Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI 1. Dewi Sad Tanti Nim : 55208110004 2. Adhi Pratomo Nim : 552081100 3. M. Ghaib Marutho Nim : 552081100.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI 1. Dewi Sad Tanti Nim : 55208110004 2. Adhi Pratomo Nim : 552081100 3. M. Ghaib Marutho Nim : 552081100."— Transcript presentasi:

1 IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI 1. Dewi Sad Tanti Nim : Adhi Pratomo Nim : M. Ghaib Marutho Nim :

2 IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI situasi dengan tujuan untuk menyatukan suatu kemiripan, menggambarkan suatu kiasan bagi iklim fisik cara seseorang bereaksi terhadap aspek organisasi menciptakan suatu iklim komunikasi gabungan dari persepsi-persepsi –suatu evaluasi-makro- mengenai peristiwa komunikasi, perilaku manusia, respons pegawai terhadap pegawai lainnya, harapan-harapan, konflik- konflik antar persona dan kesempatan pertumbuhan dalam organisasi tersebut.

3 PENTINGNYA IKLIM Apakah iklim komunikasi organisasi mempunyai arti penting? Blumenstock (1970) menerangkan bahwa iklim fisik ”mempengaruhi cara hidup kita” pakaian yang kita kenakan, makanan yang kita perlukan, rumah yang kita bangun, alat transportasi yang kita gunakan, jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di lingkungan kita dapat mempengaruhi cara hidup kita.

4 PENTINGNYA IKLIM iklim komunikasi sebuah organisasi mempengaruhi cara hidup kita: kepada siapa kita berbicara, siapa yang kita sukai, bagaimana perasaan kita, bagaimana kegiatan kerja kita, bagaimana perkembangan kita, apa yang ingin kita capai, dan bagaimana cara kita menyesuaikan diri dengan organisasi

5 PENTINGNYA IKLIM Redding (1972) menyatakan bahwa, ”iklim (komunikasi) organisasi jauh lebih penting daripada keterampilan atau teknik-teknik komunikasi semata-mata dalam menciptakan suatu organisasi yang efektif”

6 Unsur-unsur Organisasi Anggota Organisasi Pekerjaan dalam Organisasi Praktek-praktek pengelolaan Struktur Organisasi (Kompleksitas, formalisasi, Sentralisasi) Pedoman Organisasi

7 Unsur-unsur Perkembangan dalam Iklim Komunikasi Organisasi

8 Resepsi-resepsi Makro Evaluasi dan reaksi terhadap kegiatan organisasi dari sisi bagaimana mereka menunjukkan aspek-aspek Iklim

9 Pengaruh Komunikasi Iklim komunikasi dapat menjadi salah satu pengaruh yang paling penting dalam produktivitas organisasi. Usaha tersebut biasanya terdiri atas empat unsur, yaitu: 1.Aktivitas 2.Langkah-langkah pelaksanaan kerja 3.Kualitas hasil 4.Pola waktu kerja

10 Hubungan Antara Iklim Komunikasi dengan Kepuasan Kerja Kepuasan adalah konsep yang berkenaan dengan kenyamanan; jadi kepuasan dalam komunikasi berarti anda merasa nyaman dengan pesan-pesan, media dan hubungan-hubungan dalam organisasi

11 AREA OF CONSIDERATIONS Kepuasan atas komunikasi dapat mempengaruhi kepuasan kerja, ”kepuasan atas komunikasi” kadang-kadang dikacaukan dengan ”iklim komunikasi” Alasannya adalah iklim merupakan fungsi dari bagaimana kepuasan anggota terhadap komunikasi dalam organisasi (Litwin & Stringer, 1968; Pritchard & Karasick, 1973)

12 INTERNAL Kepuasan menggambarkan evaluasi atas keadaan internal afektif, kepuasan menggambarkan reaksi afektif individu atas hasil-hasil yang diinginkan yang berasal dari komunikasi yang terjadi dalam organisasi; kepuasan menggambarkan evaluasi pribadi atas keadaan internal.

13 EKSTERNAL Iklim merupakan deskriptif kondisi eksternal bagi individu-individu (Schneider, 1975; Dillard, Wigand, & Boster, 1986). Iklim terdiri dari suatu citra gabungan entitas atau fenomena global, seperti komunikasi atau organisasi. Iklim disini merupakan istilah yang menandai beberapa sifat keseluruhan organisasi atau salah satu sifat unit bagiannya yang lengkap.

14 Dimensi kepuasan dan iklim komunikasi KEPUASAN KOMUNIKASIIKLIM KOMUNIKASI 1. Infomasi yang berkaitan dengan pekerjaan 2. Kecukupan informasi 3. Kemampuan untuk menyarankan perbaikan 4. Efisiensi berbagai saluran komunikasi ke bawah 5. Kualitas Media 6. Cara sejawat berkomunikasi 7. Informasi tentang organisasi secara keseluruhan 8. Integrasi 1. Kepercayaan 2. Pembuatan Keputusan Partisipatif 3. Kejujuran 4. Keterbukaan dalam komunikasi 5. Mendengarkan dalam komunikasi ke atas 6. Memikirkan tujuan-tujuan berkinerja tinggi

15 Sifat-sifat Kepuasan dan Iklim KEPUASANIKLIM PekerjaanKom. IndividuOrganisasiKom. Organisasi Tingkat Abstraksi Mikro (kongkret dan mudah ditentukan) Makro (abstrak, gabungan) Tingkat Analisis IndividuKelompok Besar Tingkat Pengaruh MengevaluasiMenjelaskan DefinisiEvaluasi diri atas kondisi afektif internal. Reaksi afektif atas meningkatnya jumlah hasil yang diinginkan orang-orang sebagai hasil pekerjaan mereka dan komunikasi mereka. Penjelasan fenomena yang ekternal bagi individu. Suatu citra gabungan atas entitas atau fenomena global, organisasi, komunikasi.

16 KESIMPULAN Akhirnya dapat disimpulkan bahwa, proses berjalannya iklim komunikasi Organisasi merupakan bagian penting kerana memiliki pengaruh yang erat dengan perlakuan individu dalam organisasi. Sangat penting bagi organisasi untuk melakukan proses-proses komunikasi yang sesuai untuk meningkatkan kepuasan kerja, produktivitas kerja, prestasi kerja dan komitmen pekerja dengan organisasi perusahaan.


Download ppt "IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI 1. Dewi Sad Tanti Nim : 55208110004 2. Adhi Pratomo Nim : 552081100 3. M. Ghaib Marutho Nim : 552081100."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google