Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TITAH FURI HADIYANTI, 2350403035 Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TITAH FURI HADIYANTI, 2350403035 Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault."— Transcript presentasi:

1 TITAH FURI HADIYANTI, Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : TITAH FURI HADIYANTI - NIM : PRODI : Sastra Perancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - namaku_titah pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Conny Handayani - PEMBIMBING 2 : Wahyudi J. S - TGL UJIAN :

3 Judul Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault

4 Abstrak Dongeng adalah cerita prosa rakyat yang dianggap tidak benar-benar terjadi dan tidak mempunyai latar tempat serta waktu yang pasti. Kekerasan merupakan tindakan agresi dan pelanggaran (penyiksaan, pemukulan, pemerkosaan, dan lain-lain) yang menyebabkan atau dimaksudkan untuk menyebabkan penderitaan atau menyakiti orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tindak kekerasan yang terjadi dalam dongeng Le Petit Poucet dan penyebabnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan strukturalisme dan psikologi sastra. Sumber data yang diambil adalah dongeng Le Petit Poucet, karya Charles Perrault yang terdapat dalam kumpulan dongeng berjudul Contes Édition de Jean-Pierre Collinet. Metode dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode simak dan teknik catat. Tindak kekerasan yang terdapat dalam dongeng Le Petit Poucet dilakukan hampir oleh semua tokoh. Hanya satu tokoh yang tidak melakukan kekerasan yaitu istri raksasa. Tindak kekerasan yang ditampilkan dalam dongeng ini adalah kekerasan fisik dan kekerasan psikologis. Tindak kekerasan yang terjadi dalam dongeng Le Petit Poucet mempunyai bentuk serta penyebab yang berbeda-beda. Melalui analisis tersebut dapat ditemukan makna dari kekerasan itu sendiri yaitu tindakan melukai suatu pihak, baik secara fisik maupun psikologis, dengan penyebab yang bermacam-macam, baik itu kebiasaan maupun keterpaksaan untuk mempertahankan hidup. Segala bentuk kekerasan yang ditampilkan dalam dongeng ini menunjukkan bahwa semua hal dapat terjadi dan segala sesuatu dapat dihadapi. Pesan moral yang dapat diambil dari tindakan para tokoh antara lain untuk tidak meremehkan orang yang terlihat lemah dan ringkih namun ternyata kecerdasannya melebihi orang lain, semua hal dapat diatasi dengan kecerdikan dan keberanian, serta untuk tidak mempunyai niat buruk karena nantinya sesuatu yang buruk akan menimpa kita.

5 Kata Kunci Tindak Kekerasan, Dongeng Le Petit Poucet, Charles Perrault

6 Referensi Danandjaja, James Folklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti. Endraswara, Suwardi Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Handayani, Conny Idaman dalam Cerpen Karya Guy de Maupassant. Tesis. Depok: UI. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Oka, dan Suparno Linguistik Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Collinet, Jean-Pierre Contes Édition de Jean-Pierre Collinet. Paris: Éditions Gallimard. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Sudaryanto Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press. Tarigan, Henry Guntur Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa. (http://www.oaseonline.org/oaseimtim/doku2007/ngantungkekerasan.htm) (http://najlah.blogspot.com/2006/12/smack-down-dan-kekerasan-anak.html) (http://www.anthologie.free..fr/anthologie/perrault/perrault.htm) (http://www.hattemer.fr/Nöel_contes/Bio_Perrault.htm) (http://www.commondreams.org/archive/org/2007/04/23/701/) (http:/ /search?q=cache:Hhv_v7IVVNoJ:www.kontras.org/baru/Koven si%2520Hak%2520Anak.pdf+anak+konvensi+internasional&hl=id&ct=clnk &cd=2&gl=id) (http://republikdamai.blogspot.com/2007/06/kekerasan.html)

7 Terima Kasih


Download ppt "TITAH FURI HADIYANTI, 2350403035 Analisis Tindak Kekerasan dalam Dongeng Le Petit Poucet Karya Charles Perault."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google