Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DOSEN : WELDA, S.KOM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DOSEN : WELDA, S.KOM."— Transcript presentasi:

1 PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DOSEN : WELDA, S.KOM.

2 Bahasan 1 GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI 1. Sistem Informasi Pengertian : adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen- komponen dalam organisasi untuk mencapai suatu tujuan yaitu menyajikan / mengelola informasi.

3 Bahasan 1 Definisi sistem informasi menurut para pakar :  Bodnar dan Hopwood 1993 : Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.  Turban, Mclean, & Wetherbe (1999): Sebuah sistem informasi mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk tujuan yang spesifik.

4 Bahasan 1 Definisi sistem informasi menurut para pakar :  Alter (1992) : Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.  Hall (2001) : Sistem informasi adalah sebuah rangkaian prosedur normal dimana data dikelompokkan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.

5 Bahasan 1 Komponen-komponen sistem informasi terdiri dari: 1. Hardware : terdiri dari input, proses, output, jaringan 2. Software : terdiri dari sistem operasi, utilitas dan aplikasi 3. Data : mencakup struktur data, keamanan dan integritas data 4. Prosedur : Seperti dokumentasi prosedur/proses sistem, buku petunjuk operasional 5. Manusia : operator, pemimpin sistem informasi

6 Kegiatan-kegiatan pada sistem informasi: Kegiatan-kegiatan pada sistem informasi: a. Input kegiatan untuk menyediakan data untuk diproses b. Proses bagaimana suatu data diprosesuntuk menghasilkan suatu informasi yang bernilai tambah. C. Output kegiatan menghasilkan laporan dari proses d. Penyimpanan kegiatan untuk memelihara dan menyimpan data e. Control aktivitas untuk menjamin bahwa sistem informasi tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan

7 Bahasan 1 2.T eknologi informasi Definisi teknologi informasi : Secara umum, teknologi informasi adalah suatu bidang yang menggeluti sekitar pemanfaatan teknologi untuk menghasilkan informasi, mengelola dan menyimpan informasi, mentransfer dari suatu bentuk ke bentuk yang lain, memindahkan dari suatu tempat ke ketempat yang lain, atau bahkan mengolah informasi tersebut sehingga menjadi lebih mudah untuk digunakan oleh pemakainya.

8 Contoh-contoh TI : Mikrokomputer, komputer mainframe, pembaca barcode, perangkat lunak pemroses transaksi, perangkat lunak lembar kerja (spreadsheet), dan peralatan komunikasi dan jaringan. PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI -m-m-m-menjadi fasilitator utama bagi kegiatan-kegiatan bisnis, -m-m-m-memberikan andil besar terhadap perubahan- perubahan yang mendasar pada struktur, operasi, dan manajemen organisasi -M-M-M-Memberikan berbagai kemudahan kepada manusia

9 Secara Garis Besar Dapat dikatakan bahwa: Teknologi informasi menggantikan peran manusia. Dalam hal ini, teknologi informasi melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses. Teknologi memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas atau proses. Teknologi informasi berperan dalam restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.

10 Bahasan 1 Kecenderungan teknologi informasi terhadap sistem informasi Di dalam setiap media teknologi pasti terkandung unsur sistem informasi

11 Bahasan 1 Berikanlah sebuah contoh teknologi informasi yang di dalamnya terdapat unsur sistem informasi, dan jelaskan bagaimana kecenderungan teknologi informasi terhadap sistem informasi di dalam contoh yang telah anda berikan tersebut!

12 Kecenderungan Teknologi Informasi Terhadap Sistem Informasi Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik. Peningkatan kecepatan dan kapasitas komponen-komponen elektronik. Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak. Ketersediaan informasi dalam bentuk digital semakin banyak. Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat. Portabilitas peralatan-peralatan elektronis semakin meningkat. Konektivitas meningkat. Konektivitas meningkat. Kemudahan pemakaian meningkat. Kemudahan pemakaian meningkat. Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut. Ketidakmampuan mengotomasikan logika masih berlanjut.


Download ppt "PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DOSEN : WELDA, S.KOM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google