Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembukaan: Salam perkenalan, perjalanan karier dan kemauan kuat untuk berbagi ilmu bagi dengan patuari dan sanak saudara. Pemaparan saya bagi 6 point:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembukaan: Salam perkenalan, perjalanan karier dan kemauan kuat untuk berbagi ilmu bagi dengan patuari dan sanak saudara. Pemaparan saya bagi 6 point:"— Transcript presentasi:

1 Pembukaan: Salam perkenalan, perjalanan karier dan kemauan kuat untuk berbagi ilmu bagi dengan patuari dan sanak saudara. Pemaparan saya bagi 6 point: (1). Visi ekonomi 20 tahun Indonesia, Asia dan dunia, (2). Perkembangan teknologi dunia dan cara memanfaatkannya. (3). Isi pendidikan anak anak, pemuda dan manula untuk perbaikan jati diri. (4). Pembentukan jejaring (network) wirausaha berwawasan global pencipta nilai tinggi. (5). Proyek atau bisnis yang dapat saya usulkan. (6). Harapan

2 (1). Visi ekonomi 20 tahun Indonesia, Asia dan dunia, Indonesia: *Kondisi sekarang....dari kaca mata pengusaha yang patriotik Keamanan cukup baik, separatisme kehilangan momentum, ancaman dari luar tidak ada Pengelolaan Negara ada yg sdh baik tetapi legislative dan Judikatif masih jelek, demokrasi masih dalam ujian. Ekonomi berkembang stabil, reputasi internasional tinggi, Investasi asing dan domestik baik, Pendidikan formil masih memprihatinkan.

3 ----- Dengan 3 kali lagi pemilu dll dan banting setir pada metoda pendidikan, perbaikan terhadap kendala yg dihadapi sekarang, serta yang terpenting berkat KONTRIBUSI anda dan saya masing2 dalam kegiatan ekonomi riel/nyata, dalam suasana guyob gotong royong, inovatif/kreatif berdasarkan sains dan teknologi, maka saya melihat: * Indonesia tahun Insya Allah masih akan menyaksikan pd umur 87 Keamanan sudah baik, infra struktur darat, laut dan udara cepat, aman dan nyaman tersedia. Setiap jengkal sumber daya dari tanah, laut dan udara dimanfaatkan dengan effisien dalam suatu ekosistem alam dan manusia, hijau segar tanpa polusi. Warga Jaton, di manapun dia berada di bumi ini, berada di garis depan memproduksi bahan makanan yang aman bermutu dan cukup (tidak berlebihan sehingga menimbulkan penyakit2 degeneratif), memproduksi sumber energi terbarukan, dan memproduksi mobil serta barang barang

4 keperluan kehidupan berbudaya tinggi. Di antara mereka sudah muncul pedagang bertaraf internasional dan penyelenggara negara yang handal. ***Dengan membuat barang bermutu sebagai empu (craftsman) atau perekayasa (engineer) atau peneliti (researcher), dia meningkatkan mutu diri sendiri dan rezekinya, kemudian secara akumulatif mempertinggi mutu SDM Indonesia. *** **Kawasan Asia dan dunia Di kawasan Asia, dengan China, India serta Rusia yang sudah lebih dahulu sadar akan kemampuan teknologi pada tahun 2030 itu sudah akan merupakan poros ekonomi yang sangat kuat, dan aman tanpa peperangan. Pakistan dan Bangladesh dan Afghanistan, masih harus Kawasan ASEAN yang kini sudah siap take off dalam suatu komunitas ekonomi yang juga kuat, pada 2030 sudah terintegrasi dengan Republik Indonesia sebagai pemimpinnya. Masalah territorial antar anggota dan antara beberapa anggota versus RRC sudah terselesaikan secara damai.

5 Di negara negara Utara Asia, yaitu Jepang, Korea Selatan dan Taiwan telah berada pada posisi ekonomi yang istimewa karena investasi mereka di Semua negara Asia sudah menghasilkan nilai yang memperkaya seluruh Asia. Korea Utara masih sulit diprediksi, tetapi Mongolia akan maju juga. Dalam skala dunia, Amerika Serikat yang kini bergeliat untuk mengembalikan kepemimpinan dalam ekonomi, pada 2030 sudah akan kembali berjaya. Petualangan politik ala Bush dan ketergantungan pada korporasi raksasa akan berkurang, diganti dengan kemantapan produksi barang barang berteknologi tinggi dengan biaya energi murah. Uni Eropa juga akan pulih, tetapi tidak akan berperan utama lagi dalam ekonomi dunia. Timur Tengah yang kaya minyak tetapi miskin kemampuan SDM, kecuali Iran dan Turki, masih menikmati hasil minyak. Namun menjelang 20 tahun sesudah 2030, pada waktu mana minyak mereka akan habis, akan menyatukan ekonomi mereka dengan Iran dan Turki, bersama negara2 berafiliasi Arab di Afrika Utara.

6 (2). Perkembangan teknologi dunia dan cara memanfaatkannya Sejak pertengahan dekade 80an, waktu mulai diperkenalkannya personal computer, alat telekomunikasi handphone, robot, artificial intelligent computer dan alat2 kedokteran elektronik lainnya, dunia ini sudah memasuki era baru yang menyajikan penemuan2 yang menghasilkan perobahan demi perobahan spektakuler. 10 tahun belakangan ini malah teknologi untuk peningkatan kesehatan dan kemampuan manusia sedang gencar ditingkatkan pada level sel sel otak manusia, yang pasti meningkatkan produktivitas penggunanya dalam penciptaan nilai. Negara negara yang mempelopori kemajuan ini adalah Amerika dan Jepang, diikuti RRC plus Taiwan, India, Korea dan Iran. Indonesia tertinggal, karena pada waktu yang sama perhatian kita masih terputar putar pada masalah masalah khas negeri terbelakang seperti kemiskinan, kebodohan, kecurangan, sentimen SARA, keamanan yang buruk, pendidikan yang terbelakang dan kesehatan rakyat yang rendah. Orang Indonesia yang punya kemampuan otak yang tinggi hengkang ke negara negara maju. Indonesia hanya menjadi pasar bagi produk produk canggih, karena tidak mampu memperoleh alat

7 alat dan teknologi memproduksinya karena mahal, apalagi memproduksi machine tools untuk membuat mesin sendiri. Nah, bagaimana kita menapak pada platform kemajuan, memanfaatkan teknologi? Saya mengusulkan tiga langkah: Pertama, kita mengubah mind set secara sadar. Menjauhkan diri dari ketakhyulan dan kebencian terhadap suatu etnis, lantas meningkatkan solidaritas kemanusiaan tanpa memandang agama, suku dan kebangsaan. Orang yang sebelumnya menista Islampun, pada waktu mencapai pencerahan, jadi mualaf. Kita link secara internasional dengan segala perangkat canggih yang harganya makin murah. Dalam perolehan teknologi yang memberi nilai tambah (added value) link utama kita lakukan dengan Jepang, Korea dan China/Taiwan. Juga dengan Amerika, dengan menghilangkan sentimen kosong bahwa kita dijajah Amerika. Kedua, kita melakukan pendidikan sendiri, di luar pendidikan resmi, dengan pelatihan ketrampilan dasar.

8 Ketiga, kita melakukan pertanian dan perindustrian di tempat tempat yang kita periksa memiliki potensi besar, bekerja sama dengan pemilik tanah, pemilik teknologi dan bank, yang hasil akhirnya untuk pasaran nasional dan manca negara. ***Ketiga langkah itu sedang saya lakukan bersama anak anak saya dengan penuh rasa percaya diri akan keberhasilannya, apakah tahun ini, 5 tahun akan datang atau belasan tahun depan. Maka, itu pasti dapat dilakukan oleh warga Jaton yang punya banyak genetika yang sama dengan kami, dan punya latar belakang orang kampung ndeso yang sama. (3). Isi pendidikan anak anak, pemuda dan manula untuk perbaikan jati diri. Metode pendidikan yang saya ajukan semua berlandaskan temuan temuan mutakhir tentang faal, mekanisme dan fungsi otak, dan hal hal terkait genetika/DNA. Dalam hal yang teramat penting ini, saya bersyukur bahwa dalam keluarga besar Jaton ada pakar pakar generasi muda penerus yang paham tentang otak, pakar pendidikan matematika, pakar product design, pakar bioteknologi farmasi, serta dokter yang mengkhususkan riset dalam pencegahan degradasi fungsi otak.

9 Dalam waktu dekat saya akan meminta masukan dari mereka atau membuat model pendidikan yang mudah dipahami para warga dan diterapkan secara teratur. Untuk sementara saya simpulkan dulu sebagai berikut. #sel2 syaraf otak bekerja seperti sirkuit listrik #jika tersambung karena sesuatu positif/baik, mengeluarkan dopamine, rasa bahagia #hal hal negative/jelek dan yang itu itu saja, menjadi penghambat timbulnya idea #pd waktu dapat menyelesaikan suatu masalah, minta lagi tantangan #tantangan hadir karena suatu cita cita, berdasarkan impressi kuat waktu masih kecil #jika tertumbuk (mentok), lakukan pernafasan , dengarkan music yg halus # masa dari 4 tahun fisik otak hampir full, 12 sampai 18tahun # 3 jam awal dari pagi, paling baik menemukan idea……kemujuran #latihan khusus mengingat, humor dan hobi, mencegah kepikunan #dgn olah raga teratur, khususnya renang, mekanisme/fungsi otak terjaga

10 (4). Pembentukan jejaring (network) wirausaha berwawasan global pencipta nilai tinggi. Dengan pedoman di atas anda mencari sendiri dan menghadiri pelatihan2 keterampilan yang Anda rasa sesuai dengan cita cita Anda. Namun, kalau belum tahu, saya menawarkan tempat pelatihan di mana saya sebagai pembina. Selesai dari pelatihan, paling baik menjadi bawahan di perusahaan dulu. Di sini Anda harus serius membaktikan diri pada pekerjaan yang ditugaskan, dengan target sedikit melebihi apa yang ditugaskan tersebut. Ini saya namakan followership, yang mutlak diperlukan untuk menjadi leader. Pada tahap ini Anda, di luar jam kerja, menekuni metode kaizen (perbaikan terus menerus) dan sigotojutsu (kiat kerja), mempelajari bahasa Inggeris sampai advance level, menerjunkan diri pada organisasi, menghadiri pameran dan melakukan orasi atau marketing. Pada waktu yang sama Anda pasti akan mempunyai kawan kawan yang nantinya menjadi mitra kerja sebagai network yang saling percaya.

11 Dalam bisnis, kepercayaan (trust) hanya mengenal 2 syarat, yaitu jujur dan handal (mampu menuntaskan janji kerja=can get things done). Pada tahap berikut, yakinlah Tuhan akan menunjukkan mission hidup Anda, termasuk pekerjaan yang akan memperkaya hidup Anda. Kini, waktunya Anda mempertaruhkan segala daya yang terakumulasi, terjun sebagai pemimpin. Anda sudah harus tangkas menghitung laba rugi dari apa yang Anda lakukan. Bukan saja bertanya bagaimana (how) tetapi juga berapa (how much) untung/laba untuk mitra, berapa untuk Anda. Kalau untung itu karena karunia Tuhan, kalau rugi itu karena sendiri masih kurang pintar, maka cepat lakukan perbaikan tanpa menyalahkan anak buah. Inilah leadership bagi seorang wirausaha. (5). Bisnis yang dapat saya usulkan. Suatu bisnis yang feasible artinya punya derajat keberhasilan berupa laba, dimulai dengan product knowledge yang cukup. Selanjutnya, tentang perbedaan harga antara sumber dan tujuan komoditas, transport, lama penyerahan (delivery time) dan cara pembayaran, Semuanya rumit, tetapi harus dipahami, jika perlu melalui jasa konsultan.

12 Dalam kasus Sulawesi Utara dan Gorontalo, apa yang perusahaan saya dapat tangani adalah produk berdasarkan kelapa, khususnya arang tempurung, rumput laut sargassum, guano dan arang kayu keras. Kami sudah mempunyai market dan know how dalam pembuatan komoditas tersebut. Dan sebagai proyek jangka panjang adalah produk kayu dan sayur2an baik yang ditanam di Rombek atau di Gorontalo oleh para warga Jaton. Ini juga mempunyai manfaat jangka panjang berupa hadirnya expertise (ilmu terapan), kader agribisnis dan industry pengolahan, serta timbulnya usaha perdagangan dan transport yang bersifat global. Namun, untuk ini mutlak diperlukan perencanaan oleh tenaga ahli dan pelatihan tenaga pengelola, karena walaupun prospek keuntungan sangat besar, risikonya juga banyak. Semua usaha itu perlu dibahas dan direncanakan dengan teliti. Khususnya pendanaan usaha dan proyek kami belum melihat titik terang, walaupun kemampuan finansial ada pada warga Jaton.

13 (6). Harapan Demikian pemaparan saya kali ini, Insya Allah, dengan genetika kepintaran dan kerajinan yang kita bisa angkat ke level aplikasi, ada dari komoditas yang saya sebut di atas yang bisa dimulai penggarapannya. Wabillahit taufiq wal hidayah, assalamu alaykum warrahmatullahi wabarakatuh. Tondano, 4 Mei 2014 Anwar Baderan Pulukadang


Download ppt "Pembukaan: Salam perkenalan, perjalanan karier dan kemauan kuat untuk berbagi ilmu bagi dengan patuari dan sanak saudara. Pemaparan saya bagi 6 point:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google