Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HTML (1) Pemrograman Web Andy Haryoko, ST. HTML Hypertext Markup LanguageHypertext Markup Language Bahasa standard untuk membuat halaman webBahasa standard.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HTML (1) Pemrograman Web Andy Haryoko, ST. HTML Hypertext Markup LanguageHypertext Markup Language Bahasa standard untuk membuat halaman webBahasa standard."— Transcript presentasi:

1 HTML (1) Pemrograman Web Andy Haryoko, ST

2 HTML Hypertext Markup LanguageHypertext Markup Language Bahasa standard untuk membuat halaman webBahasa standard untuk membuat halaman web Bisa berisi teks, gambar, suara, videoBisa berisi teks, gambar, suara, video Editor : notepad, Dreamweaver, QuantaEditor : notepad, Dreamweaver, Quanta Disimpan dengan ekstension.htm atau.htmlDisimpan dengan ekstension.htm atau.html Browser : Firefox, Opera, IEBrowser : Firefox, Opera, IE Bisa dilihat source codenyaBisa dilihat source codenya

3 Tag HTML Instruksi atau perintah dalam HTML disebut tagInstruksi atau perintah dalam HTML disebut tag Tidak case sensitiveTidak case sensitive ket : element = nama tag atributte = atribut atributte = atribut value = nilai dari atribut value = nilai dari atribut contoh : contoh : FONT merupakan element, COLOR merupakan atribut, RED adalah nilai dari atribut.

4 Struktur Dokumen HTML (1) HTMLHTML Dokumen HTML harus diawali dengan tag dan diakhiri dengan Dokumen HTML harus diawali dengan tag dan diakhiri dengan memberi tahu kepada browser bahwa yang berada dalam kedua tag tersebut adalah dokumen HTML.memberi tahu kepada browser bahwa yang berada dalam kedua tag tersebut adalah dokumen HTML.

5 Struktur Dokumen HTML (2) HEADHEAD Bagian header dalam dokumen HTMLBagian header dalam dokumen HTML Biasanya berisi judul halaman webBiasanya berisi judul halaman web Bentuk umum : Judul ini akan ditampilkan pada bagian atas browser Judul ini akan ditampilkan pada bagian atas browser

6 Struktur Dokumen HTML (3) BODYBODY Bagian isi dari dokumen HTMLBagian isi dari dokumen HTML Dapat disisipkan teks, gambar maupun link.Dapat disisipkan teks, gambar maupun link. Yang ada di dalam body akan ditampilkan pada halaman webYang ada di dalam body akan ditampilkan pada halaman web

7 ELEMEN DASAR HTML (1) 1.HEADING Heading biasa digunakan untuk membuat judul pada halaman web. Tag yang digunakan adalah dengan nilai n antara 1 sampai dengan 6. Semakin besar nilai n maka semakin kecil huruf yang tercetak. Default heading adalah rata kiri. Jika kita ingin membuat heading rata tengah maka tambahkan atribut ALIGN dengan nilai center atau right untuk rata kanan.

8 ELEMEN DASAR HTML (2) 2.PARAGRAF Untuk membuat paragraph pada halaman web anda gunakanlah tag ….. Sama seperti heading, kita dapat mengatur perataan paragraph dengan menambahkan atribut align di dalam tag.

9 ELEMEN DASAR HTML (3) 3GARIS HORIZONTAL Untuk membuat garis horizontal dalam halaman web, gunakanlah tag. tag memiliki atribut Align, Width, Size, Color dan Noshade. 4BARIS BARU Untuk membuat baris baru gunakanlah tag Untuk membuat baris baru gunakanlah tag 5KOMENTAR Komentar biasanya digunakan untuk memberikan penjelasan atau keterangan tentang dokumen yang kita buat. Untuk membuat komentar pada program gunakanlah tag. Kalimat yang berada dalam tag tsb tidak akan dieksekusi oleh browser.

10 Pemformatan Teks Pada Halaman Web (1) 1. MENGATUR TAMPILAN FONT DENGAN TAG 1. MENGATUR TAMPILAN FONT DENGAN TAG Tag font mempunyai beberapa atribut yang dapat digunakan untuk memberi warna tulisan anda, menentukan ukuran huruf, mengatur perataan, dan jenis font. Atribut COLOR digunakan untuk membuat tulisan Anda menjadi berwarna. Nilai dari atribut ini adalah nama font atau hexadecimal (# #ffffff). Atribut COLOR digunakan untuk membuat tulisan Anda menjadi berwarna. Nilai dari atribut ini adalah nama font atau hexadecimal (# #ffffff). Cth : atau Cth : atau

11 Pemformatan Teks Pada Halaman Web (2) Atribut FACE digunakan untuk menentukan jenis font yang Anda inginkan. Nilai dari atribut ini antara lain Arial, Helvetica, Sans- serif, Times New Roman, dll. Jika atribut FACE tidak ada maka browser akan menampilkan jenis font default yang ada di komputer anda.Atribut FACE digunakan untuk menentukan jenis font yang Anda inginkan. Nilai dari atribut ini antara lain Arial, Helvetica, Sans- serif, Times New Roman, dll. Jika atribut FACE tidak ada maka browser akan menampilkan jenis font default yang ada di komputer anda. Cth : atau Cth : atau Atribut SIZE digunakan untuk mengatur besarnya font. Nilai dari atribut ini adalah bilangan antara 1 s/d 7.Atribut SIZE digunakan untuk mengatur besarnya font. Nilai dari atribut ini adalah bilangan antara 1 s/d 7. Cth : Cth :

12 Pemformatan Teks Pada Halaman Web (3) 2. TAG LAIN UNTUK DEKORASI TEKS TAGFUNGSI Mencetak Tebal Teks Mencetak Miring Teks Menggaris Bawahi Teks Membesarkan Teks Mengecilkan Teks Memberi Coretan Pada Teks Menampilkan Teks Seperti Mesin Ketik Membuat Teks Subscript (sedikit ke bawah) Membuat Teks Superscript (Sedikit ke atas)

Membuat teks Rata Tengah

13 Pemformatan Teks Pada Halaman Web (4) Preformatted textPreformatted text Beberapa tag yang disebutkan di atas adalah tag-tag yang digunakan untuk memformat tampilan teks. Sekarang bagaimana caranya bila kita ingin menampilkan teks sesuai dengan yang kita tuliskan? Ternyata hal tsb dapat kita lakukan dengan menggunakan Performatted Text. Tag yang digunakan adalah ….

14 TagAttributDeskripsi Baris paling atas dari setiap file HTML Informasi umum dari sebuah halaman web Judul halaman. Terdapat pada head BackgroundBgcolorBgsound Font Link Alink Vlink TopmarginLeftmarginMarginheightmarginwidth Settingan atribut untuk seluruh dokumen.

15 Teks tebal Teks tebal Teks tebal Teks tebal Teks miring Teks miring Teks miring Teks miring Teks garis bawah Teks garis bawah Teks garis bawah Teks garis bawah Preformatted teks Contoh teks Preformatted teks Contoh teks Header 1 Header 1 Header 1 Header 1 Header 2 Header 2 Header 2 Header 2 Header 3 Header 3 Header 3 Header 3 Header 4 Header 4 Header 4 Header 4 Header 5 Header 5 Header 5 Header 5 Header 6 Header 6 Header 6 Header 6 Subscript Subscript Subscript Subscript Superscript Superscript Superscript Superscript

16 Contoh HTML ContohHasil Ini tulisan tebal Ini tulisan tebal Ini tulisan miring Ini tulisan miring Ini tulisan bergaris bawah Ini tulisan bergaris bawah Ini baris 1 Ini baris 2 Ini garis horizontal Ini garis horizontal Ini tulisan tebal Ini tulisan miring Ini tulisan bergaris bawah Ini baris 1 Ini baris 2 Ini garis horizontal


Download ppt "HTML (1) Pemrograman Web Andy Haryoko, ST. HTML Hypertext Markup LanguageHypertext Markup Language Bahasa standard untuk membuat halaman webBahasa standard."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google