Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

British Empire 1800 - 1947 Dominasi politik Inggris mengenalkan budaya Barat, bahasa, cara-cara pemerintahan dan teknologi menjadi pusat urban.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "British Empire 1800 - 1947 Dominasi politik Inggris mengenalkan budaya Barat, bahasa, cara-cara pemerintahan dan teknologi menjadi pusat urban."— Transcript presentasi:

1 British Empire Dominasi politik Inggris mengenalkan budaya Barat, bahasa, cara-cara pemerintahan dan teknologi menjadi pusat urban

2

3 Imperialisme & Nasionalisme Isme: aliran/pemahaman Imperial: kerajaan/imperium Nation : bangsa (ikatan manusia dengan tanah air, budaya, bahasa, hukum, & pemerintahan yang sama)

4 Nasionalisme di India Pergerakan nasionalisme India pada mulanya bersifat gerakan sosial dan pendidikan. Gerakan politik baru kelihatan setelah berdiri Indian National Congress (Partai Kongres). Anggotanya terdiri atas golongan intelektual Hindu dan Muslim. Organisasi ini merupakan cetusan kebangsaan rakyat India.

5 Gandhi ( ) Mohandas K. Gandhi studi di London, dan pada 1891 dia diminta menjadi pengacara. Di Afrika Selatan dia bekerja membela hak- hak para imigran India. Gandhi memegang prinsip perlawanan tanpa jalan kekerasan, satyagraha, yang artinya jalan kebenaran. Beberapa kali dirinya ditahan karena aksi protesnya itu. Dia kembali ke India pada 1915 dan memimpin perjuangan meraih kemerdekaan dari Inggris. Kemerdekaan pada 1947 bukan kemenangan militer, tapi kemenangan atas nama kemanusiaan. Gandhi putus asa dengan pemisahan Hindu India dan Muslim Pakistan. Pada Januari 1948, pada usia 79, dia dibunuh oleh seorang ekstrimis Hindu. (Dipanggil “Mahatma” (Maha = Besar; Atma = Jiwa) Mahatma Gandhi,

6 Gerakan Perjuangan Gandhi: Ahimsa, adalah gerakan anti kekerasan yang melarang pembunuhan. Satyagraha, adalah gerakan untuk tidak bekerjasama dengan kaum penjajah (Inggris). Hartal, adalah pemogokan – yakni perlawanan melalui gerakan tidak berbuat apa-apa, meskipun mereka datang ke tempat kerja. Swadesi, adalah gerakan untuk mempergunakan produksi sendiri, tidak menggantungkan kepada produk bangsa lain.

7 Gandhi melakukan ekperimen dengan kehidupannya sendiri yang nantinya akan menyadarkan dunia bahwa ada “jenis senjata lain” di dunia ini yang dapat digunakan untuk memerdekakan diri seorang manusia dari belenggu manusia lain, sebuah senjata yang sangat beradab dan berkemanusiaan, yaitu Kasih.

8 Ketika mendapat perlakuan rasial di Afsel, Gandhi membaca satu ayat dari Al-quran, yaitu : Surat An Nisa ayat 75: "Mengapa kamu tiada mau berperang di jalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, perempuan-perempuan, dan kanak-kanak yang semuanya berdoa: "Ya, Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri yang zalim penduduknya dan berilah kami perlindungan dari sisiMu, dan berilah kami penolong dari sisiMu".

9 Kemerdekaan 1947 Merdeka dari Inggris Pemisahan subkontinen India menjadi negara India dan Pakistan (Timur & Barat) (*1971:Banglades h memisahkan diri dari Pakistan Timur)

10 On August 15th, 1947 he addressed a country a few hours old over the radio from Lahore: – "The creation of the new state has placed a tremendous responsibility on the the citizens of Pakistan. It gives them an opportunity to demonstrate to the world how a nation containing many elements can live in peace and amity and and work for the betterment of all its citizens irrespective of caste or creed. Our object should be peace within, and peace without. We want to live peacefully and maintain cordial friendly relations with our immediate neighbours and with the world at large."

11 Pendirian Pakistan Mohammad Ali Jinnah Di Pakistan, Jinnah dikenal sebagai "Quaid- e-Azam,“ (Bapak Bangsa) Anggota mula-mula Partai Kongres dan Duta Besar Persatuan Hindu-Islam, Jinnah kemudian memisahkan diri dari Gandhi dan Nehru, bekerja untuk kemerdekaan tanah air umat Islam di British India. Menjadi Presiden Liga Muslim India sejak 1934 Pada 14 dan 15 Agustus 1947 Jinnah memimpin Pakistan bersama India, lepas dari kekuasaan Inggris

12


Download ppt "British Empire 1800 - 1947 Dominasi politik Inggris mengenalkan budaya Barat, bahasa, cara-cara pemerintahan dan teknologi menjadi pusat urban."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google