Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AJI SETIYONO, 3352404500 PENGARUH MODAL SENDIRI, MODAL ASING DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KABUPATEN KEBUMEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AJI SETIYONO, 3352404500 PENGARUH MODAL SENDIRI, MODAL ASING DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KABUPATEN KEBUMEN."— Transcript presentasi:

1 AJI SETIYONO, PENGARUH MODAL SENDIRI, MODAL ASING DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KABUPATEN KEBUMEN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AJI SETIYONO - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - adjie_gb pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dra. Murwatiningsih, M.M. - PEMBIMBING 2 : Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH MODAL SENDIRI, MODAL ASING DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KABUPATEN KEBUMEN

4 Abstrak Koperasi dalam memenuhi kebutuhan anggota dan masyarakat jika ingin mendapatkan hasil yang tinggi harus mampu mengelola koperasi dengan baik. Peningkatan SHU tergantung dari kegiatan yang dijalankan, sehingga aspek volume usaha sangat menentukan pendapatan. Maka dari itu permodalan koperasi harus tercukupi baik modal sendiri maupun modal dari luar. Berdasarkan uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi sisa hasil usaha pada KUD di Kabupaten Kebumen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adakah pengaruh modal sendiri, modal asing, dan volume usaha terhadap SHU. Populasi penelitian ini adalah seluruh laporan keuangan KUD Kab Kebumen berjumlah 24 KUD tahun Populasi yang digunakan yaitu populasi target sehingga diperoleh populasi target laporan keuangan 16 KUD di Kab Kebumen dengan periode penelitian tahun sehingga jumlah populasi sasaran adalah 32 kejadian. Sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi sasarannya yaitu laporan keuangan 16 KUD di Kab Kebumen dengan periode tahun sehingga diperoleh sampel 32 kejadian.Variabel bebas modal sendiri, modal asing, volume usaha dan sisa hasil usaha sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferesial yang mencakup analisis regresi linear berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi Y=-3058,214+ 0,007X1+0,037X2+0,006X3. Hasil uji parsial diperoleh thitung modal sendiri 3,300 dengan probabilitas 0,003<0,05 artinya berpengaruh signifikan dan kontribusinya 27,98%. thitung modal asing 3,204 dengan probabilitas 0,003<0,05 artinya berpengaruh signifikan dan kontribusinya 26,83%. thitung volume usaha 2,417 dengan probabilitas 0,003<0,05 artinya berpengaruh signifikan dan kontribusinya 17,22%. Hasil uji simultan diperoleh Fhitung dengan probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan antara modal sendiri, modal asing, dan volume usaha terhadap SHU pada KUD di Kab Kebumen dan kontribusi pengaruh sebesar 68,4%. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa modal sendiri, modal asing, dan volume usaha secara serempak mempengaruhi sisa hasil usaha pada KUD di Kab Kebumen. Secara parsial, variabel modal sendiri lebih dominan mempengaruhi SHU. Saran peneliti adalah:1)KUD lebih meningkatkan pemupukan modal sendiri melalui penggiatan simpanan dari para anggota, 2)Penggunaan modal asing lebih vii optimal penggunaannya dengan memperhatikan tingkat suku bunga pengembalian, 3)KUD lebih meningkatkan kegiatan unit usaha yang dimiliki agar volume usaha lebih meningkat, sehingga pendapatan yang diperoleh koperasi menjadi lebih baik.

5 Kata Kunci Modal Sendiri, Modal Asing, Volume Usaha, Sisa Hasil Usaha

6 Referensi Algifari Statistik Induktif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : AMP YKPN. Atmadji Faktor-faktor yang Menentukan Besarnya Sisa Hasil Usaha Koperasi dari Aspek Keuangan dan Non-keuangan. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 7. No.2. Hal Badan Penelitian Pengembangan Koperasi Penelitian tentang Sejarah Perkembangan Koperasi di Indonesia. Jakarta: Departemen Koperasi Baswir, Revrisond Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE Bogat dan Slamet Sugiri Akuntansi Pengantar I. Yogyakarta : AMP YKPN. Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP. Gitosudarmo, Indriyo dan Basri Manajemen Keuangan. Yogyakarta : BPFE. Hendrojogi Koperasi, Azas-azas, Teori dan Praktek Edisi Revisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Perkasa. Iramani dan E. Kristijadi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha Koperasi Unit Desa di Jawa Timur. Ventura: Vol.1 No. 2. Hal Kartasapoetra Koperasi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. __________. dkk Koperasi Indonesia. Jakarta: PT. Bina Adiaksara dan PT. Rineka Cipta. _________ Praktek Pengelolaan koperasi. Jakarta: PT. Bina Adiaksara dan PT. Rineka Cipta. Mangkuatmodjo, Soegyarto Statistik Lanjutan. Jakarta: Rineka Cipta. Maryati, MC Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Modal Sendiri Pada Industri Semen di Bursa Efek Jakarta. Telaah Bisnis : Vol.2, Nomor 1, Juli, hal Mulyadi Akuntansi Biaya.Yogyakarta: Aditya Media Novi, Lubuk Pengaruh Modal Sendiri terhadap Perolehan SHU Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) di Kota Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi : Universitas Negeri Semarang. Reksohadiprojo, Sukanto Manajemen Koperasi. Edisi Kelima, Cetakan Ketiga, Yogyakarta: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Riyanto, Bambang Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.Yogyakarta: PT. BPFE Setiawan, Achma Hendra Peningkatan Partisipasi Anggota dalam Rangka Menunjang Pengembangan Usaha Koperasi. Dalam Dinamika Pembangunan: Vol.1 No.1. SR, Soemarso Kamus Keuangan. Jakarta: Rineka Cipta __________ Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Salemba Empat. Sudjana Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Sukamdiyo Manajemen Koperasi. Jakarta : Rineka Cipta. Tohar, M Permodalan dan Perkreditan Koperasi. Yogyakarta: KANISIUS. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992, tentang Perkoperasian, Cetakan Pertama, Semarang: Penerbit Aneka Ilmu. _babI.htm (diakses tanggal 12 Februari 2009)

7 Terima Kasih


Download ppt "AJI SETIYONO, 3352404500 PENGARUH MODAL SENDIRI, MODAL ASING DAN VOLUME USAHA TERHADAP SISA HASIL USAHA PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) KABUPATEN KEBUMEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google