Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Khithah. Yang dimaksud dengan Khithah Mathla’ul Anwar adalah garis-garis yang dijadikan landasan oleh Organisasi Mathla’ul Anwar dalam melaksanakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Khithah. Yang dimaksud dengan Khithah Mathla’ul Anwar adalah garis-garis yang dijadikan landasan oleh Organisasi Mathla’ul Anwar dalam melaksanakan."— Transcript presentasi:

1 Pengertian Khithah. Yang dimaksud dengan Khithah Mathla’ul Anwar adalah garis-garis yang dijadikan landasan oleh Organisasi Mathla’ul Anwar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai ormas Islam yang bergerak dalam bidang pendidikan, dakwah dan social.

2 A. Bidang Pendidikan. Mencetak generasi Muslim yang sadar akan tanggung jawabnya sebagai kholifah Allah di muka bumi untuk memba-ngun masyarakat, bangsa dan negaranya dalam rangka ibadah kepada Allah SWT. Karenanya Mathla’ul Anwar mendidik putra putrinya dengan : 1. Menanamkan dan memantapkan aqidah Islamiyah yang benar ; 2. ibadah-ibadah yang disyariatkan 3. pengetahuan keislaman serta berbagai disiplin ilmu dan skill yang berguna sesuai dengan tuntutan zaman. 4. kesadaran agar dapat hidup mandiri membangun lingkungan dan masyarakat serta membentengi diri dan lingkungannya dari pengaruh-pengaruh budaya negatif (yang bertentangan dengan ajaran Islam).

3

4

5 B. Bidang Dakwah. Mathla’ul Anwar sebagai ormas Islam menjalankan tu-gasnya dalam bidang dakwah yaitu melaksanakan “Amar ma’ruf nahi munkar” dengan memperhatikan kondisi dan sasaran yang akan dicapai sesuai dengan tujuan dakwah itu sendiri. kangan.

6

7 C. Bidang Sosial. Mathla’ul Anwar sebagai ormas Islam bergerak dalam bidang sosial dengan berbagai usaha dan cara yang Islami agar masyarakat terhindar dari kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan.

8

9 1. Aqidah (Usuluddin), Mengikuti pemahaman ulama salaf (ulama generasi pertama) yaitu para sahabat, Tabi’in dan Tabi’it Tabi’in selanjutnya dengan kriteria dan sifat-sifat sebagaimana yang telah dijelaskan tersebut diatas seperti aqidahnya para imam yang empat (Imam Malik, Imam Hanafi, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad bin Hambal juga Imam Abu Hasan Al Asy’ari dan Imam Al Maturidi. Mereka adalah para pengikut sunnah sehingga dikenal sebagai assuny dan bukan golongan Syi’ah, Mu’tazilah, Khawarij, Jabariyah, Murjiah dan Musyabihah.

10 Untuk memahami pengertian Ahlussunnah waljama’ah dalam bidang siyasah (pemerintahan) kiranya cukup jelas uraian KH. Uwes Abu Bakar dalam kitabnya ishlahul Ummah fibayan Ahlussunnah waljama’ah, beliau telah menjelaskan bahwa Ahlussunnah waljama’ah dalam bidang siyasah (pemerintahan) adalah mengikuti ketentuan-ketentuan dan contoh Rasulullah SAW dan Khulafaurrasyidin dalam sistem : a. Pemilihan / pengangkatan Khalifah (Kepala Negara) b. Dasar Negara dan Hukum yang berlaku c. Pelaksanaan pemerintahan dan tanggung jawab para penguasa d. Hak dan kewajiban Kepala Negara dan Rakyat e. Serta sistem-sistem yang lainnya

11

12


Download ppt "Pengertian Khithah. Yang dimaksud dengan Khithah Mathla’ul Anwar adalah garis-garis yang dijadikan landasan oleh Organisasi Mathla’ul Anwar dalam melaksanakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google