Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PERKEMBANG AN PASAR MODAL DI INDONESIA Pertemuan ke-03 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun: 2 0 0 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PERKEMBANG AN PASAR MODAL DI INDONESIA Pertemuan ke-03 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun: 2 0 0 5."— Transcript presentasi:

1 1 PERKEMBANG AN PASAR MODAL DI INDONESIA Pertemuan ke-03 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun:

2 2 PASAR MODAL INDONESIA KEADAAN SEKARANG ONLY THOSE WHO DARE TO FAIL GREATLY CAN EVER ACHIEVE GREATLY.

3 3 EMISI SAHAM (IPO ) JUMLAH EMITEN NILAI EMISI (MILLIAR) TAHUN PER TAHUNKUMULATIFPER TAHUNKUMULATIF

4 4 EMISI OBLIGASI JUMLAH EMITEN NILAI EMISI (MILLIAR) TAHUN PER TAHUNKUMULATIFPER TAHUNKUMULATIF

5 5 CETAK BIRU (BLUE PRINT) PASAR MODAL INDONESIA TO SUCCEED – DO THE BEST YOU CAN, WHERE YOU ARE, WITH WHAT YOU HAVE.

6 6 SASARAN PENGEMBANGAN PASAR MODAL INDONESIA (2000 – 2004) TERLAKSANANYA PERDAGANGAN TANPA WARKAT PADA SEMESTER PERTAMA TAHUN 2000 TERINTEGRASINYA SISTEM PERDAGANGAN BURSA EFEK DENGAN LKP DAN LPP MENINGKATNYA KUALITAS PENGELOLAAN DANA JAMINAN TERCIPTANYA ASURANSI REKENING EFEK INVESTOR TERCIPTANYA LANDASAN BAGI PASAR MODAL YANG LIKUID DAN EFISIEN

7 7 SASARAN PENGEMBANGAN PASAR MODAL INDONESIA (2000 – 2004 ) TERLAKSANANYA PENDIDIKAN PASAR MODAL TERPADU TERCIPTANYA LANDASAN BAGI PENGEMBANGAN E-COMMERCE. TERCIPTANYA DISTRIBUSI KEPEMILIKAN EFEK YANG LEBIH LUAS TERBENTUKNYA PASAR DERIVATIF BERKEMBANGNYA PASAR OBLIGASI BERKEMBANGANYA PASAR LUAR BURSA.

8 8 STRATEGI PENGEMBANGAN UMUM 1.MENINGKATKAN KETAATAN TERHADAP GOOD CORPORATE GOVERNANCE GOOD CORPORATE GOVERNANCE YANG EFEKTIF : KEWAJARAN, TRANSPARANSI, AKUNTABILITAS DAN TANGGUNG JAWAB SUPAYA GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAPAT DITERAPKAN: A. PENYEMPURNAAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN B. SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE. 2.HARMONISASI PERATURAN DAN KELEMBAGAAN 3.PENGEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN SUMBER DAYA MANUSIA SECARA TERPADU 4.PENERAPAN KEAMANAN DAN KUALITAS JASA MENGACU PADA STANDAR INTERNASIONAL 5.PENGEMBANGAN PASAR DAN INSTRUMEN PASAR MODAL

9 9 GOOD CORPORATE GOVERNANCE TATA CARA PENGELOLAAN PERUSAHAAN YANG BAIK SEBAGAIMANA MESTINYA. GOOD CORPORATE GOVERNANCE YANG EFEKTIF AKAN MENCIPTAKAN SISTEM YANG DAPAT MENJAGA KESEIMBANGAN DALAM PENGENDALIAN PERUSAHAAN SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MAMPU MENGURANGI PELUANG-PELUANG TERJADINYA KORUPSI DAN KESALAHAN MENGELOLA (MISMANAGEMENT) MENCIPTAKAN INSTENIF BAGI MANAJER UNTUK MEMAKSIMUMKAN PRODUKTIVITAS PENGGUNAAN ASET SEHINGGA MENCIPTAKAN NILAI PERUSAHAAN YANG MAKSIMUM.

10 10 PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE FAIRNESS TRANSPARENCY ACCOUNTABILITY RESPONSIBILITY

11 11 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (EMITEN) 1.MEMPERCEPAT PROSES RESTRUKTURISASI EMITEN BERMASALAH. 2.MENDORONG UKM DAN KOPERASI MENJADI EMITEN 3.MENINGKATKAN PENEGAKAN HUKUM 4.MEMBUAT KETENTUAN KODE ETIK EMITEN

12 12 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (BURSA EFEK) 1.MENINGKATKAN LIKUIDITAS DAN EFISIENSI BIAYA 2.MENINGKATKAN KEAMANAN TRANSAKSI BURSA 3.MENINGKATKAN JENIS DAN KUALITAS PELAYANAN BURSA

13 13 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (LEMB. KLIRING & PENJAMINAN) 1.MENERAPKAN SISTEM KLIRING SECARA MULTILATERAL CONTINOUS NET SETTLEMENT MENUJU KEPLADA REAL TIME GROSS SETTLEMENT (RTGS) 2.MENERAPKAN MANAJEMEN RISIKO, DANA JAMINAN, ASURANSI REKENING EFEK INVESTOR DALAM PENJAMINAN PENYELESAIAN TRANSAKSI BURSA 3.MENYEDIAKAN FASILITAS PINJAM MEMINJAM EFEK.

14 14 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (LEMBAGA PENYIMP. & PENYEL.) 1.MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM PENYELESAIAN TRANSAKSI MELALUI PEMINDAHBUKUAN 2.MENYEDIAKAN LAYANAN LINTAS BATAS 3.MENGIMPLEMENTASIKAN REKOMENASI G-30 4.MENYEDIAKAN RENCANA KELANGSUNGAN USAHA DAN FASILITAS PENANGGULANGAN BENCANA 5.BERPARTISIPASI DALAM PENGEMBANGAN PASAR MODAL YANG LIKUID DAN EFISIEN.

15 15 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (PERUSAHAAN EFEK) 1.MENINGKATKAN KUALITAS JASA INDUSTRI EFEK 2.MENGEMBANGKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN BACK-OFFICE SYSTEM PERUSAHAAN EFEK 3.MENELITI DAN MENGEMBANGKAN PRODUK DAN JASA-JASA INDUSTRI EFEK. 4.MENGEMBANGKAN KODE ETIK PERUSAHAAN EFEK.

16 16 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (LEMBAGA PENUNJANG) 1.BIRO ADMINISTRASI EFEK (BAE) MENGADMINISTRASIKAN EFEK-EFEK UNTUK EMITEN DENGAN MEMPERHATIKAN PRINSIP-PRINSIP EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS 2.LEMBAGA PEMERINGKAT EFEK MAMPU MENDORONG PERTUMBUHAN PASAR SURAT HUTANG DI PASAR MODAL DAN PASAR UANG DENGAN MELAKUKAN PEMERINGKATAN SECARA OBJEKTIF, INDEPENDEN, DAN BERSTANDAR INTERNASIONAL. 3.WALI AMANAT PERAN WALI AMANAT YANG BERFUNGSI MEWAKILI KEPENTINGAN PEMEGANG OBLIGASI PERLU DIOPTIMALKAN. 4.KUSTODIAN MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS, MEMANFAATKAN KEMAJUAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN AKTIF MENGEMBANGKAN DAN MEMASARKAN JENIS LAYANANNYA.

17 17 STRATEGI PENGEMBANGAN PELAKU PASAR MODAL (PROFESI PENUNJANG) 1.AKUNTAN PUBLIK MENGEMBANGKAN KEMAMPUANNYA UNTUK MENGANTISIPASI PERSAINGAN DENGAN AKUNTAN DARI NEGARA LAIN. UNTUK ITU, AKUNTAN PERLU LEBIH MENCERTMATI PERKEMBANGAN PASAR MODAL DENGAN MEMAHAMI JENIS JENIS INSTRUMEN YANG DIPERDAGANGKAN DAN MEKANISME PERDAGANGAN INSTRUMEN TERSEBUT. 2.KONSULTAN HUKUM MAMPU MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN MENYEMPURNAKAN DAN MENGEMBANGKAN PRODUK-PRODUK HUKUM DI BIDANG PASAR MODAL YANG BERSTANDAR INTERNASIONAL. 3.PENILAI MEMPERBAIKI DAN MENINGKATAN KUASLITAS LAPORAN PENILAIAN, DENGAN CARA PEMILIHAN DAN PEMAKAIAN METODE PENILAIAN YANG TEPAT, PEMBUATAN LAPORAN YANG PADAT, SISTEM DAN DALAM BENTUK YANG STANDAR, SEHINGGA MUDAH DIPAHAMI. 4.NOTARIS MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERATURAN-PERATURAN DIBIDANG PASAR MODAL YANG MENGACU KEPADA STANDAR INTERNASIONAL.


Download ppt "1 PERKEMBANG AN PASAR MODAL DI INDONESIA Pertemuan ke-03 Matakuliah: F0322/Pengantar Pasar Modal Tahun: 2 0 0 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google