Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan: Mahasiswa dapat menjelaskan definisi algoritma dan kriteria penulisan algoritma yang baik.

3 3 Outline Materi Pengertian Algoritma. Kriteria Algoritma Pemrograman. Ukuran Kualiatas Software. Paradigma Pemrograman.

4 4 Algoritma Secara umum merupakan sekumpulan langkah-langkah atau instruksi-instruksi yang terbatas untuk mencari solusi suatu masalah.

5 5 Algoritma Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinisikan sebagai suatu metode yang terdiri dari serangkaian langkah – langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer.

6 6 Kriteria Algoritma Pemrograman 1.Memiliki logika perhitungan / metode yang tepat untuk memecahkan masalah. 2.Menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat. 3.Ditulis dengan bahasa yang standard secara sistematis, sehingga tidak menimbulkan arti ganda.

7 7 Kriteria Algoritma Pemrograman 4.Ditulis dengan format yang mudah dipahami sehingga mudah diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman. 5.Semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas dan selalu berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.

8 8 Penyajian Algoritma Teknik tulisan: Struktur english dan pseudocode Teknik gambar: Flow chart.

9 9 Contoh Algoritma Algoritma untuk mencari jumlah N bilangan bulat lebih dari nol, yaitu … + N, adalah: 1. Set sum = 0 and the counter k = Repeat the following steps until k > N a. Calculate the sum = sum + k b. Increase the value of k by 1 3. The result required is the number in sum

10 10 Contoh Algoritma Flow Chart k<=N ? sum = 0 k = 1 Input N k = k + 1 sum = sum + k Show sum yes no

11 11 Contoh Algoritma Representasi algoritma di atas dalam bahasa C++ adalah: cin >> N; sum = 0; for (int k = 0; k<=N; k++){ sum +=k; } cout << sum;

12 12 Pemrograman Berdasarkan algoritma, akan dibuat solusi dengan bahasa pemrograman menjadi suatu software.

13 13 Ukuran Kualitas Software 1.Sebuah program harus dapat mengerjakan tugasnya dengan benar 2.Dapat melakukan tugasnya secara cepat 3.Tidak menggunakan banyak sumber daya (processor time, memory, disk capasity, network capacity) 4.Program mudah dibaca dan dimengerti 5.Sebuah program harus independent dan tidak bergantung pada program lain 6.Mudah pemeliharaannya

14 14 Ukuran Kualitas Software 7.Adanya kesalahan tidak mempengaruhi bagian program (error locality) 8.Proses pembuatan program selesai tepat Waktu 9.Mempunyai dokumentasi yang baik 10.Teknik OOP memungkin programmer membuat program dengan kualitas tinggi pada saat perancangan dan pembuatan kode program. 11.Ukuran kualitas software harus tertanam dalam pikiran setiap programer.

15 15 Paradigma Pemrograman Pemrogaman berorientasi obyek Pemrogaman abstraksi data Pemrogaman Modular Pemrograman Prosedural

16 16 Paradigma Pemrograman 1.Pemrograman Prosedural, Pemrogaman dengan fungsi dan prosedur. 2.Pemrogaman Modular, Pemrograman dengan menggabungkan fungsi dan prosedur ke dalam modul untuk menyembunyikan data. 3.Pemrogaman abstraksi data, Pemrograman dengan menggunakan tipe data abstrak yang diperlukan dengan setiap tipe menyediakan semua operasi yang diperlukan tipe tersebut. 4.Pemrogaman berorientasi obyek, Pemrograman dengan menggunakan konsep inheritance, polymorphism dan generic programming.

17 17 Penutup Untuk memahami algoritma yang baik, mahasiswa membahas tugas pertemuan 1 no 1, 2, dan 3. (diskusikan dalam kelompok)


Download ppt "1 Pertemuan 1 Algoritma Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google