Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL : KONSEP-KONSEP, PEMBUATAN DAN APLIKASINYA KONSEP-KONSEP ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL Semua biaya timbul karena : a.Lintasan waktu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL : KONSEP-KONSEP, PEMBUATAN DAN APLIKASINYA KONSEP-KONSEP ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL Semua biaya timbul karena : a.Lintasan waktu."— Transcript presentasi:

1 ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL : KONSEP-KONSEP, PEMBUATAN DAN APLIKASINYA KONSEP-KONSEP ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL Semua biaya timbul karena : a.Lintasan waktu b.Keluaran atau aktivitas produktif c.Kombinasi antara waktu dan keluaran atau aktivitas Aplikasi dari konsep ini berarti : a.Biaya harus diidentifikasikan sebagai biaya tetap dan atau variabel ketika dihubungkan dengan keluaran atau aktivitas produktif. b.Biaya harus dikaitkan dengan keluaran atau aktivitas produktif c.Keluaran atau aktivitas produktif harus dapat diukur dan dapat dipercaya d.Formula anggaran fleksibel untuk tiap biaya harus mencakup periode waktu tertentu dan untuk sebatas jumlah keluaran tertentu dan aktivitas yang produktif.

2 d.Untuk tujuan perencanaan dan pengendalian, formula anggaran fleksibel harus dibuat untuk setiap biaya dalam setiap pusat tanggung jawab dalam suatu perusahaan. KAITAN BIAYA DENGAN KELUARAN ATAU AKTIVITAS PRODUKTIF Biaya diklasifikasikan : a. Biaya tetap : biaya yang tidak berubah dengan adanya perubahan keluaran atau aktivitas produktif b. Biaya variabel : biaya yang mengalami perubahan langsung secara proporsional dengan perubahan kelauran atau aktivitas pada suatu pusat tanggung jawab. c. Biaya semi variabel : biaya yang meningkat atau menurun sejalan dengan keluaran atau aktivitas meningkat atau menurun, tapi tidak dalam proporsi dengan perubahan dalam dasar aktivitas. ANALISA DARI BIAYA VARIABEL DAN SEMI VARIABEL a. Definisi yang tepat dari biaya

3 b. Pemilihan dasar aktivitas yang seksama untuk tiap pusat tanggung jawab untuk mengukur keluaran atau aktivitas produktif secara realistik c.Identifikasi dari batas-batas relevan dari keluaran atau aktivitas produktif d.Pemilihan metode yang tepat untuk menganalisa biaya yang mengidentivikasi secara terpisah komponen tetap dan variabel dari biaya semi variabel METODE PENENTUAN VARIABILITAS BIAYA a.Metode perkiraan langsung : hanya digunakan dalam masalah khusus. b.Metode titik tertinggi dan terendah yang dianggarkan :dengan menggunakan titik tertinggi dan terendah didasarkan pada konsep pembuatan dua anggaran penyisihan biaya pada dua tingkat aktivitas berbeda yang diasumsikan untuk pengeluaran tertentu dalam pusat tanggung jawab.

4 c.Metode Korelasi : menganalisa biaya historis dalam kaitannya dengan keluaran atau data aktivitas historis untuk menentukan bagaimana biaya berubah-ubah terhadap perubahan keluaran, dimasa yang lalu, dimana pada gilirannya menjadi dasar untuk memperkirakan bagaimana biaya bervariasi dengan perubahan keluaran atau aktivitas dimasa datang. FORMAT ANGGARAN FLEKSIBEL : a.Format Tabel b.Format Formula c.Format Grafik KEGUNAAN DARI ANGGARAN FLEKSIBEL a.Memudahkan persiapan anggaran fleksibel bagi pusat tanggung jawab untuk dicantumkan dalam rencana laba taktis b.Menyajikan sasaran-sasaran yang jelas dari pengeluaran bagi para manajer di pusat tanggung jawab selama periode yang tercakup dalam kerangka rencana laba.

5 c.Menyuguhkan jumlah-jumlah anggaran pengeluaran yang disesuaikan kepada aktivitas aktual untuk perbandingan-perbandingan ( terhadap pengeluaran aktual ) dalam laporan kinerja bulanan.


Download ppt "ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL : KONSEP-KONSEP, PEMBUATAN DAN APLIKASINYA KONSEP-KONSEP ANGGARAN BIAYA FLEKSIBEL Semua biaya timbul karena : a.Lintasan waktu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google