Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INOVATION & ENTREPRENEURSHIP by : Rudy Wawolumaja Universitas Kristen Maranatha.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INOVATION & ENTREPRENEURSHIP by : Rudy Wawolumaja Universitas Kristen Maranatha."— Transcript presentasi:

1 INOVATION & ENTREPRENEURSHIP by : Rudy Wawolumaja Universitas Kristen Maranatha

2 SYLABUS PENDAHULUAN INOVASI –Inovasi & Kreativitas –Inovasi merubah wajah dunia –Model Inovasi –Apakah perkembangan teknologi modern akhirnya membawa manfaat atau malapetaka bagi umat manusia. KEWIRAUSAHAAN IMPLEMENTASI : –Mengenal tiga penggerak untuk keberhasilan usaha –Entry Strategy –Business Plan –Usaha Kecil & Manajemen Usaha Kecil GROWTH : –Mengenal dan memahami kesempatan (opportunity recognition) –Kesempatan pasar dan pemasaran –Proyeksi Keuangan –Pendanaan.

3 KONSEP DASAR & PENDAHULUAN SESSION 1 Rudy Wawolumaja / Universitas Kristen Maranatha

4 Joseph Schumpeter : Wirausahawan /entrepreneur sebagai seorang yang merombak orde ekonomi yang ada dengan memperkenalkan produk atau jasa baru, dengan menciptakan bentuk baru organisasi atau memanfaatkan bahan baku jenis baru. Encarta-Encyclopaedia : Entrpreneur/wirausaha adalah seorang yg mengambil tanggung jawab dan resiko suatu operasi bisnis dengan harapan mendapatkan keuntungan. Dia memutuskan produk/jasa yang akan dibuat, mendapatkan fasilitas, mengumpulkan tenaga kerja (labor force), modal (capital) dan bahan-bahan untuk produksi. Bila bisnisnya berhasil entrepreneur mendapatkan imbalan keuntungan, bila ia gagal dia menanggung kerugian. “Quote”

5 JB Say merumuskan wirausaha sebagai orang yang memindahkan sumber-sumber ekonomi dari daerah produksi rendah kedaerah dengan produktivitas dan hasil lebih tinggi. Peter Drucker : ……” Entrepreneurs create something new, something different, they change & transmute Value. Entrepreneurs innovate dan lingkungan entrpreneur adalah lingkungan bisnis. Bygrave : An entrepreneur is someone who start a new business,is someone who perceive an opportunity and creates an organization to pusue it. “Quote”

6 Kelompok usaha – Entrepreneur ??? USAHA SENDIRI –PEMILIK TOKO –PEDAGANG KAKI LIMA –PETANI –PEDAGANG –PROFESSIONAL: dokter, notaris. –TUKANG BECAK –WIRASWASTA MENDAPAT UPAH –KARYAWAN –MANAJER PROFESSIONAL –BURUH –PEGAWAI NEGRI –BURUH TANI –DOSEN dsb.

7 Kewirausahaan sangat diperlukan untuk perkembangan ekonomi suatu negara, wirausaha mandiri secara ekonomi dan kalau berhasil dapat menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Entrepreneurship – the backbone of economy. Di Indonesia wirausaha lebih mempunyai arti “kemandirian” ekonomi. Konsep wirausaha/entrpreneur yang baku adalah konsep diatas + inovasi. WIRAUSAHA=WIRASWASTA+INOVASI

8 Model proses entrepreneur - Bygrave INNOVASI TRIGGERING EVENT IMPLEMENTASIGROWTH FAKTOR PRIBADI ???? FAKTOR SOSIO KULTURAL ???? FAKTOR LINGKUNGAN ????

9 Implementasi Triggering Event / Kejadian pemicu Innovation Growth / Pertumbuhan Faktor : Pribadi Sosio Kultural Lingkungan Proses 1Proses 2Proses 3Proses 4 Empat Proses Entrepreneurship

10 INNOVATION Dalam konteks perubahan ada 2 kegiatan : –Melestarikan yang sudah ada. (statis) –Memperbaiki, mengembangkan. (dinamis\- change-berubah) Tugas pada 2 kegiatan diatas : –Melestarikan adalah mengikuti pola lama, meniru, duplikasi (Maintain). –Memperbaiki dan mengembangkan (Improvement & Development) adalah merubah menjadi lebih baik dan bila usaha mengembangkan tersebut membawa dampak yang sangat berarti maka hal tersebut disebut INOVASI. Proses ke 1 KEWIRAUSAHAAN

11 To discover, to invent & to innovate “to discover” = mengungkapkan sesuatu yang sudah ada, yang sebelumnya tidak disadari. “to invent” = menemukan/menciptakan barang baru yang sebelumnya tidak ada, walaupun pada dasarnya tidak ada suatu penemuan manusia yang tidak didasari dari yang sudah ada, tidak ada yang muncul dari nihil. “to innovate” = membuat hal baru (baik material maupun nonmaterial) bekerja mendatangkan manfaat (value) yang luas.

12 Examples: Inovasi McDonald’s McDonald’s Corporation McDonald’s berinovasi, menciptakan produk jasa baru, standarisasi hamburger dari segi rasa, pelayanannya, walaupun sebelumnya sudah ada banyak hamburger yang dijual di Amerika Serikat, sebelum Mc Donald meluncurkan produknya.

13 Examples: Microsoft – Bill Gates Microsoft Corporation One vision drives everything we do: A computer on every desk and in every home using great software as an empowering tool.

14 Kewirausahaan - Konteks Indonesia (praktis / pragmatis) ‘Suryana’ melaporkan hasil penelitian terhadap 115 usaha kecil unggulan di kab. Bandung, umumnya dalam proses pertumbuhan ada 3 ciri penting: 1. Tahap Imitasi dan Duplikasi (Imitating&Duplicating) 2. Tahap Duplikasi dan Pengembangan (Duplicating and Developing) 3. Tahap Menciptakan sendiri Barang dan Jasa Baru yang berbeda (Create New and Different) Teoretis : Ent. = f (kemandirian, Inovasi)

15 Triggering Event HAS NO BETTER CAREER OPTIONS, KARIR mentok., DIPECAT dll, PILIHAN BEBAS Process ke 2 KEWIRAUSAHAAN

16 Triggering Event HAS NO BETTER CAREER OPTIONS, eg.: Melanie Stevens, drop-out SMA, memutuskan untuk membuat dan memasarkan sendiri tas kanvas daripada kerja dengan upah rendah pada orang lain. Dalam beberapa tahun dia berhasil membangun jaringan pemasaran retail store diseluruh Canada. KARIR mentok., DIPECAT dll, contoh : Howard Rose mengalami PHK karena merger perusahaan Pharmacy. Memutuskan utk memulai “drug packaging business”, Waverly Pharmaceutical. Tim Waterstone mendirikan toko buku Waterstone’s setelah dipecat dari perusahaan penjualan buku WH Smith. PILIHAN BEBAS, contoh :Sandra Kurtzig, software engineer General Electric yang ingin menikah, berkeluarga dan bekerja dirumah, memulai ASK Computer Systems Inc. yang menjadi bisnis dengan perputaran $400 juta pertahun. Process ke 2 KEWIRAUSAHAAN

17 Dari mana entreprneur mendapatkan idea ???? Hampir 43% dari tempat dia sebelumnya bekerja, dari pengalaman dia bekerja.(survey Lambing) 90% berkiprah di bidang industri sebelumnya bekerja. Contoh : James Clark – sebelumnya professor computer science Stanford Univ., mendirikan Silicon Graphics, pembuat computer, April 1994 bersama Marc Andreesen mendirikan Netscape Communication. Dalam tempo 1 tahun, browser Navigator mendominasi Internet WWW. August 1995 Netscape go public, Clark menjadi billioner pertama dibidang bisnis Internet.

18 Implementasi Entry Strategy Mengenal tiga penggerak untuk keberhasilan usaha Business Plan Usaha Kecil & Manajemen Usaha Kecil Proses ke 3 KEWIRAUSAHAAN

19 GROWTH Mengenal dan memahami kesempatan (opportunity recognition) Kesempatan pasar dan pemasaran Proyeksi Keuangan Pendanaan. Proses ke 4 KEWIRAUSAHAAN

20 Recap of Important Terms Kewirausahaan = f (mandiri, inovasi) 4 proses kewirausahaan Kewirausahaan & Inovasi


Download ppt "INOVATION & ENTREPRENEURSHIP by : Rudy Wawolumaja Universitas Kristen Maranatha."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google