Metode Siklus Sistem Dalam membangun suatu sistem informasi (dalam hal ini lebih mengacu kepada pengertian aplikasi perangkat lunak) digunakan metode Siklus Hidup Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle atau SDLC). System Life Cycle (SLC) adalah proses evolusi yang diikuti oleh pelaksanaan system informasi dasar-dasar atau subsistem.

4 Metode Siklus Sistem Beberapa SLC terdapat dalam perusahaan yang menggunakan komputer, mungkin ada seratus atau lebih. Pada kenyataannya SLC adalah sarana yang digunakan oleh manajemen untuk melaksanakan rencana strategis. Konsep life cycle menjadikan segala sesuatu yang tumbuh, menjadi dewasa setiap waktu dan akhirnya mati. Pola ini digunakan untuk sistem dasar komputer seperti subsistem pemrosesan data atau SSD.

5 Metode Siklus Sistem Secara umum tahapan dari SDLC adalah sebagai berikut: 1.Pengumpulan data (data gathering) Jika sudah ada sistem yang berjalan sebelumnya maka perlu dilakukan pengumpulan data dan informasi yang dihasilkan dari sistem yang ada. Pengumpulan laporan (report), cetakan (print-out), dsb baik yang sudah ada maupun yang diharapkan untuk ada pada sistem yang baru. Interview dan questionnaire terhadap orang-orang yang terlibat dalam sistem juga mungkin perlu dilakukan. Apabila sistem yang akan dikembangkan benar-benar baru (belum ada sistem informasi sebelumnya) maka pada tahapan ini pengembang bisa lebih menekankan kepada studi kelayakan dan definisi sistem.

6 Metode Siklus Sistem 2.Analisa Sistem Jika tahapan pengumpulan data dilakukan dengan melibatkan klien atau pengguna sistem informasi, maka mulai dari tahapan analisa lebih banyak dilakukan oleh pihak pengembang sendiri. Analisa terhadap sistem yang sedang berjalan dan sistem yang akan dikembangkan. Mendefinisikan objek-objek yang terlibat dalam sistem dan batasan sistem.

7 Metode Siklus Sistem 3.Perancangan Sistem (design) Merancang alir kerja (workflow) dari sistem dalam bentuk diagram alir (flowchart) atau Data Flow Diagram (DFD). Merancang basis data (database) dalam bentuk Entity Relationship Diagram (ERD) bisa juga sekalian membuat basis data secara fisik. Merancang input ouput aplikasi (interface) dan menentukan form-form dari setiap modul yang ada. Merancang arsitektur aplikasi dan jika diperlukan menentukan juga kerangka kerja (framework) aplikasi. Pada tahapan ini atau sebelumnya sudah ditentukan teknologi dan tools yang akan digunakan baik selama tahap pengembangan (development) maupun pada saat implementasi (deployment).

8 Metode Siklus Sistem 4.Penulisan kode program (Coding) Programming (desktop application) atau Scripting (web-based application) hanyalah salah satu tahapan dari siklus hidup pengembangan sistem. Tahapan ini dilakukan oleh satu atau lebih programmer. Jika tahapan analisa dan perancangan sistem telah dilakukan dengan baik, maka porsi tahapan coding tidaklah besar.

9 Metode Siklus Sistem 5. Testing Biasanya tahapan ini dilakukan oleh Quality Assurance dari pihak pengembang untuk memastikan bahwa software yang dibangun telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu metodenya bisa dengan menginput sejumlah data pada sistem baru dan membandingkan hasilnya dengan sistem lama. Apabila diperlukan maka tahapan ini bisa dibagi menjadi dua yaitu testing oleh pihak pengembang (alpha testing) dan testing oleh pihak pengguna (beta testing).

10 Metode Siklus Sistem 6. Instalasi Pada pengembangan aplikasi Client-Server, umumnya terdapat server untuk development, testing dan production. Server development berada di tempat pengembang dan dipergunakan selama pengembangan dan bisa juga setelahnya untuk perbaikan aplikasi secara terus menerus (continuous improvements). Server testing berada di tempat pengembang dan bisa juga di tempat pengguna apabila diperlukan beta testing. Setelah aplikasi dirasa siap untuk dipergunakan maka digunakanlah server production yang berada di tempat pengguna. Pada prakteknya di tempat pengembang juga bisa terdapat server production yaitu server yang memiliki spesifikasi hardware dan software yang sama dengan server di tempat pengguna. Hal ini dimaksudkan agar apabila ditemukan error atau bug pada aplikasi di tempat pengguna maka pengembang dapat mudah mencari penyebabnya pada server production mereka.

11 Metode Siklus Sistem 7. Pelatihan Pihak pengembang memberikan training bagi para pengguna program aplikasi sistem informasi ini. Apabila sebelumnya tidak dilakukan beta testing maka pada tahapan ini juga bisa dilangsungkan User Acceptance Test. 8. Pemeliharaan Maintenance bertujuan untuk memastikan bahwa sistem yang digunakan oleh pihak pengguna benar-benar telah stabil dan terbebas dari error dan bug. Pemeliharaan ini biasanya berkaitan dengan masa garansi yang diberikan oleh pihak pengembang sesuai dengan perjanjian dengan pihak pengguna. Lamanya waktu pemeliharaan sangat bervariasi. Namun pada umumnya sistem informasi yang kompleks membutuhkan masa pemeliharaan dari enam bulan hingga seumur hidup program aplikasi.

12 Metode Siklus Sistem Metode pengembangan Sistem Informasi meliputi beberapa tahap secara umum sebagai berikut 1. Perencanaan 2. Analisis 3. Perancangan 4. Pengembangan 5. Penggunaan 1. Tahap Perencanaan Tujuan: 1. menentukan ruang lingkup proyek 2. mengenali berbagai area permasalahan potensial 3. mengatur urutan tugas 4. membuat dasar untuk pengendalian

13 Metode Siklus Sistem 2. Tahap Analisis – Tujuan : penelitian sistem yang telah ada dengan target merancang sistem yang baru atau diperbarui Langkah-langkah : 1. sosialisasi penelitian sistem 2. pengorganisasian tim proyek 3. mendefinisikan kebutuhan sistem informasi 4. menyiapkan usulan rancangan 5. menerima / menolak rancangan 3. Tahap Perancangan – Tujuan : menentukan operasi dan data yang dibutuhkan oleh sistem baru Langkah : 1. menyaipakan rancangan sistem terperinci 2. mengidentifikasi berbagai alternatif konfigurasi sistem 3. mengevaluasi berbagai alternatif sistem 4. memilih konfigurasi terbaik 5. menyiapkan usulan penerapan

14 Metode Siklus Sistem 4. Tahap Pengembangan Tujuan : memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan sebuiah sistem yang bekerja Langkah : 1. merencanakan pengembangan 2. mendapatkan sumberdaya perangkat keras dan lunak 3. menyiapkan basisdata 4. melatih pengguna 5. masuk ke sistem baru 5. Tahap Penggunaan Tujuan : menggunakan sistem baru, melakukan penelitian formal untuk menilai sejauh mana kinerja sistem baru dan memeliharanya Langkah : 1. menggunakan sistem baru 2. mengaudit sistem baru 3. memelihara : memperbaiki kesalahan, memutakhirkan, dan meningkatkan lagi sistem

15 Terima Kasih


Download ppt "Tugas Sistem Informasi Manajemen Kelompok 4 Nama kelompok : 1.Nova Musyarofah Yain 2009240027 2.Stella2009240030 3.Theodora Palton2009240050 4.Imelda Septa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google