Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENERAPAN DOCUMENT ORIENTED DATABASE (NOSQL) DALAM PEMBUATAN SIMULASI SISTEM INFORMASI DAPODIK (DATA POKOK PENDIDIKAN) DENGAN MONGODB DAN PHP Heni Ermawati.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENERAPAN DOCUMENT ORIENTED DATABASE (NOSQL) DALAM PEMBUATAN SIMULASI SISTEM INFORMASI DAPODIK (DATA POKOK PENDIDIKAN) DENGAN MONGODB DAN PHP Heni Ermawati."— Transcript presentasi:

1 PENERAPAN DOCUMENT ORIENTED DATABASE (NOSQL) DALAM PEMBUATAN SIMULASI SISTEM INFORMASI DAPODIK (DATA POKOK PENDIDIKAN) DENGAN MONGODB DAN PHP Heni Ermawati ( )

2 Latar Belakang Berkembangnya teknologi DBMS NoSQL (Not Only SQL) Konsep NoSQL yang sedang berkembang saat ini adalah konsep Document Oriented Database Menurut Kristina Chodorow dan Michael Dirolf (penulis, yang juga software engineer asal Amerika Serikat), salah satu DBMS terbaik Document Oriented Database adalah mongoDB. SIDAPODIK menggunakan RDBMS PostgreSQL yang memiliki keterbatasan, diantaranya adalah ketergantungan terhadap join

3 Tujuan Menerapkan Database NoSQL berorientasi Dokumen (Document Oriented Database) dalam pembuatan Simulasi SIDAPODIK yang dibangun dengan menggunakan DBMS MongoDB dan bahasa pemrograman PHP 5.0.

4 Batasan Masalah Data yang digunakan hanya data di wilayah Kabupaten Bogor. Analisa kebutuhan data dari SIDAPODIK yang telah ada (http://bogorkab.dapodik.org) akses tanggal 12 Mei-27 Juli 2011,http://bogorkab.dapodik.org Membuat rancangan kebutuhan data untuk simulasi Sistem Informasi DAPODIK dengan konsep Document Oriented Database, Penerapan Document Oriented Database adalah berupa perancangan data dgn konsep Document Oriented Database dan pembuatan simulasi SIDAPODIK dengan mongoDB dan PHP, Pembuatan simulasi berdasarkan pada rancangan yang telah dibuat. Simulasi tersebut meliputi : list data, insert, edit dan edit+. Pembuatan simulasi hanya sebatas untuk menunjukkan penerapan mongoDB, (tidak membahas sisi keamanan dan sistem secara detail).

5 DAPODIK DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) adalah bentuk pengembangan program perencanaan pembangunan pendidikan nasional yang meliputi tata kelola data – data pendidikan DAPODIK meliputi: data sekolah, data siswa dan data pendidik. Proses transaksi data SIDAPODIK dilakukan secara online dan dalam waktu-nyata (real time)

6 NoSQL Istilah NoSQL pertama kali digunakan pada tahun 1998 oleh Carlo Strozzi. Diperkenalkan kembali pada awal 2009 oleh karyawan Rackspace bernama Eric Evans, NoSQL adalah database ringan, tidak mengekspos antarmuka SQL dan sifatnya non relational NoSQL terbagi dalam 4 jenis, yaitu : - Key/Value Database : Berkeley DB, HBase - Big Table Database : Azure Tables (Microsoft), Cassandra - Document Oriented Database : MongoDB, CouchDB - Graph Database : HyperGraphDB, InfoGrid

7 Alasan Menggunakan MongoDB MongoDB merupakan basis data yang tidak relasional (NoSQL). Schema-less. Berjalan lancar di Windows ataupun Linux. hampir semua bahasa pemrograman modern mendukung MongoDB, seperti Java, C/C++, Phyton, Ruby dan PHP.

8 Metodologi Penelitian Studi pustaka atau penelitian kepustakaan Perencanaan Analisa mongoDB Analisa kebutuhan data dari Sistem Informasi DAPODIK Kabupaten Bogor (http://bogorkab.dapodik.org/)http://bogorkab.dapodik.org/ Perancangan Penerapan Rancangan dalam Pembuatan Simulasi SIDAPODIK

9 MongoDB(1)

10 MongoDB(2)

11 Hasil Analisa MongoDB MongoDB dapat dijalankan dengan menggunakan setidaknya 2 windows command prompt. MongoDB hanya mengenal koleksi dan dokumen. Setiap dokumen dalam sebuah collection dapat memiliki field (atribut) yang berbeda. Tiap dokumen yang disimpan pada mongoDB akan diberikan sebuah atribut “objectID” MongoDB bersifat schemaless dan non relational

12 Tampilan Data Sekolah

13 Rancangan Data Sekolah

14 Tampilan Data Siswa

15 Rancangan Data Siswa

16 Tampilan Data Tenaga Pendidik

17 Rancangan Data Tenaga Pendidik

18 Home user

19 Data Sekolah

20 Detail Data Sekolah

21 Home Admin

22 Admin Data Sekolah

23 Edit Data Sekolah

24 Input Data Sekolah

25 Tampilan File Edit+

26 Kesimpulan Simulasi Sistem Informasi DAPODIK berhasil dijalankan menggunakan Localhost XAMPP dan Google Chrome 5.0 pada windows 7. Pembuatan simulasi SIDAPODIK dengan menggunakan DBMS MongoDB lebih efisien dan fleksibel Hosting untuk simulasi SIDAPODIK belum dapat dilakukan

27 Saran Pembuatan interface yang lebih baik. Hosting Peningkatan sistem serta keamanan agar menghasilkan suatu Sistem Informasi untuk Data Pokok Pendidikan yang lebih baik.

28 TERIMA KASIH 13 Agustus 2011


Download ppt "PENERAPAN DOCUMENT ORIENTED DATABASE (NOSQL) DALAM PEMBUATAN SIMULASI SISTEM INFORMASI DAPODIK (DATA POKOK PENDIDIKAN) DENGAN MONGODB DAN PHP Heni Ermawati."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google