Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CHECK SUM Jim Michael Widi. CHECK SUM Sebuah checksum atau hash sum adalah ukuran datum tetap dihitung dari blok data digital untuk tujuan mendeteksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CHECK SUM Jim Michael Widi. CHECK SUM Sebuah checksum atau hash sum adalah ukuran datum tetap dihitung dari blok data digital untuk tujuan mendeteksi."— Transcript presentasi:

1 CHECK SUM Jim Michael Widi

2 CHECK SUM Sebuah checksum atau hash sum adalah ukuran datum tetap dihitung dari blok data digital untuk tujuan mendeteksi kesalahan yang mungkin kebetulan telah diperkenalkan selama transmisi atau penyimpanan. Integritas data dapat diperiksa setiap saat kemudian oleh recomputing checksum dan membandingkannya dengan yang tersimpan. Jika checksum tidak cocok, data itu hampir pasti berubah (baik sengaja atau tidak sengaja). fungsi checksum yang berkaitan dengan fungsi hash, sidik jari, fungsi pengacakan, dan fungsi hash kriptografi. Namun, masing-masing konsep memiliki aplikasi yang berbeda dan oleh karena itu tujuan desain yang berbeda. Periksa digit dan bit paritas adalah contoh khusus dari checksum, sesuai untuk blok kecil data (seperti nomor Social Security, nomor rekening bank, komputer kata-kata, byte tunggal, dll). Beberapa error-correcting kode didasarkan pada checksums khusus yang tidak hanya mendeteksi kesalahan umum tetapi juga memungkinkan data asli akan dapat direalisasikan pada kasus-kasus tertentu. Dapat digunakan sebagai pemeriksaan dari suatu data yang dikirim atau yang disimpan, apakah telah berubah atau tidak? Dengan menjumlahkan seluruh karakter yang dikirim atau yang disimpan, lalu di modulus suatu bilangan.

3 CHECK SUM Contoh 1 X Mengirimkan data “ABA” ke Z bersama dengan nilai 198, jika nilai yang dikirimkan sama dengan penjumlahan “ABA” dengan kode ASCII maka X mengirimkan data yang benar, Cek kebenaran datanya!!!

4 Contoh 1 A B A

5 Contoh = Jadi, Nilai data yang dikirimkan salah. Karena 198 != 196

6 CHECK SUM Contoh 2 : Menjumlahkan kata “MAJU” menggunakan kode ASCII.

7 Contoh 2 M A J U

8 Contoh =

9 Latihan Benarkah nilai yang harus dikirim 231 bila data yang dikirim adalah TOP menggunakan check sum? Berapa nilai yang harus dikirim bersama dengan data PINTAR menggunakan check sum? Berapa nilai yang harus dikirim bersama dengan data PANDAI menggunakan check sum? Berapa nilai yang harus dikirim bersama dengan data TEKUN menggunakan check sum?

10 TERIMA KASIH


Download ppt "CHECK SUM Jim Michael Widi. CHECK SUM Sebuah checksum atau hash sum adalah ukuran datum tetap dihitung dari blok data digital untuk tujuan mendeteksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google