Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Berdoa dulu, berkonsentrasi …. Mudah-mudahan lancar dan membawa berkah…  Pokok Bahasan: Teori Kritik Habermas: Komunikasi u/ konsensus  Sub Pokok.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Berdoa dulu, berkonsentrasi …. Mudah-mudahan lancar dan membawa berkah…  Pokok Bahasan: Teori Kritik Habermas: Komunikasi u/ konsensus  Sub Pokok."— Transcript presentasi:

1

2  Berdoa dulu, berkonsentrasi …. Mudah-mudahan lancar dan membawa berkah…  Pokok Bahasan: Teori Kritik Habermas: Komunikasi u/ konsensus  Sub Pokok Bahasan: -Review dan pemanasan -Teori Kritik Habermas -Latihan Analisis Kritis melalui “Komunikasi”  TIK: Mhs mampu menjelaskan Teori Kritik Habermas. Selain itu, mahasiswa mampu menerapkan teknik komunikasi sebagai alat analisis Kritis.

3 - Nilai pra-UTS sdh bisa dilihat!! Msh ada kesempatan untuk meningkatkannya! - Kritik dan saran: a.Menerangkan terlalu cepat b.Review setiap awal kuliah ditingkatkan c.Tugas dan diskusi ditingkatkan d.Masukkan materi agama ke dalam sosiologi kritis e.Mhn bisa bedakan tugas yang dikerjain di rumah Vs kelas! f.Belum paham ATI g.Catatan UTS: sebelum menganalisa, hrs ‘tahu’ dulu apa yang akan dikritisi!

4  Review:  Apa arti sosiologi kritis? Apa tujuannya?  Bagaimana biar kita bisa kritis?  Latihan-latihan apa yang telah dilakukan selama pra UTS untuk membiasakan kita kritis? Kata kunci keberhasilan MK Soskritis: - Lebih peduli ke diri sendiri + sekitar: menangkap fenomena - Mampu melakukan analisis: hrs punya pengetahuan/wawasan - Ada perubahan sikap, tindakan/perilaku thd diri/orang lain/sekitar menuju ke arah yang lebih baik. Utamakan Tindakan!!!

5  Alat untuk melakukan perubahan: ‘komunikasi/dialog menuju konsensus’  Rasionalitas mendominasi  Apa arti komunikasi? kata kunci: hubungan/interaksi 2 arah (dialog)  Syarat komunikasi berhasil? kata kunci: ada 2 pihak atau lebih; ada media, ada ‘pesan’, ‘pesan’ dari satu pihak sampai/diterima ke pihak lainnya dengan ‘benar’  Apa arti konsensus?  Kritik thd Teori Kritis Habermas: “ kebenaran tidak mesti melalui konsensus. Konsensus tidak selalu merupakan kebenaran! ” Tertarik mengetahui lebih jauh.. Silakan cari tulisan Habermas dan pelajari isinya!!!

6 1. Bergabunglah pada sekelompok orang/teman yang sedang berdiskusi di mana dalam diskusi tersebut ada ‘perbedaan’ pendapat yang bertentangan 2. Cobalah Anda memihak pada salah satu pendapat! 3. Coba cari ide yang dapat menguntungkan kedua belah pihak! 4. Komunikasikan ide Anda kepada kelompok tersebut sehingga tercapai kata sepakat/konsensus. 5. Tulis pengalaman Anda dan jadikan bahan sharing di kelas!!

7  Perhatikan dan cermati pendapat kedua kelompok yang berbeda tadi (pada latihan komunikasi-1). Analisalah, apakah pendapat mereka sesuai dengan norma/etika/kebenaran??  Perhatikan dan cermati pula pendapat/ide Anda untuk menjembatani kedua/lebih pendapat yang berbeda tersebut. Analisalah, apakah pendapat mereka sesuai dengan norma/etika/kebenaran??

8  Komunikasi (1)  bagaimana komunikasi/interaksi bisa menyelesaikan ‘perbedaan’ menuju konsensus yang menguntungkan pihak-pihak yang berbeda pendapat  Komunikasi (2)  tidak semua ‘konsensus’ adalah sesuai etika/norma/benar.

9  Lakukan Latihan ATI setiap hari  Lakukan pula Latihan komunikasi (1) dan (2) setiap hari  Pilih salah satu (pasangan latihan komunikasi 1 dan 2) yang paling menarik, tuliskan dan kumpulkan!!!  Minggu depan sharing!!

10 Ada pertanyaan?? Jika sudah tidak ada pertanyaan…. Berdoa dulu sebelum ditutup….


Download ppt " Berdoa dulu, berkonsentrasi …. Mudah-mudahan lancar dan membawa berkah…  Pokok Bahasan: Teori Kritik Habermas: Komunikasi u/ konsensus  Sub Pokok."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google