Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Topik X : KUANTITAS DAN KUALITAS PROPOSISI 1. Proposisi Standar a. Pola standar : S = P (S adalah P) S  P (S bukanlah P) b. Penyimpangan dari bentuk standar:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Topik X : KUANTITAS DAN KUALITAS PROPOSISI 1. Proposisi Standar a. Pola standar : S = P (S adalah P) S  P (S bukanlah P) b. Penyimpangan dari bentuk standar:"— Transcript presentasi:

1 Topik X : KUANTITAS DAN KUALITAS PROPOSISI 1. Proposisi Standar a. Pola standar : S = P (S adalah P) S  P (S bukanlah P) b. Penyimpangan dari bentuk standar: (Kita harus mengembalikannya dalam bentuk standar) 1) Predikatnya tidak berupa substantif, melainkan berupa kata sifat. Ump.: “Rumah itu bagus”, “Rambutmu hitam”. Bentuk standarnya: “Rumah itu adalah rumah yang bagus”, “Rambutmu adalah rambut yang berwarna hitam”.

2 2) Tidak mengikuti pola susunan S = P atau S  P. Ump.: “Yang mengikuti seminar itu semuanya pegawai BUMN”, “Bukan alasan ekonomi, alasan para dokter hewan menolak impor daging sapi dari India”. Bentuk standar: “Semua yang mengikuti seminar itu adalah pegawai BUMN”, “Alasan para dokter hewan menolak impor daging sapi dari India bukanlah alasan ekonomi”. 3) Term predikatnya berupa kata kerja. Ump.: “Si Amir memperjuangkan nasib anak jalanan”, “Irak Menginvasi Kuwait”, “Semua mata uang ASEAN telah terdepresiasi terhadap dolar AS”.

3 Bentuk standar: - “Si Amir adalah orang yang memperjuangkan nasib anak jalanan”. -“Irak adalah negara yang menginvasi Kuwait” -“Semua mata uang ASEAN adalah mata uang yang telah terdepresiasi terhadap dolar AS” 4) Preposisi yang tidak lengkap. Ump.: “Siapa yang mengambil buku itu? Sardi! Bentuk standarnya: “Sardi adalah orang yang mengambil buku itu”.

4 2. Proposisi Bertipe A, I, E, O. Ini berkaitan dengan pengklasifikasian proposisi sekaligus menurut kuantitas dan kualitasnya. * Proposisi Tipe A: = Proposisi universal afirmatif Ump.: - “Semua Bank Nasional adalah Bank bermasalah”. - “Emas adalah logam mulia”. * Proposisi Tipe I = Proposisi partikular afirmatif Ump.: - “Sebagian Bank Nasional adalah bank bermasalah”. - “Ada serangga yang berbahaya”.

5 * Proposisi Tipe E. = Proposisi universal negatif Ump.: - “Semua Bank Nasional bukanlah bank bermasalah”. - “Tak seorangpun menggubris hal itu”. * Proposisi Tipe O. = Proposisi partikular negatif. Ump.: - Sebagian Bank Nasional bkanlah bank bermasalah - Ada mahasiswa yang tidak lulus ujian logika.

6 AfirmatifNegatif UniversalAE PartikularIO Kualitas Kuantitas


Download ppt "Topik X : KUANTITAS DAN KUALITAS PROPOSISI 1. Proposisi Standar a. Pola standar : S = P (S adalah P) S  P (S bukanlah P) b. Penyimpangan dari bentuk standar:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google