Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

THE IMPORTANCE OF THE ASPECT OF PRACTICE IN TRANSLATION translation SCIENCE S K I L L Translation is practice Practice makes perfect LANGUAGE EDUCATION.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "THE IMPORTANCE OF THE ASPECT OF PRACTICE IN TRANSLATION translation SCIENCE S K I L L Translation is practice Practice makes perfect LANGUAGE EDUCATION."— Transcript presentasi:

1 THE IMPORTANCE OF THE ASPECT OF PRACTICE IN TRANSLATION translation SCIENCE S K I L L Translation is practice Practice makes perfect LANGUAGE EDUCATION A R T BUSINESS

2 TEXT BY COLOR POPULAR LITERATURE BUSINESS & MANAGEMENT SCIENCE & TECHNOLOGY POLITICS

3 POPULAR 1 Djenar Maesa Ayu Masuk Nominasi Gara-gara membintangi film Koper, peulis cerpen dan novel Djenar Maesa Ayu (34) masuk nominasi aktris pendatang baru terbaik dan aktris terfavorit dalam Indonesia Movie Award. “Pada tanggal 27 April nanti Koper akan mengikuti festival film internasional. Kemudian akhir Juli akan mengikuti festival film Internasional di Bangkok”, ujarnya. Dalam film Koper, Djenar mendapat lawan main Anjasmara. Di sini ia berperan sebagai Noni, seorang pramusaji di sebuah kafe dangdut. Kata djenar, ada saja orang yang mengira koper adalah film pertamaya, padahal bukan. (continued to next page)

4 POPULAR 1 Djenar Maesa Ayu, Masuk Nominasi “Filmku yang pertama itu garapan mas aswendo, judulnya Pemahat Borobudur. Tetapi karena belum tayang, maka ya koper-lah yang jadi film perdanaku,” ungkap perempuan kelahira Jakarta 14 januari 1973 itu. Djenar lalu bercerita tentang penulisan cerpen dan novelnya. Ide untuk cerita itu datang dari mana saja, cerpen yang berjudul air misalnya, idenya datang dari puisi yang ditulis anaknya, banyu bening (15). Kini penulis yang telah menghasilkan tiga kumpulan cerpen dan sebuah novel ini sedang menggarap novel Ranjang. (WIN) (Kompas)

5 POPULAR 2 Dimanakah Jejak Air Mata Peneliti yang bekerja diwilayah yang terletak kilometer sebelah barat daya Ashville, South Carolina, Amerika Serikat, menggali gerabah, kancing, serpihan kaca dan artefak lain bekas peninggalan pemukiman suku Indian Cherokee pada awal era 1800-an. Orang-orang yang dulu menggunakan benda-benda tersebut dipaksa keluar dari wilayah itu oleh Pemerintah Amerika Serikat. Itu merupakan babak tragis dalam sejarah bangsa tersebut. Pada tahun 1883, lebih dari orang Cherokee serta ratusan penduduk asli Amerika lain dipindah paksa dari kampong halaman mereka di North Carolina, Tenesse, dan Alabama ke bagian timur Oklahoma. Dalam perjalanan kearah barat itu ribuan orang mati. Sebagian besar korban adalah bayi, anak-anak, dan orang lanjut usia. Orang Cherokee menamakan perjalanan meninggalkan kampong halaman berikut nyawa yang hilang dalam perjalan itu sebagai “Jejak Air Mata” (continued to next page)

6 Pemindahan penduduk asli Amerika dari bagian timur Sungai Mussissipi pertama kali diusulkan Presiden Thomas Jefferson. Hal itu dimaksud sebagai upaya menciptakan wilayah penyangga antara Amerika Serikat dengan teritori Inggris dan Spanyol disebelah barat Missisipi. Presiden Andrew Jackson menjadikan relokasi itu sebagai programnya. Pada tahun 1830, Kongres secara resmi menyetujui Undang- undang Pemindahan Indian. Itu mengawali proses peristiwa tragis tersebut. Ironisnya, sejak tahun 1800-an suku Cherokee dibagian tenggara Amerika Serikat beraimilasi dengan kultur bergaya Eropa: mereka membangun rumah dan perkebunan, menciptakan bahasa tertulis dan konstitusi tertulis mereka sendiri, serta menerbitkan surat kabar. (sumber: Geoweek, Kompas) POPULAR 2

7 POPULAR 3 KUPU-KUPU Kupu-kupu adalah cinta pertamaku. Aku ingat ketika kamu kanak- kanak dan sedang berjalan-jalan bersama kakek yang kupanggil Grandpa Humphrise- pada suatu sore musim panas di Shropshire, Inggris. Kami sedang melalui jalan setapak diantara pepohonan ketika seekor Kupu-kupu Merak terbang mendekat. Aku terpaku oleh pesonanya: pendaran bintik- bintik ungu, biru dan kuning itu terlihat begitu kontras dengan warna dasar sayap yang merah darah. Sang Merak terbang lenyap dari pandangan. Aku berusaha mengejarnya, tapi jejaknya lenyap begitu saja. Perasaan kehilangan itu membuatku terdiam kecewa. Namun bayangan sang kupu-kupu tetap tinggal, dan cinta pertamaku bertahan. ( continued to next page)

8 POPULAR 3 LAYAKNYA TEMAN-TEMAN sebayaku, pada masa kecil aku mengemari segala sesuatu indah dilihat. Misalnya, sekumpulan perangko dari zaman awal Victoria yang memuat potret sang ratu muda. Lalu, ada koin-koin kuno dari berbagai negara, kartu-kartu dari bungkus rokok bergambar mobil balap dan para pemain olahraga criket di Inggris, burung- burung, dan harus kuakui, telur-telur mereka yang ku curi dari sarang- sarang tersembunyi dibatang pohon, padang alang-alang atau pagar tanaman. Aku selalu bahagia saat mengumpulkan dan mengoleksi barang- barang itu. Aku memang seorang kolektor, dan kupu-kupu adalah favoritku. (sumber: Readear’s Digest Indonesia)

9 POPULAR 4 Hanya Kami Berdua Saya mengajaknya berkencan, dan dia bilang tidak. Saya lalu mengajaknya sekali lagi. Jarang-jarang saya bersikap seperti itu (oleh: Jeff Bridges) SAYA TIDAK TAHU bagaimana dengan orang lain, tapi ketika saya masih muda dan berumur 20-an, saya takut pada pernikahan. Saya piker pernikahan adalah langkah raksasa menuju kematian. Kemudian saya bertemu dengan Susan Geston pada tahun 1974 saat saya sedang syuting film Rancho Deluxe di Montana, di daerah perbukitan Paradise Valley di Chico Hot Springs, dan saya piker, wah, dia wanita yang menarik juga, ya. (continued to next page)

10 Hanya Kami Berdua Susan yang berasal dari Fargo, NorthDakota, adalah anak dari pasangan profesor (arsitek dan dosen) yang bekerja sebagai pelayan restoran. Dia melakukan pekerjaan serabutan dipeternakan itu dan saya langsung bisa merasakan kehadirannya disana dia tidak hanya cantik, tapi juga punya hidung yang patah dan dua mata lebam. Saya berfantasi bahwa Sue adalah korban kekerasan sang pacar, dan adalah tugas saya untuk menyelamatkannya. Sebenarnya dia mengalami kecelakaan mobil beberapa hari sebelumnya. (sumber: Readear’s Digest Indonesia, 2006) POPULAR 4

11 SCIENCE & TECHNOLOGY 1 Burung Artik Burung laut Artik pernah lama berada di urutan teratas sebagai burung dengan jarak migrasi terpanjang. Burung laut mungil ini terbang sejauh mil dari tempat mereka berbiak di kawasan Arkrik menuju ke Antartika. Hingga akhirnya ditemukan penjejak elektronik. Dengan kehadiran (keberadaan) alat ini, maka muncullah juara baru dalam hal migrasi. Jenis burung lain, yaitu scooty shearwater, melakukan perjalanan berpola angka delapan raksasa dari tempat mereka berbiak di Selandia Baru menyeberangi Samudra Pasifik menuju ke tempat mereka mencari makan di sepanjang tepian utama samudra tersebut. Jalur penerbangan mereka sepanjang mil, jauh melebihi burung Arktik, berhasil dilacak oleh para peneliti dengan cara memasang alat penjejak elektronik berbobot 12 gram pada tubuh mereka. (continued to next page)

12 SCIENCE & TECHNOLOGY 1 ……. Selama sebulan berbagai kelompok scooty shearwater berhamburan untuk bermigrasi ke utara. Burung-burung ini terbang denganrute yang berlainan, menyebar di sepanjang katulistiwa, menuju ke pantai yang menjadi tempat mereka mencari makan di Jepanag, Alaska, dan California. (sumber: Geoweek, Kompas)

13 SCIENCE & TECHNOLOGY 2 Setelah kotak hitam ditemukan 1.Kotak hitam dikirm ke laboratorium. Kondisi (suhu dan kelembaban) di sekitar kotak hitam dipertahankan sesuai dengan kondisi di lokasi penemuan. Jika ditemukan di perairan yang dalam dan dingin, maka kotak hitam harus direndam dalam air laut dengan pendingin untuk menjaga suhunya. 2.Setelah tiba di laboratorium kotak hitam dibersihkan. Jika kondisinya rusak, sirkuit perekam FDR diambil dan dipasangkan dengan kabel penghubung yang disambungkan dengan alat perekam. 3.Piranti lunak khusus mengambil data di sirkuit perekam. Makin parah kerusakan kotak hitam, makin lama waktu yang diperlukan untuk menganalisis. (sumber, Tempo, February 2007)

14 SCIENCE SUPERNOVA Supernova adalah ledakan sebuah bintang digalaksi. Peristiwa supernova menandai berakhirnya riwayat sebuah bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang. Kecemerlangannya bahkan bias mencapai jutaan kali dari cahaya normal bintang tersebut. Energi yang dipancarkan oleh supernova sangatlah besar. Bahkan energi yang terpancar pada saat terjadi supernova dapat menyamai pancaran energi sebuah bintang dalam kurun waktu jutaan tahun. Pancaran energi supernova dapat dihitung berdasarkan pada sifat-sifat dari pancaran radiasinya. Supernova pada umumnya terjadi karena siklus hidup sebuah bintang telah berakhir. Saat bahan-bahan nuklir pada inti bintang telah habis, maka tidak terjadi reaksi fusi nuklir yang merupakan penyokong hidup dari sebuah bintang. Dan bila ini terjadi, maka bintang akan mati dan melakukan supernova. (sumber Wikipedia.org)

15 BUSINESS/ MANAGEMENT/ TOURISM 1 Saat ini udara bersih, segar, dan sehat sudah menjadi kebutuhan utama, khususnya di kota-kota besar. Dengan semakin buruknya kualitas udara, maka berkembang pula potensi berbagai penyakit yang disebabkan oleh emisi polusi udara, maupun penyakit yang menyebar melalui udara. Beberapa dari jenis penyakit-penyakit ini bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk itulah maka Earth Air Purifier & Freshener tipe RAP-910 diciptakan dengan salah satu tujuan untuk turut berpartisipasi dalam program pemerintah dalam mananggulangi masalah lingkungn hidup, khususnya masalah kualitas udara di kota-kota besar. Harga terjangkau, pemakaian listrik yang hemat (hanya 8 watt), suara mesin yang lembut, bobot yang ringan dan kompak, telah menjadikan Earth Air Purifier & Freshener tipe RAP-910 sebagai sebuah produk yang praktis dan ekonomis. Produk ini tidak memerlukan pemakaian ilter seperti pada produk lainnya, tetapi menggunakan plate yang bisa dicuci ulang setiap 2 minggu sekali. Di samping itu produk ini menghasilkan ion-ion segar, serta memiliki kemampuan untuk melindungi ruangan seluas 36m2. Earth Air Purifier & Freshener tipe RAP-910 adalah produk unggulan yang patut anda pertimbangkan. (sumber: Advertorial, Kompas)

16 BUSINESS/ MANAGEMENT/ TOURISM 2 Berbicara tentang pariwisata di Bali, maka ada sejarah yang layak kita telusuri. Dekade 20-an merupakan masa awal terbentuknya pariwisata Bali. Saat itu, budaya dan alam Bali menjadi magnet yang mampu menarik wisatawan manca negara untuk datang berkunjung. Selain keelokan alam dan budaya, keramahan penduduk Bali juga menjadi kekhasan tersendiri. Adalah orang-orang Belanda, yang pertama-tama berkunjung ke Bali dengan tujuan berlibur dan berwisata. Merekalah yang bisa disebut sebagai turis yang pertama kali datang berkunjung ke Bali. Orang-orang Belanda ini merupakan gabungan dari orang-orang Belanda yang datang dari Batavia, maupun yang datang langsung dari Negeri Belanda. Sanur kala itu menjadi titk pariwisata Bali yang utama. Selain alam sanur nan permai, atraksi-atraksi budaya yang ada kala itu juga menjadi pesona tersendiri bagi para turis.

17 LITERATURE Sayap Cinta Sang Nabi Saat cinta menuntutmu, ikutlah dengannya walaupun jalan yang harus kautempuh berliku dan terjal. Dan saat sayap- sayapnya merangkulmu, serahkan seluruh dirimu padanya walaupun pedang-pedang yang ada di balik sayap-sayap akan melukaimu. Dan seketika ia bicara padamu, percayalah walaupun suaranya akan memudarkan mimpi-mimpimu seperti Angin Utara yang memporak-porandakan taman. (Khalil Gibran)

18 LITERATURE Jalan ke Taman Cinta Cinta adalah kebahagian yang bergetar…. SUATU hari, saat ingatanku penat oleh halaman-halaman buku yang kubaca, akupun memutus-kan segera pergi kerumah Farris Effendi. Dengan berkendaraan kereta yang banyak disewakan di jalan-jalan utama Lebanon aku meninggalkan rumah. Ketika melewati hutan pinus tempat lokasi orang- orang berwisata, kusir keretaku segera memutuskan untuk mengambil jalan pintas melewati pohon-pohon cemara yang teduh sejuk di kiri-kana jalan. Dihutan kecil itulah kami secara leluasa menyaksikan keindahan rumput hijau, pohon-pohon anggur, dan bunga-bunga berwarna-warni sedang bermekaran. (continued to next page)

19 LITERATURE Jalan ke Taman Cinta Tak lama kemudian kereta berhenti didepan sebuah rumah yang menyendiri jauh dari pemukiman penduduk, dikelilingi taman yang luas. Pohon dan bunga-bunga yang tertata rapi disekitar taman itu memberikan pemandangan sejuk dan aroma wangi yang menyehatkan raga. Ketika turun dari kereta dan memasuki kebun yang luas Farr is Effendi menyambutku dan menggandeng tanganku berjalan ke rumahnya dengan sambutan sangat ramah. Kami pun lantas duduk seperti seorang ayah yang baru saja bertemu dengan anaknya diseberang jauh, sambil memberondongku dengan berbagai pertanyaan, terutama tentang pengalaman hidup dan pendidikanku. Kujawab segera dengan suaraku yang penuh semangat karena aku merasa sedang melayari laut mimpi dan harapan yang tenang. (Khalil Gibran)

20 BUMI MANUSIA Kujatuhkan diri, berlutut dihadapannya dan memeluk kakinya, “ jangan katakan seperti itu, Bunda. Jangan hukum sahaya lebih berat dari kesalahan sahaya. Sahaya hanya mengetahui yang orang Jawa tidak mengetahui, karena pengetahuan itu milik bangsa Eropa, dan karena memang sahaya belajar dari mereka.” Ia jewer kupingku, kemudian berlutut, berbisik: “Bunda tak hukum kau. Kau sudah temukan jalanmu sendiri. Bunda takkan halangi, juga takkan panggil kembali. Tempuhlah jalan yang kau anggap terbaik. Hanya jangan sakiti orang tuamu, dan orang yang kau anggap tak tahu segala sesuatu yang kau tahu.” (Sumber: Bumi Manusia, Pramoedya Anonta Toer)

21 POLITICS PRESIDEN TERUS MENGEVALUASI KABINET Presiden susilo Bambang Yudhoyono terus mengevaluasi kinerja anggota Kabinet Indonesia Bersatu. Evaluasi ini didasarkan pada laporan menteri, berbagai masukan dari sejumlah badan dan lembaga profesional, serta hasil pengamatan Presiden sendiri. “Sejarah ini tidak ada masukan dari partai politik. Baru dari berbagai badan dan lembaga” ujar Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi menjawab pertanyaan pers sesuai mendampingi Presiden Yudhoyono melakukan telekonferensi di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin. Hal senada juga disampaikan Wakil Presiden Jusuf Kalla seusai meninjau laboratorium di Universitas Indonesia, Salemba Jakarta. “ Tunggu saja’ah nanti Presiden akan mengumumkan. Pasti presiden akan mengevaluasi anggota kabinetnya”, ujar Wapres. Lebih jauh, menurut sudi, evaluasi yang dilakukan Presiden dibuat dalam matriks- matriks berdasarkan target dan pencapaian. Ditanya apakah evaluasi dilakukan Presiden sampai awal November, sudi mengaku belum bisa memastikan kapan waktunya, termasuk pengumuman hasil evaluasi. (dikutip dari Kompas, Senin-24 Oktober 2005, hal 4)


Download ppt "THE IMPORTANCE OF THE ASPECT OF PRACTICE IN TRANSLATION translation SCIENCE S K I L L Translation is practice Practice makes perfect LANGUAGE EDUCATION."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google