Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Standar Kompetensi : Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda. Kompetensi Dasar : Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Standar Kompetensi : Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda. Kompetensi Dasar : Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan."— Transcript presentasi:

1 Standar Kompetensi : Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda. Kompetensi Dasar : Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda. Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas Media Pembelajaran IPA Kelas VI Semester I

2 PETA KONSEP Benda Mudah menghantarkan panas Sukar menghantarkan panas Konduktor Isolator Logam dan kaca Kayu, plastik, dan karet terdiri atas artinya contoh artinya contoh Kegunaan memiliki Sifat Benda sesuai

3 Membedakan arti konduktor dan isolator. Melakukan percobaan untuk menyelidiki benda yang bersifat sebagai konduktor dan isolator panas. Menggolongkan benda yang bersifat sebagai konduktor atau isolator panas Indikator :

4 Membuat daftar nama alat-alat dapur dan alat-alat rumah tangga yang bersifat konduktor atau isolator. Membedakan bahan-bahan yang bersifat konduktor atau isolator melalui pengamatan. Indikator : 4 5

5 A. KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS Berdasarkan sifat benda dalam menghantarkan panas, benda dapat dikelompokkan dua macam menjadi dua macam, yaitu konduktor dan isolator. 1.Benda konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Benda ini jika terkena panas pada salah satu bagian, maka panas akan diteruskan ke bagian yang lain. 2.Benda isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Benda ini jika terkena panas pada salah satu bagian, maka panas tidak dapat diteruskan ke bagian yang lain.

6 Percobaan : Mengamati sifat hantaran panas pada benda A.Alat dan bahan : 1.Batang besi2.Sendok logam 3.Batang kayu4.Pensil 5.Lidi6.Lampu spiritus B.Langkah kegiatan : 1.Nyalakan lampu spiritus; 2.Dekatkan besi, kayu, lidi, sendok, dan pensil ke api secara bergantian masing-masing selama 30 detik. B.KEMAMPUAN BENDA MENGHANTARKAN PANAS

7 3.Catatlah ke dalam tabel di bawah ini mengenai apa yang kamu rasakan. Jika tanganmu terasa panas maka berilah tanda contreng (√) pada kolom panas, dan jika tangan kamu tidak merasakan panas maka berilah tanda contreng (√) pada kolom tidak panas. NoNama BendaPanasTidak Panas Tabel hasil pengamatan

8 C.MENGIDENTIFIKASI BENDA KONDUKTOR DAN ISOLATOR Di rumah sering kita jumpai benda-benda konduktor dan isolator panas. Benda konduktor biasa terbuat dari bahan yang mudah menghantarkan panas, contoh logam dan kaca. Sedangkan benda isolator biasanya terbuat dari bahan yang tidak dapat atau sulit menghantarkan panas, contoh kayu, plastik, dan karet. Coba kalian amati benda-benda yang ada di rumah kalian, kemudian kelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan sifat bahan pembuatnya. Apakah termasuk benda konduktor ataukah isolator!

9 D.BENDA-BENDA KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS Peralatan dapur dan peralatan rumah tangga umumnya terbuat dari bahan konduktor dan isolator. Coba amati peralatan dapur dan peralatan rumah tangga lainnya yang ada di rumah kalian, kemudian tulislah pada tabel berikut ini berdasarkan sifat bahan pembuatnya. Apakah termasuk benda konduktor ataukah isolator! dengan cara memberi tanda contreng (√)!

10 DAFTAR BENDA KONDUKTOR DAN ISOLATOR A.Peralatan dapur NoNama AlatKonduktorIsolator

11 B.Peralatan Rumah Tangga NoNama AlatKonduktorIsolator

12 5.PERBEDAAN BAHAN KONDUKTOR DAN ISOLATOR Perhatikan gambar benda berikut ini!  Adakah bahan konduktor dan isolator pada benda tersebut, sebutkan pada bagian manakah bahan tersebut digunakan?  Jelaskan mengapa bahan tersebut digunakan?

13 Pada setrika listrik terdapat bahan konduktor dan isolator panas. Konduktor panas terdapat pada bagian dasar atau alas setrika, sedangkan bahan isolator terdapat pada bagian gagang atau pegangan setrika. Alas setrika dibuat dari bahan logam karena logam dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga ketika digunakan untuk menyetrika bisa merapikan pakaian. Sedangkan gagang atau pegangan setrika dibuat dari bahan plastik karena plastik tidak dapat menghantarkan panas sehingga pegangan setrika tidak panas saat digunakan. konduktor isolator

14 Perhatikan gambar benda berikut ini !  Sebutkan bagian konduktor dan isolator pada kedua alat tersebut!  Jelaskan pula manfaat dari bahan konduktor dan isolator pada masing- masing alat.

15 Apakah anda akan keluar dari program ini ? SELESAI YA TIDAK

16 Terima kasih…


Download ppt "Standar Kompetensi : Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda. Kompetensi Dasar : Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google