Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GAMBARAN SINGKAT MENGENAI MANAJEMEN KEUANGAN Oleh : Sri Megawati E.P, S.E, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GAMBARAN SINGKAT MENGENAI MANAJEMEN KEUANGAN Oleh : Sri Megawati E.P, S.E, M.Si."— Transcript presentasi:

1 GAMBARAN SINGKAT MENGENAI MANAJEMEN KEUANGAN Oleh : Sri Megawati E.P, S.E, M.Si

2 TUJUAN BAB 1 Memberikan uraian singkat mengenai manajemen keuangan

3 Definisi Manajemen Keuangan Manajemen Keuangan dapat diartikan sebagai manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien. Fungsi utama manajer Keuangan : 1. Pengambilan keputusan investasi 2. Pengambilan keputusan pembelanjaan 3. Kebijakan deviden

4 Fungsi utama Fungsi pertama menyangkut tentang keputusan alokasi dana baik dana yang berasal dari dalam perusahaan maupun dana yang beasal dari luar perusahaan pada berbagi bentuuk investasi. Dengan kata lain investasi macam apa yang paling baik bagi perusahaan.

5 Fungsi kedua, manajer keuangan berfungsi sebagai pengambil keputusan pembelanjaan atau pembiayaan investasi. Keputusan ini menjawab ppertanyaan : - Bagaimana pembiayaan perusahaan yang optimal. - Bagaimana memperoleh kebutuhan dana yang efisien. - Bagaimana komposisi sumber dana optimal yang harus dipertahankan ? - Apakah perusahaan seharusnya menggunakan modal pinjaman atau modal sendiri ? - Adakah pengaruh pembiayaan perushaan terhadap nilai perusahaan ?

6 Fungsi ketiga seorang manjer keuangan adalah kebijakan deviden. Kebijakan deviden pada prinsipnya menyangkut tentang keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan seharusnya dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk deviden kas, pembelian kembali saham atau sebaiknya laba tersebut ditahan (dalam bentuk laba ditahan) untuk pembiayaan investasi di masa yang akan datang.

7 Maksimisasi Profit Tujuan pokok yang ingin dicapai manajer keuangan adalah memaksimumkan profit. Namun perlu disadari bahwa tujuan ini mengandung banyak kelemahan. 1. Standar ekonomi mikro dengan memaksimumkan profit adalah besifat statis karena tidak memperhatikan dimensi waktu. 2. Pengertian profit, apakah perusahaan harus memaksimumkan jumlah profit atau tingkat profit.

8 3. adalah menyangkut resiko yang berkitan dengan setiap alternatif keputusan. Memaksimumkan profit tanpa memperhitungkan tingkat resiko setiap alternatif adalah akan sangat menyesatkan. 4. bila memaksimumkan profit merupakan tujuan utama maka hal ini akan sangat mudah dilakukan oleh perusahaan.

9 Memaksimumkan Nilai Perusahaan Seharusnya tujuan yang harus dicapai oleh manajer keuangan adalah bukan memaksimumkan profit melainkan memaksimumkan kemakmuran pemegang saham melalui maksimisasi nilai perusahaan. Kemakmuran pemegang saham akan meningkat apabila harga saham yang dimilikinya meningkat.

10 Harga saham terbentuk di pasar modal dan ditentukan oleh beberapa faktor seperti : - Laba perusahaan - laba per lembar saham (EPS) - Rasio laba terhadap harga saham (PER) - Tingkat bunga bebas resiko - Tingkat kepastian operasi perusahaan.

11 KEUANGAN: Tiga Bidang yang Saling Berhubungan Pasar uang dan pasar modal Investasi Manajemen keuangan

12 KEUANGAN: Kecenderungan Penting Dewasa Ini Globalisasi bisnis Penggunaan komputer dan teknologi informasi

13 KEUANGAN: Tugas-tugas Staf Keuangan Memperoleh dana untuk perusahaan Menggunakan dana tersebut untuk memaksimalkan nilai perusahaan

14 Peranan Keuangan dalam Organisasi Bisnis

15 ORGANISASI BISNIS: Tiga Bentuk Utama Perusahaan perorangan Persekutuan Perseroan

16 ORGANISASI BISNIS: Keunggulan dari Perseroan Sebagian besar bisnis dijalankan dalam bentuk perseroan Bentuk perseroan mampu memaksimalkan nilai perusahaan Nilai maksimal perseroan lebih besar dibandingkan dengan nilai maksimal dari bentuk-bentuk bisnis yang lain

17 MANAJEMEN Tujuan Utama Manajemen: Memaksimalkan kekayaan pemegang saham Cara Mencapai Tujuan Utama Manajemen Tersebut: Memaksimalkan harga saham perusahaan Pada akhirnya, memaksimalkan harga saham juga akan meningkatkan kesejahteraan sosial

18 AGEN: Berada di Antara 2 Hubungan Penting Antara pemilik perusahaan dan manajemen Antara manajer (yang bertindak atas nama pemegang saham) dan pemberi kredit (pemegang utang)

19 MANAJER: Cara-cara Memotivasi Manajer Kompensasi manajemen yang terstruktur dengan tepat Intervensi langsung oleh pemegang saham Ancaman pengambilalihan Ancaman PHK

20 HARGA SAHAM PERUSAHAAN: Faktor-faktor Penentu Arus kas yang dibayarkan kepada pemegang saham Penentuan waktu arus kas Risiko

21 Faktor-faktor Utama yang Mempengaruhi Harga Saham

22 ARUS KAS: Penentu Tingkat dan Risiko Arus Kas Lingkungan keuangan Investasi pembiayaan Keputusan kebijakan dividen (yang dibuat oleh manajer keuangan)


Download ppt "GAMBARAN SINGKAT MENGENAI MANAJEMEN KEUANGAN Oleh : Sri Megawati E.P, S.E, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google