Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bina Nusantara 1 Tugas Mandiri 5 (P08) Perorangan 1.Titik S1 dan S2 adalah dua sumber radiasi titik efektif, yang di aktifkan oleh dua osilator yang sama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bina Nusantara 1 Tugas Mandiri 5 (P08) Perorangan 1.Titik S1 dan S2 adalah dua sumber radiasi titik efektif, yang di aktifkan oleh dua osilator yang sama."— Transcript presentasi:

1 Bina Nusantara 1 Tugas Mandiri 5 (P08) Perorangan 1.Titik S1 dan S2 adalah dua sumber radiasi titik efektif, yang di aktifkan oleh dua osilator yang sama Keduanya saling koheren dan sefase dan ditempatkan pada jarak 4 m satu terhadap yang lain.Radiasi yang dipan- carkan berupa gelombang elektromagnetik yang panjang gelombangnya 1 m dan dengan daya yang sama. a). Bila detektor digerakkan sepanjang sumbu OX, tentukanlah letak maksimum pertama, kedua dan ketiga dari sinyal yang diterima detektor. b). Apakah intensitas titik yang terdekat sama dengan nol? Buktikan jawa - ban anda. Y ▪ ▪ X d S2S2 S1S1

2 Bina Nusantara 2 Latihan 1 P08 1.Sekeping mika tipis (n = 1.58) digunakan untuk menutupi salah satu celah pada susunan celah ganda.Titik tengah layar ditempati oleh garis terang, yang pada keadaan biasa merupakan terang ke tujuh.Bila cahaya yang mengenai celah, λ = 550 nm.,berapakah tebal mika tersebut 2. Berkas cahaya sejajar λ = 650 nm yang berasal dari sinar laser H e – N e mengenai secara tegak lurus permukaan dua celah sempit yang terpisah sejauh mm. Berapakah jarak antara rumbai interferensi pada layar yang berada 3.6 m dari celah. Latihan 2 P08 1. Sebuah lembar plastik yang amat tipis n = 1.60 menutupi salah satu celah dari percobaan Young.Susunan celah ini disinari dengan panjang gelombang 640 nm. Pusat layar yang seharusnya maximum menjadi minimum,Berapakah ketebalan minimum lembar plastik tersebut.

3 Bina Nusantara 3 Tugas Mandiri 6 (P09) Kelompok 1. Sebuah selaput tripis dengan ketebalan 4 x 10 – 5 cm disinari oleh cahaya putih,tegak lurus terhadap permukaan. Indeks bias selaput 1.5 Diantara spektrum cahaya yang nampak yang direfleksikan panjang gelombang manakah yang akan diperkuat? 2. Seseorang mempergunakan kaca mata yang permukaannya dilapisi dengan selaput tipis dari bahan MgF 2, n = Index bias kaca mata- nya 1.5.Berapakah ketebalan lapisan agar pada λ = 550 nm refleksi- nya minimum.

4 Bina Nusantara 4 Latihan 1 P09 1. Suatu lapisan tipis aceton n = 1.25 membungkus permukaan kaca tebal n = 1.50.Gelombang cahaya datar dengan panjang gelombang bermacam-macam mengenai tegak lurus selaput. Bila diamati gelombang pantulnya, ternyata interferensi destruktif sepenuhnya terjadi pada 600 nm dan interferensi konstruktif pada 700 nm. Tentukan tebal selaput aceton.[840 nm] 2. Diameter cincin terang ke sepuluh dalam alat cincin Newton berubah dari 1.40 cm menjadi 1.27 cm ketika diteteskan zat cair diantara lensa dan keping kaca. Tentukanlah index bias zat cair tersebut. Latihan 2 P09 1. Pada percobaan cincin Newton jejari lensanya 5 m dan diameternya 2.0 cm. a). Berapa cincin yang dihasilkan.b). Berapa banyak cincin yang kelihatan jika susunan dicelupkan dalam air n = 4/3

5 Bina Nusantara 5 2. Tentukanlah ketebalan minimum lapisan tipis (n = 1.38) pada kaca agar : a). Warna biru λ = 450 nm tidak dipantulkan b). Warna merah λ = 700 nm tidak dipantulkan 3. Suatu sumber cahaya titik, dengan intensitas 50 cd, berada 4 m dari sebuah celah berdiameter 40 cm. Tentukan a).Sudut ruang cahaya yang melewati celah,b).Flux cahaya dan iluminasi cahaya, jika :1). cahaya datang tegak lurus terhadap celah ;2).. Jika cahaya datang membentuk sudut 53 0 terhadap normal celah.


Download ppt "Bina Nusantara 1 Tugas Mandiri 5 (P08) Perorangan 1.Titik S1 dan S2 adalah dua sumber radiasi titik efektif, yang di aktifkan oleh dua osilator yang sama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google