Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HEALTH AND DEVELOPMENT: THE BROAD ISSUES Dian Kusuma, SKM, MPH Palembang (Indonesia), Feb 2007 Health Economic Course Series: 2 of 12 www.diankusuma.wordpress.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HEALTH AND DEVELOPMENT: THE BROAD ISSUES Dian Kusuma, SKM, MPH Palembang (Indonesia), Feb 2007 Health Economic Course Series: 2 of 12 www.diankusuma.wordpress.com."— Transcript presentasi:

1 HEALTH AND DEVELOPMENT: THE BROAD ISSUES Dian Kusuma, SKM, MPH Palembang (Indonesia), Feb 2007 Health Economic Course Series: 2 of 12

2 Daftar Isi 1.Kesehatan dan pertumbuhan ekonomi 2.Pelayanan kesehatan dan kesehatan 3.Pengeluaran kesehatan dan kesehatan

3 Diskusi - 1 Apa hubungan antara kesehatan dan pertumbuhan ekonomi? Tidak adakah cara lebih baik untuk meningkatkan kesehatan selain berinvestasi pelayanan kesehatan?

4 Kesehatan dan Pertumbuhan “Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely absence of disease and infirmity.” (WHO, 1993) Pernyataan yang normatif? Layakah untuk diterapkan? Implikasi radikal: “complete social well- being” = termasuk rumah, pekerjaan, hak sipil, dan hampir semuanya.

5 Kesehatan dan Pertumbuhan Pertumbuhan ekonomi = sebuah peningkatan pada barang dan jasa yang diproduksi oleh masyarakat, yang bisa diukur dengan berbagai cara. Indikator = PDB dan PNB PDB (Produk Domestik Bruto) = nilai/jumlah seluruh barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara, ditambah nilai ekspornya dan dikurang nilai impor-nya. PNB (Produk Nasional Bruto) = mirip dengan PDB, tapi termasuk sewa dari faktor (produksi) yang dimiliki di luar negeri (seperti keuntungan dari pabrik di luar negeri), dikurangi pembayaran kepada orang asing untuk faktor (produksi) yang mereka miliki di negeri asalnya.

6 Diskusi - 2 Apakah PDB dan PNB sudah cukup untuk mengukur pertumbuhan ekonomi? –Kalau iya  kenapa? –Kalau tidak  kenapa? Dan indikator lain seperti apa untuk menunjukkan pertumbuhan dan pembangunan?

7 Kesehatan dan Pertumbuhan PDB dan PNB relatif mudah digunakan, tetapi tidak memberi informasi tentang kesejahteraan di masyarakat. Contoh: PDB bisa meningkat, tapi diikuti degan peningkatan inequality dari distribusi pendapatan. Dicari index “pembangunan”= Distribusi pendapatan, tingkat pendidikan dan keterampilan, pengukuran derajat kesehatan, ketidaksetaraan jender, representasi politik. (IPM) Indeks Pembangunan Manusia dari PBB  contoh baik penggunaan indeks yang banyak.

8 Pertumbuhan ekonomi dan kesehatan Hubungan positif: –Pertumbuhan ekon ↑; kesehatan ↑ (juga sebaliknya) Dampak negatif: –Kemiskinan pada rumah tangga (RT)  pola makan buruk, perumahan tidak sehat, lingkungna tidak bersih  menaikkan penyebaran penyakit. –Penurunan ekonomi  pengurangan sumber daya dari pemerintah untuk investasi di program kesmasy.

9 Isu Equality Pertumbuhan ekonomi sendiri tidak menjadmin meningkatnya derajat kesehatan. Bagaimana manfaat pertumbuhan didistribusikan dan diinvestasikan adalah isu krusial. Contoh?

10 Isu Equality Penelitian Jamison, 1998 dalam Witter et al, 2000 Penelitian di 38 negara, hubungan kemiskinan dan angka kematian balita. Angka kematian balita: / 1000  tidak miskin / 1000  miskin Standar miskin = < $1 per capita per hari, disesuaikan untuk PPP (purchasing power parity). Isu: –Bagaimana pembelanjaan publik digunakan? –Dalam rumah tangga, siapa yang mengendalikan sumber daya?

11 Diseases of affluence Sebuah kelompok penyakit yang meningkat seiring peningkatan “pembangunan”: –Kanker –Penyakit jantung –Masalah berhubungan dengan stress –Depresi Faktor yang berkontribusi: fragmentasi sosial; obesity; peningkatan konsumsi rokok dan alkohal; polusi dari industri.

12 Double burden of disease (1) berlanjutnya penyakit “lama” (malaria dan TBC); (2) Meningkatnya penyakit “baru” (kanker dan PJK) Beberapa diseases of affluence (penyakit kemakmuran) meningkat di daftar, tapi tidak sepenuhnya menggantikan pembunuh utama saat ini (seperti diare dan TBC). Rank in 2020 Cause of ill healthRank in Depression Road traffic accidents Ischemic heart disease Chronic obstructive pulmonary disease Cerebrovascular disease Tuberculosis Lower respiratory infections War Diarrhoeal diseases HIV/AIDS Proyeksi beban penyakit di negara berkembang. Source: Murray and Lopez, 1996 in Witter et al, 2000

13 Dampak ↑kesehatan pada ekonomi Kita mengharapkan populasi yang lebih sehat akan menjadi lebih produktif, dalam: –Kehadiran (cukup sehat untuk bekerja) –Tingkat keterampilan Umur harapan hidup lebih lama  meningkatnya tabungan dan investasi.

14 Dimana terdapat kehidupan kerja yang produktif  efek positif terhadap ekonomi Dimana terdapat usia tua, itu meningkatkan rasio tanggungan terhadap populasi yang bekerja dan menciptakan beban finansial. Dampak ↑kesehatan pada ekonomi

15 Umur harapan hidup dan PNB Terdapat korelasi, dengan beberapa pencilan. Source: World Bank Development Indicators, 1997 in Witter et al, 2000 Figure 1. Relationship between income and life expectancy

16 Pelayanan Kesehatan dan Kesehatan Kalau kesehatan adalah tujuan yang penting, maka bagaimana cara terbaik mencapainya? Aktivitas sektor kesehatan formal adalah hanya salah satu area yang mempengaruhi kesehatan. Beberapa, seperti pengeluaran untuk pendidikan dan pembangunan desa  tanggung jawab pemberintah. Yang lain, seperti tabungan dan angka fertilitas  sebagian saja dipengaruhi pemerintah. Yang lain lagi, seperti faktor genetik dan lingkungan sosial, keduanya bisa krusial untuk kesehatan  adalah di luar kendali pemerintah.

17 Yankes dan kesehatan Source: Witter et al, 2000

18 Yankes dan kesehatan Karena hubungannya rumit  tidak mungkin membuat pernyataan begitu saja tentang investasi yang mana yang lebih produktif. Di dunia barat, ekonomi dan pembangunan sosial di-atribusi dalam meningkatkan kesehatan daripada intervensi medis, seperti vaksinasi. Di negara berkembang, perkembangann dunia medis sebagian besar mendahului perubahan sosial ekonomi  oleh karena itu lebih bertanggung jawab dalam meningkatkan kesehatan.

19 Health services are not the goal Improved health is. Health services are not a goal in themselves – just a means to improved health. The focus on health services is so strong that we often miss opportunities for intersectoral work.

20 Health Expenditure dan Kesehatan Dalam sektor kesehatan, bisakah kita menjamin bahwa lebih banyak budget kesehatan akan membuat kesehatan yang lebih baik?

21 Health Expenditure dan Kesehatan Dalam sektor kesehatan, bisakah kita menjamin bahwa lebih banyak budget kesehatan akan membuat kesehatan yang lebih baik? Jawaban: tergantung bagaimana kita membelanjakannya.

22 Health Expenditure dan Kesehatan Source: WDR 1993 in Witter et al, 2000 Figure 3. Life expectancies and health expenditures in countries: deviation from estimates based on GDP and schooling

23 Heath expenditure dan Kesehatan Tidak ada kaitan yang jelas antara belanja lebih banyak untuk kesehatan dan kesehatan yang lebih baik di tingkat nasional.

24 Contoh: AS vs. Sri Lanka AS belanja untuk kesehatan lebih dari seluruh negara  tapi, memiliki indikator kesehatan yang lebih buruk dari negara maju (OECD). :. Sistem askes swasta  eskalasi biaya dengan cakupan rendah. Sri Lanka menjaga indikator pembangunan lebih baik melebihi yang diharapkan untuk tingkat pendapatan nasional-nya. Sri Lanka menerapkan kebijakan untuk promosi kesehatan, pendidikan, dan distribusi pendapatan yang lebih adil.

25 Terima Kasih


Download ppt "HEALTH AND DEVELOPMENT: THE BROAD ISSUES Dian Kusuma, SKM, MPH Palembang (Indonesia), Feb 2007 Health Economic Course Series: 2 of 12 www.diankusuma.wordpress.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google