Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Pertemuan : 1 Basis Data Terapan. Definisi Database adalah kumpulan data (table) yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Pertemuan : 1 Basis Data Terapan. Definisi Database adalah kumpulan data (table) yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Pertemuan : 1 Basis Data Terapan

2 Definisi Database adalah kumpulan data (table) yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan tertentu serta disimpan dalam media penyimpanan. Table adalah sekumpulan dari record-record yang memiliki kesamaan entity dalam dunia nyata. Entity adalah sebuah objek yang memiliki kompenen data yang dapat dibedakan dari objek yang lain.

3 Entity Relational Diagram ERD adalah sebuah diagram yang secara konseptual memetakan hubungan antar table. Kegunakan ERD adalah untuk mengurangi tingkat kerumitan penyusunan sebuah database.

4 Sifat-sifat Atribut Atomic : sifat yang mengambarkan bahwa atribut tersebut berisi nilai yang spesifik dan tidak dapat dipecah lagi. Multivalued : atribut yang bisa memiliki lebih dari satu nilai. Composite : atribut yang nilainya adalah gabungan dari beberapa atribut yang bersifat atomik.

5 Derajar Relasi One to One : mengambarkan bahwa antara anggorta entity A hanya dapat berhubungan dengan 1 anggota entity B. (1-1) One to Many : menggambarkan bahwa 1 anggota entity A dapat memiliki hubungan lebih dari 1 anggota entity B. (1-N) Many to Many : mengambarakan bahwa lebih dari 1 anggota A dapat memiliki hubungan lebih dari satu anggota B. (N-N)


Download ppt "Pengantar Pertemuan : 1 Basis Data Terapan. Definisi Database adalah kumpulan data (table) yang memiliki hubungan secara logika dan diatur dengan susunan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google