Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSES IMBALAN PERILAKU DALAM BERORGANISASI. DEFINISI IMBALAN Imbalan = upah, pemindahan, promosi, pujian, dan penghargaan. Tujuan Imbalan :  Menarik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSES IMBALAN PERILAKU DALAM BERORGANISASI. DEFINISI IMBALAN Imbalan = upah, pemindahan, promosi, pujian, dan penghargaan. Tujuan Imbalan :  Menarik."— Transcript presentasi:

1 PROSES IMBALAN PERILAKU DALAM BERORGANISASI

2 DEFINISI IMBALAN Imbalan = upah, pemindahan, promosi, pujian, dan penghargaan. Tujuan Imbalan :  Menarik orang agar mau masuk organisasi  Agar karyawan datang bekerja  Memotivasi agar karyawan bekerja lebih baik dan mencapai prestasi lebih tinggi.

3 PROSES IMBALAN MOTIVASI HASIL PEKERJAAN INDIVIDUAL EVALUASI IMBALAN INTRINSIK IMBALAN EKSTRINSIK KEPUASAAN Pengalaman Kemampuan & Keterampilan

4 IMBALAN & KEPUASAAN  Perasaan puas thd imbalan adalah fungsi dari berapakah yang diterima dan berapakah orang itu merasa seharusnya terima.  Perasaan puas dari seseorang dipengaruhi oleh perbandingan dengan apa yang terjadi pada orang lain.  Kepuasan dipengaruhi oleh sampai seberapakah karyawan itu merasa puas dengan imbalan intrinsik dan imbalan ekstrinsik.  Orang berbeda-beda keinginannya mengenai imbalan dan berbeda juga mengenai bagaimana pentingnya imbalan yang berbeda bagi mereka  Beberapa imbalan ekstrinsik adalah memuaskan karena imbalan tersebut menyebabkan imbalan lain.

5 KLASIFIKASI IMBALAN  Imbalan Ekstrinsik (Extrinsic Reward) Imbalan Uang : Gaji dan Upah Tunjangan Tambahan Imbalan Interpersonal : status dan pengakuan Promosi  Imbalan Intrinsik (Intrinsic Reward) Penyelesaian Tugas Otonomi Perkembangan Pribadi

6 IMBALAN & PRESTASI  Imbalan dapat digunakan untuk memotivasi prestasi karyawan.  Upah, promosi, teguran, atau pekerjaan yang lebih baik, mempunyai nilai yang berbeda bagi orang yang berbeda karena setiap orang mempunyai kebutuhan dan persepsi yang berbeda.  Oleh karena itu dalam menentukan imbalan apa yang akan digunakan, manajer harus pandai mempertimbangkan perbedaan individual. o Kondisi ideal : “Sistem imbalan yang dapat menahan para karyawan yang baik prestasinya dan yang menyebabkan karyawan yang jelek prestasinya keluar.” o Karena itu: “Harus ada sistem imbalan yang adil & menguntungkan”.

7 IMBALAN & KETERIKATAN KEORGANISASIAN Imbalan dapat menyebabkan keterikatan dalam bentuk tiga sikap terhadap organisasi :  Perasaan manunggal dengan tujuan organisasi  Perasaan terlibat dalam tugas dan kewajiban  Perasaan setia kepada organisasi


Download ppt "PROSES IMBALAN PERILAKU DALAM BERORGANISASI. DEFINISI IMBALAN Imbalan = upah, pemindahan, promosi, pujian, dan penghargaan. Tujuan Imbalan :  Menarik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google