Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Aljabar Relasional. Bahasa Query Relasional Bahasa Query : memungkinkan untuk manipulasi dan pemanggilan data dari suatu basis data. Model Relasional.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Aljabar Relasional. Bahasa Query Relasional Bahasa Query : memungkinkan untuk manipulasi dan pemanggilan data dari suatu basis data. Model Relasional."— Transcript presentasi:

1 Aljabar Relasional

2 Bahasa Query Relasional Bahasa Query : memungkinkan untuk manipulasi dan pemanggilan data dari suatu basis data. Model Relasional mendukung kesederhanaan, dengan kemampuannya untuk melakukan bahasa Query. Bahasa Query tidak sama dengan bahasa pemrograman – Bahasa Query tidak dimaksudkan untuk digunakan pada proses kalkulasi yang kompleks. – Bahasa Query bisa dilakukan dengan mudah, mempunyai akses yang efisien terhadap himpunan data yang besar.

3 Relasi Formal dari Bahasa Query Terdapat dua macam bentuk bahasa Query : – Aljabar Relasional :lebih bersifat operasional, sangat berguna untuk merepresentasikan eksekusi perencanaan. – Kalkulus Relasional : Memungkinkan user menggambarkan apa yang mereka inginkan, tidak pada bagaimana cara melakukan komputasi terhadap apa yang mereka inginkan tersebut. (tidak bersifat operasional, tapi bersifat deklaratif). Memahami Aljabar dan Kalkulus Relasional adalah kunci dalam memahami SQL (Structured Query Language).

4 Aljabar Relasional Operasi dasar : – Selection : Memilih sub himpunan baris dari suatu relasi. Simbol : (σ) – Projection : Menghapus kolom yang tidak dikehendaki dari relasi. Simbol : (∏) – Cross-product : Memungkinkan kita untuk mengkombinasikan dua relasi. Simbol : (×) – Set-difference : Mendapatkan tupel yang terdapat dalam relasi satu, tapi tidak terdapat dalam relasi dua. Simbol : (−) – Union : Mendapatkan tupel yang terdapat dalam relasi satu dan relasi dua. Simbol : (U) Operasi tambahan : – Intersection, join, division, renaming.

5 Selection (σ)

6 Projection (π)

7

8 Union (  ) r  s

9 Intersection (  ) r  s

10 Set difference ( - ) r – s =

11 Cross product (X) r x s =

12 Komposisi cross product Contoh: σ A=C (r x s)

13 Aljabar Relasional

14 Simbol σ Selection π Projection  Union  Intersection

15 Operasi Aljabar Relasional Untuk mengimplementasikan kedalam operasi aljabar relasional, berikut ini diberikan contoh relasi : – Pelaut(pid:integer,pnama:string,rating:integer,um ur:real) – Kapal(kid:integer,knama:string,kwarna:string) – Jadwal(pid:integer,kid:integer,hari:date)

16 Tabel pelaut Nama FieldTipe dataKeterangan pidIntegerPelaut_id pnamaStringPelaut_nama ratingIntegerPeringkat umurRealUmur_pelaut

17 Tabel Kapal Nama fieldTipe dataKeterangan kidIntegerKapal_id knamaStringKapal_nama kwarnaStringKapal_warna kidknamakwarna 111MarcopoloHitam 113DewaruciBiru

18 Tabel jadwal Nama fieldTipe dataKeterangan pidIntegerPelaut_id kidIntegerKapal_id jhariDateJadwal_Hari _berangkat

19 Projection Menghapus atribut yang tidak dikehendaki dari relasi. Simbol : (∏) Misal terdapat relasi berikut : Jika diinputkan query : Maka table relasi yang dihasilkan dari query diatas adalah :

20 Projection Jika, diberikan query : Maka table relasi yang dihasilkan dari query diatas adalah : Dari hasil tersebut, dapat dilihat bahwa operasi projection, dapat mengeleminasi duplikat (field yang bernilai sama).

21 Selection Memilih kolom pada relasi, sesuai dengan kondisi yang sudah ditentukan. Simbol : (σ) Untuk contoh relasi seperti pada table sebelumnya, jika diberikan query : maka table relasi yang dihasilkan :

22 Selection Dan jika diberikan query berikut : maka table relasi yang dihasilkan :

23 Union, Intersection, Set-Difference Semua operasi ini membutuhkan dua relasi, syarat yang harus dipenuhi adalah : – Mempunyai jumlah field yang sama – Field yang berkorespondensi memiliki tipe yang sama. Untuk dua table sebagai berikut : Pelaut Pelautk

24 Union, Intersection, Set-Difference Union pelaut U pelautk Intersection pelaut п pelautk

25 Union, Intersection, Set-Difference Set-Difference : Pelaut - Pelautk

26 Cross-Product Contoh dipakai dua relasi berikut untuk operator cross- product maka tiap kolom tabel pelaut dipasangkan dengan tiap kolom tabel jadwal. Pelaut X jadwal

27 Rename Skema hasil memiliki satu field per field dari pelaut dan kapal. Akan terjadi konflik jika kedua relasi memiliki nama field yang sama seperti pada contoh diatas. Ρ(C(1 → idpelaut, 5 → pidjadwal))


Download ppt "Aljabar Relasional. Bahasa Query Relasional Bahasa Query : memungkinkan untuk manipulasi dan pemanggilan data dari suatu basis data. Model Relasional."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google