Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perekonomian Makro dan Prilaku Industri, Ekspor dan Investasi PERTEMUAN 11.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perekonomian Makro dan Prilaku Industri, Ekspor dan Investasi PERTEMUAN 11."— Transcript presentasi:

1 Perekonomian Makro dan Prilaku Industri, Ekspor dan Investasi PERTEMUAN 11

2 Perekonomian Makro dan Perilaku Industri Resesi ekonomi (recession) ditandai penurunan permintaan agregat dan output pasar. Jika pasar fleksibel turunnya permintaan disertai dengan turunnya harga. Masa kebangkitan (recovery) meningkatnya permintaan agregat dan meningkatnya output pasar. Jika pasar fleksibel akan diikuti dengan kenaikan harga.

3 Harga Fleksibel VS Harga Tidak Fleksibel Jika permintaan menurun, penawaran tetap maka harga pasar akan mengalami penurunan. Konsekuensinya output pasar mengalami penurunan. Sebaliknya jika permintaan meningkat, penawaran tetap maka harga pasar akan mengalami peningkatan. Konsekuensinya output pasar akan mengalami peningkatan. Pada masa resesi permintaan agregat mengalami penurunan. Menurunnya pengeluaran konsumsi agregat. Investasi agregat dan ekspor. Output menurun terjadi pengangguran (unemployment)

4 P P0P0 P1P1 0Q2Q2 Q0Q0 Q1Q1 Q/t AD 1 AD 2 AS 0

5 Pandangan Gardiner Means Ahli ekonomi yang mengamati tingkah laku perusahaan industri akibat perubahan variabel ekonomi makro. Menggunakan data harga perdagangan besar di dalam Bureau of Labor Statistics (BLS).

6 Ekspor dan Investasi Daya serap output pasaran domestik pada dasarnya terbatas guna merespon setiap pertambahan output yang dihasilkan oleh sejumlah perusahaan domestik yang berskala besar. Perusahaan industri dalam negeri melakukan ekspansi pasar melewati lintas batas negara.

7 Strategi Pasar Perusahaan dapat memproduksi output dalam negeri guna memenuhi permintaan pasar domestik dan melakukan ekspor guna memenuhi permintaan pasar luar negeri. Perusahaan dapat memproduksi output di dalam negeri guna memenuhi permintaan pasar domestik dan membuka pabrik di luar negeri untuk memenuhi pasar luar negeri. Perusahaan dalam negeri dapat melakukan kontrak dengan perusahaan asing melalui lisensi dan menghasilkan produk secara independen di pasaran luar negeri.

8 Ekspor P, C Pd Pm c c+ s + t 0 0 qdqmqq D D Pasar dalam negeri Permintaan domestik Pasar luar negeri Permintaan luar negeri MR

9 Investasi Langsung P, C Pd Pm c c+ s + t 0 0 qd qmqq D D Pasar dalam negeri Permintaan domestik Pasar luar negeri Permintaan luar negeri MR

10 Perdagangan Internasional danKinerja Pasar Domestik Kemampuan pasar domestik akan berkurang jika di dalam pasar terjadi persaingan dengan pemasok asing. Perusahaan asing akan menguasai pasar jika memiliki bagian pasar yang luas. Perusahaan domestik akan menjadi pengikut.


Download ppt "Perekonomian Makro dan Prilaku Industri, Ekspor dan Investasi PERTEMUAN 11."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google